Tips & Trick

Simak 8 Cara Bangun Rumah Bertahap Biar Lebih Hemat!

Bangun Rumah Bertahap

Bagaimana cara bangun rumah bertahap? Cara ini biasanya dilakukan jika kondisi budget untuk membangun rumah cukup terbatas. 

Biaya bangun rumah tentunya tidak murah, bukan hanya material bangunanya, konsep interior desain sebuah rumah juga memerlukan budget yang lebih besar. 

Meskipun begitu, kondisi budget yang terbatas bukan berarti tidak bisa membangun rumah sendiri karena ada cara bangun rumah bertahap yang lebih hemat. 

Bagi kamu yang memiliki budget terbatas, berikut ini penjelasan mengenai cara bangun rumah bertahap yang harus diperhatikan:

Cara Bangun Rumah Bertahap

Kamu yang memiliki budget cukup terbatas namun ingin memiliki rumah yang cukup besar, maka cara bangun rumah bertahap adalah solusinya. 

Rumah yang akan dibangun dengan cara bangun rumah bertahap bisa dilakukan ketika budget dan material sudah tersedia. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Ada Lahan Tanah

Cara bangun rumah bertahap yang pertama adalah mempersiapkan lahan atau tanah. Jika kamu ingin membangun rumah mungil type 30/60, maka diperlukan tanah dengan luas 60 meter persegi. 

Kemudian, apabila harga tanah di area yang kamu inginkan sekitar Rp 3 jutaan per meter-nya, maka memerlukan budget sekitar Rp 180 jutaan. 

Jika kamu menginginkan rumah yang lebih luas, tentunya budget untuk bangun rumah akan lebih besar lagi. Pastikan menyiapkan lahan yang juga sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Memulai Perencanaan

Jika tanah atau lahan sudah ada, maka cara bangun rumah bertahap berikutnya adalah dengan memulai perencanaan dengan maksimal.

Perencanaan harus dilakukan mulai dari membeli tanah, hingga menggunakan jasa desain interior rumah atau jasa bangun rumah. 

Menggunakan jasa desain rumah atau jasa bangun rumah mungkin sedikit menambah budget, tetapi hasilnya akan maksimal dan sesuai keinginan. 

Rencana Anggaran Biaya

Perencanaan berikutnya adalah anggaran biaya, terutama biaya tenaga kerja yang akan membangun rumah impian kita. 

Dalam urusan membangun rumah, terdapat dua jenis biaya untuk tenaga kerja, yaitu secara harian dan borongan penuh. 

Pekerja harian biasanya dibayar sekitar Rp 100 ribu – Rp 150 ribu per hari. Sementara pekerja borongan sekitar Rp 600 ribu – Rp 800 ribu per meter persegi. 

Khusus untuk pekerja borongan penuh, biaya tenaga kerja yang diperlukan mencapai Rp 3-5 jutaan per meter. 

Jika kamu memilih tenaga kerja borongan, maka material bangunan biasanya disediakan sendiri. cara bangun rumah bertahap secara borongan juga bisa lebih cepat.

Kondisi Tanah dan Konsep

Cara bangun rumah bertahap selanjutnya adalah penyesuaian antara kondisi tanah dengan konsep rumah yang akan dibangun.

Mungkin tidak semua bidang tanah akan cocok dengan konsep rumahnya, karena karakteristik tanah akan berbeda tergantung dari bangunan yang akan dibangun di atasnya.

Kondisi tanah juga akan mempengaruhi biaya bangun rumah bertahap yang sebaiknya bisa lebih berhemat.

Memilih Material

Cara bangun rumah bertahap selanjutnya adalah memilih material yang dibutuhkan seperti batu bata merah, batako, semen, besi beton, pasir, paku, kayu, dan lain sebagainnya.

Semua material bangunan ini juga akan masuk anggaran biaya bangun rumah bertahap yang harus dihitung dengan detail dan sesuai kebutuhan.  

Jika menggunakan jasa bangun rumah atau jasa kontraktor khusus, maka semua material bangunan akan disediakan sesuai budget yang tertera pada RAB yang dibuat. 

Ada Skala Prioritas

Cara bangun rumah bertahap tentunya bisa diwujudkan jika kamu memiliki skala prioritas. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengatur luas lahan dan lain sebagainnya.

Jika menggunakan jasa desain interior, maka kamu bisa konsultasi mengenai ruangan yang diperlukan di dalam rumah hingga budget yang dibutuhkan secara lebih real.

Utamakan untuk membangun ruangan yang memang dibutuhkan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengatur budget untuk bangun rumah bertahap selanjutnya. 

Mengawasi Pembangunan Rumah

Meskipun dalam cara bangun rumah bertahap kamu menggunakan jasa bangun rumah tertentu, pembangunan harus tetap diawasi.

Menggunakan tenaga kerja harian atau borongan, keduanya harus tetap diawasi dengan maksimal agar sesuai dengan rencana anggaran bangunan yang sudah dibuat sebelumnya.

Kamu juga bisa melakukan pengecekan terhadap kualitas bangunan rumah bertahap yang sedang dikerjakan secara cermat.

Jasa Bangun Rumah Terbaik

Membangun rumah secara bertahap ternyata bisa dilakukan, menggunakan cara bangun rumah bertahap agar lebih hemat. 

Sudah siap untuk membangun rumah bertahap sekarang? Jangan lupa untuk menghubungi jasa bangun rumah terbaik seperti tangan ketiga. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa desain interior dan jasa renovasi rumah yang akan dibutuhkan saat bangun rumah bertahap. 

Kunjungi website tanganketiga untuk informasi selengkapnya mengenai jasa bangun rumah terbaik dan konsultasikan kebutuhanmu dengan kami sekarang melalui whatsApp. 

Tanganketiga juga memiliki beberapa koleksi furniture modern, furniture kekinian, furniture minimalis untuk melengkapi rumah impian kamu! 

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *