Tips & Trick

5 Jenis Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton Anti Bocor Lama!

Pelapis Anti Bocor

Saat turun hujan, mengapa tidak semua atap rumah mengalami kebocoran? Karena menggunakan jenis pelapis anti bocor yang terbaik dan tahan lama.

Dalam bidang konstruksi bangunan bagian atas, penggunaan pelapis anti bocor sangat dibutuhkan untuk melapisi dak beton dengan sempurna.

Dak beton sendiri merupakan bagian dak dari beton yang sudah dibangun, yang memiliki durabilitas tinggi serta mampu menahan panas dan air dengan baik.

Posisi dak beton yang ada di bagian atas suatu bangunan, maka area ini sangat rentan terkena genangan air hujan yang bisa menimbulkan kebocoran jika tidak dilapisi dengan jenis pelapis anti bocor berkualitas.

Cara Memilih Pelapis Anti Bocor Terbaik

Dak beton yang menjadi bagian atas bangunan rumah yang tidak dilapisi oleh jenis pelapis anti bocor berkualitas, bisa mengalami keretakan penyebab kebocoran di rumah.

Dalam hal memilih pelapis anti bocor untuk dak beton, sebaiknya kamu juga memperhatikan beberapa cara berikut, agar mendapatkan jenis pelapis anti bocor berkualitas terbaik:

Pilih Cat Pelapis Terbaik

Pelapis anti bocor untuk dak beton biasanya akan dilapisi menggunakan cat anti bocor agar ketahanan nya lebih kuat.

Dalam hal ini sebaiknya pilih cat pelapis anti bocor yang memiliki kandungan bahan dasar polyurethane-acrylic. Bahan tersebut sesuai untuk melapisi jenis pelapis anti bocor untuk dak beton bangunan.

Harus Tahan Sinar UV

Jenis pelapis anti bocor untuk dak beton juga harus tahan terhadap sinar UV matahari agar dapat mencegah kebocoran yang merusak bangunan.

Memilih pelapis anti bocor yang tahan UV juga penting bagi bangunan yang hanya terdiri dari satu lapisan tanpa ruang penghambat panas pada plafonnya.

Ketahui Kondisi Dak

Sebelum cat pelapis anti bocor diaplikasikan pada jenis pelapis anti bocor yang digunakan, pastikan kamu mengetahui kondisi dak beton di rumah.

Jika memang sudah mengalami kebocoran sebelum dilapisi, maka sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu. Apalagi jika kebocorannya cukup parah.

Penambalan bagian retak

Jenis pelapis anti bocor untuk dak yang berkualitas sekalipun, harus menempel dengan baik pada dak beton yang tidak retak dan utuh.

Jika dak beton yang belum dilapisi telah mengalami keretakan, sebaiknya dilakukan pembobokan terlebih dahulu, agar hasil tambalannya menjadi lebih rapi sebelum dilapisi.

Tahan Debu

Dalam memilih jenis pelapis anti bocor terbaik, sebaiknya pilih juga yang anti debu. Pelapis yang menahan debu akan membuat bagian dak beton lebih mudah dibersihkan.

Jenis Pelapis Anti Bocor Terbaik

Khusus bangunan bagian atas dengan dak beton, diperlukan jenis pelapis anti bocor berkualitas dari bahan khusus, yaitu sebagai berikut: 

1. Waterproofing Coating

Jenis pelapis anti bocor yang pertama adalah waterproofing coating. Pelapis jenis ini memiliki tekstur dan bentuk yang waterproof atau tahan air, dengan tekstur yang mirip seperti cat, tapi lebih kental dan kenyal.

Jenis pelapis anti bocor waterproofing coating ini mudah ditemukan di beberapa toko bangunan, mudah diaplikasikan dengan menggunakan kuas atau roll sekalipun.

2. Waterproofing Membrane

Jenis pelapis anti bocor yang kedua adalah membrane yang bentuknya berupa gulungan atau lembaran dengan bahan dasar fiber atau polyester.

Menggunakan jenis pelapis anti bocor membrane ini tentunya lebih mudah diaplikasikan dibandingkan yang coasting.

Jenis pelapis anti bocor yang berkualitas, dapat memberikan efek yang cukup baik untuk setiap pembangunan yang dilakukan.

Waterproofing akan membuat bangunan menjadi lebih awet, tahan lama dan mengurangi potensi rembesan air pada dak Beton atau dinding bangunan.

Selain menggunakan jenis pelapis anti bocor yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat pelapis anti bocor untuk membuat pelapis tadi semakin kuat dalam menahan rembesan air dan kebocoran, yaitu :

3. Cat Pelapis Dak Anti Bocor

Setelah mengetahui cara memilih pelapis bocor yang berkualitas, berikut ini beberapa jenis pelapis anti bocor dak beton yang banyak digunakan:

4. Pelapis Styrene-acrylic

Sedang mencari jenis pelapis anti bocor yang memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik, maka Styrene-acrylic sangat direkomendasikan.

Pelapis anti bocor dak beton AM 110 ini berupa cat yang terbuat dari bahan Styrene acrylic, sehingga memiliki daya tahan dan keunggulan yang baik untuk jangka waktu yang lama.

5. Cat Cementitious

Jenis cat pelapis anti bocor AM 122 ini terbuat dari dua komponen bahan yang kuat, yaitu semen dan zat adiktif yang berfungsi untuk mengikat dak beton dengan daya rekat yang sangat baik.  

Penggunaan jenis pelapis anti bocor beserta cat pelapis anti bocor ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. 

Melalui jasa renovasi rumah tanganketiga, kami akan membantu merenovasi rumah dan perbaikan di dalamnya, agar sesuai keinginan dan lebih nyaman untuk ditinggali. 

Kunjungi website tanganketiga untuk informasi jasa renovasi rumah lebih lengkap atau lakukan konsultasi seputar jasa renovasi rumah dan jasa interior desain melalui whatsApp kami. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *