Tips & Trick

10 Pertimbangan Penting Sebelum Renovasi Rumah

Renovasi Rumah

Kamu hendak melakukan renovasi rumah? Tunggu dulu, karena ada beberapa pertimbangan renovasi rumah yang penting untuk dilakukan.

Ketika memutuskan untuk merenovasi rumah lama menjadi bangunan baru, masalah budget tentunya menjadi prioritas utama. 

Tapi, selain itu ternyata masih ada pertimbangan renovasi rumah lainnya yang juga penting untuk dipikirkan.

Semua ini merupakan perencanaan awal yang mesti dilakukan, sebelum melakukan renovasi rumah. 

Pertimbangan ini juga akan diperlukan, saat kamu menggunakan jasa kontraktor atau jasa arsitek profesional untuk memperbaiki rumahmu.

Kapan Harus Renovasi Rumah?

Renovasi atau remodeling rumah merupakan suatu proses merombak, memperbaiki, hingga menyempurnakan bentuk dan struktur suatu bangunan.

Proses renovasi biasanya banyak dilakukan pada bangunan hunian, seperti rumah. Proses renovasi juga meliputi penerapan interior dan eksterior desain hunian agar rumah lebih indah.

Renovasi dalam hal desain interior juga termasuk pada elektrikal dan mekanikalnya. Begitu juga untuk desain eksterior termasuk untuk desain atap, dinding rumah, tambahan garasi, lanskap kebun, carport, dan lain sebagainnya.

Tujuan dari dilakukannya renovasi rumah adalah untuk beberapa hal berikut ini:

  • Kenyamanan dengan konsep rumah yang baru
  • Perbaikan dan pemeliharaan kondisi rumah
  • Penambahan ruangan agar rumah yang kecil menjadi lebih besar
  • Memaksimalkan penghematan biaya energi yang digunakan di rumah
  • Meningkatkan perlindungan dan keamanan saat berada di rumah
  • Meningkatkan nilai jual properti

Pertimbangan Renovasi Rumah

Ketika hendak melakukan perbaikan dan bangun ulang rumah, kita bisa memilih untuk melakukan renovasi secara keseluruhan, atau merombak sebagian saja dari rumah tersebut, seperti penambahan ruangan misalnya.

Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Kenali Struktur Bangunan

Pertimbangan renovasi rumah yang pertama adalah dengan mengenali struktur bangunan. Dalam hal ini, kita bukan saja memadukan konstruksi bangunan lama ke baru, tetapi juga untuk membuatnya menjadi berbeda.

Kita harus bisa menggabungkan infrastruktur dengan perencanaan lama ke baru, dengan menggabungkan bentuk dan pola secara logis.

Untuk ini, tentunya kita memerlukan jasa kontraktor khusus atau berkonsultasi dengan jasa arsitek professional, yang lebih memahami tentang struktur bangunan. 

Baca juga : 10 Jenis Pondasi Rumah di Berbagai Kondisi Tanah

2. Merencanakan Proses Renovasi di Awal

Membuat perencanaan sangat penting, termasuk perencanaan awal sebelum melakukan desain ulang rumah. 

Ketika menggunakan jasa kontraktor, sebaiknya kamu perhatikan secara seksama setiap detailnya.

Mulai dari item-item yang ditawarkan, harga jasa kontraktor, hingga kualitas dan kuantitasnya. Pikirkan juga mengenai biaya pemeliharaan jangka panjang, hingga biaya penghematan energi yang sewaktu-waktu bisa meningkat.

3. Mempelajari Lingkungan Sekitar

Sebelum melakukan proses perombakan rumah, sebaiknya kamu juga mempelajari kondisi lingkungan sekitar. Hal ini dapat berpengaruh pada desain baru rumah kita nantinya.

Kita bisa mendapatkan ide untuk menggabungkan pola-pola dari bangunan sekitar rumah, sehingga dapat berkontribusi juga dalam membuat pola unik sebuah tempat tinggal.

4. Mengenali Karakteristik Lahan

Setelah mempelajari lingkungan sekitar rumah, pertimbangan renovasi rumah berikutnya adalah memperhatikan kondisi lahan rumah.

Proses perombakan rumah lama ke rumah baru akan berhasil, jika mampu merespon kondisi iklim dan karakteristik lahan sekitarnya.

Beberapa hal negatif seperti menghalangi pemandangan, atau menghalangi bagian rumah yang lainnya bisa lebih diatur agar tetap memiliki privacy.

5. Pertimbangan Anggota Keluarga

Bagi yang sudah memiliki keluarga, pertimbangan redesain rumah dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup para anggota keluarga.

Setiap anggota keluarga memiliki kebutuhannya masing-masing. Mereka akan membutuhkan tempat khusus seperti tempat berkumpul, tempat untuk membaca buku, dapur kotor, ruangan kerja khusus, dan lain sebagainnya.

Ruangan untuk anak-anak tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa. Hal-hal seperti itu tentunya harus dipertimbangkan sebelum melakukan penataan ulang rumah dan desain rumah.

6. Desain Rumah dan Ciri Khasnya

Pertimbangan renovasi rumah berikutnya adalah tentang memahami dan mengenali struktur utama dari rumahmu. 

Rumah kita berdiri di tanah Indonesia, maka dalam melakukan renovasi rumah, harus sesuai peraturan yang berlaku di wilayah Indonesia.

Dengan memahami struktur utama rumah, kamu bisa menentukan struktur maksimal sesuai anggaran atau yang melebihi anggaran yang cocok untuk rumah tersebut.

Baca juga : Pilih Desain Interior Rumah Minimalis atau Maksimalis? Kenali Dulu Kepribadian Anda!

7. Penggunaan Bahan yang Tahan Lama

Perbaikan rumah lama menjadi bangunan rumah baru tentunya ingin agar lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu, penggunaan material bangunan juga harus menjadi pertimbangan saat transformasi rumah.

Material yang berasal dari rumah lama, mungkin juga masih bisa dipakai agar bisa lebih menekan biaya pembangunan rumah baru.

Selain itu, kita juga perlu mempertimbangkan setiap detail seperti pola, warna, tekstur, kondisi lantai, dinding dan lainnya, agar bisa menonjolkan identitas rumah baru yang sesuai keinginan.

8. Pertimbangan Masalah Air

Keberadaan air sebagai elemen vital dalam suatu rumah, juga harus menjadi pertimbangan memodifikasi rumah berikutnya.

Pasalnya, bagian-bagian rumah yang membutuhkan air seperti kamar mandi, tentunya mengalami perombakan jika ingin merombak rumah lama secara keseluruhan.

Pastikan kontraktor yang bekerja mengetahui mengenai jalur pipa, tangki air, hingga kapasitas pemanas air, dan persediaan air.

9. Pertimbangan Masalah Panel Listrik

Selain elemen air dan struktur jalurnya, panel listrik juga kerap menjadi pertimbangan renovasi rumah yang penting.

Jika ingin menambahkan ruang baru dalam proses renovasi rumah, maka perbaikan panel listrik juga mesti dilakukan. Kondisi panel listrik juga harus tersembunyi, seperti di dalam lemari misalnya.

10. Renovasi Rumah Semua Zaman

Sebelum perubahan rumah dilakukan, mungkin kamu pernah berfikir tentang investasi jangka panjangnya. Maksudnya, merombak rumah itu dilakukan dengan anggaran yang besar, dengan konsep rumah baru yang tetap bagus di segala zaman.

Nah, untuk itu, disarankan kamu memilih konsep rumah tumbuh. Konsep rumah ini adalah renovasi rumah yang dilakukan secara bertahap.

Begitu selesai tahap pertama hingga tuntas, maka struktur rumah kamu tetap dipersiapkan untuk dilakukan remodeling lanjutan ketika memang diperlukan.

Pastikan rumah kamu tetap memiliki akses yang mudah ke berbagai ruangan lainnya. Ketahuilah bahwa properti yang memiliki akses mudah itu memiliki harga yang tinggi di pasaran loh.

Melibatkan Layanan Jasa Renovasi Rumah

Agar proses perencanaan awal dari renovasi rumah kamu berjalan lancar, maka disarankan untuk melibatkan layanan jasa renovasi rumah terbaik di kotamu.

Khusus di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan sekitarnya, jasa renovasi rumah tanganketiga siap membantu kamu untuk konsultasi dan merencanakan perombakan sesuai pertimbangan renovasi rumah terlebih dulu. 

So, pastikan kamu memilih layanan jasa renovasi rumah terbaik dan berpengalaman, seperti jasa renovasi rumah, jasa interior dan eksterior desain di Kuningan, tanganketiga. Silahkan kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.