Tips & Trick

8 Cara Mengecat Tembok dengan Teknik yang Benar!

Cara Mengecat Tembok

Mengerti cara mengecat tembok yang benar, dapat membuat dinding rumah menonjolkan sisi keindahannya.

Itulah sebabnya pemilihan warna cat dinding serta motifnya menjadi pertimbangan yang penting saat akan mengecat tembok dinding.

Agar dinding rumah yang telah di cat tampak rapi dan indah, kita tidak bisa mengecat sembarangan. Diperlukan teknik khusus agar cat terlihat mulus di dinding rumah.

Lalu bagaimana cara mengecat tembok dengan tekniknya itu? Berikut ulasan selengkapnya:

Cara Mengecat Tembok

Mulailah dengan memilih jenis cat yang bagus untuk dinding rumah, sebelum mempelajari teknik mengecat tembok dengan benar. Sudah menemukan cat yang tepat, berikut ini cara mengecat tembok dengan teknik yang benar:

Inspeksi Visual

Cara mengecat tembok dengan teknik yang benar itu adalah melakukan inspeksi visual. Maksudnya, usahakan sebelum mengecat dinding, mengamati kondisi temboknya terlebih dulu.

Lakukan penglihatan secara menyeluruh pada tembok di rumah, apakah ada bagian yang akan sulit ketika di cat atau malah mulus-mulus saja.

Pikirkan juga mengenai warna cat yang akan digunakan, serta desain dinding yang diinginkan. Kamu bisa mencari referensi dari artikel interior desain lewat Google.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Selesai melakukan inspeksi visual tadi, lanjutkan dengan menyiapkan alat dan bahan sebelum memulai cara mengecat tembok dengan benar.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan seperti Cat, kuas, kaleng air, dan bak cat yang utama. Selain itu, lakban, koran, amplas, dempul, dan roller juga mungkin akan dibutuhkan.

Mengecat menggunakan kuas saja ternyata belum tentu memberikan hasil cat dinding yang mulus. Roller bisa digunakan untuk meratakannya dan mengecat lebih cepat.

Menutupi Bagian Tertentu dan Copot Saklar Lampu

Setelah menyiapkan alat dan bahan tadi, pastikan juga kamu sudah mencopot saklar lampu serta penutup outlet di area dinding yang akan di cat. Pastikan aliran listrik ke saklar dimatikan terlebih dulu.

Setelah itu, tutupi juga bagian dinding mana yang mungkin tidak perlu terkena cat. Misalnya, kamu ingin ada kombinasi cat, maka bagian itu ditutupi saja oleh koran atau lakban.

Amplas Terlebih Dulu

Jika kamu ingin mengganti warna cat lama dengan warna cat yang baru, cara mengecat tembok dengan teknik yang benar seharusnya di amplas dulu.

Terlebih, jika kondisi cat dinding lama di rumah masih bagus, sebaiknya amplas di seluruh permukaan cat hingga rata. Amplas dengan nomor 150/180 bisa digunakan agar debu di dinding lebih bersih.

Menutupi Retakan Dinding

Cara mengecat tembok dengan benar seharusnya bisa menutupi bagian tembok yang retak sebelum di cat. Hal ini biasa terjadi pada bagian tembok dinding yang sudah lama tidak di cat lagi.

Agar hasil cat lebih rapi lagi, sebaiknya bersihkan setiap retakan dinding dari debu dan kotoran yang menempel. Gunakan vacuum cleaner atau kemoceng hasilnya bisa cukup bersih.

Setelah itu, mulai lakukan penutupan dengan dempul di area tembok sesuai kebutuhan. Jika tembok dindingnya terkena noda, bersihkan terlebih dulu dengan cairan sabun.

Jika dempulan tadi sudah mengering, lakukan pengamplasan pada bagian tersebut hingga tampak halus dan benar-benar kering.

Ketika menerapkan cara mengecat tembok dengan teknik yang benar seperti ini, maka hasil akhir cat nya akan lebih mulus dan bersih.

Pengecatan Warna Dasar

Kita akan mulai tahap pengecatan dengan cara mengecat tembok yang benar. Campurkan terlebih dulu cat yang sudah dipilih dengan water base atau semacam solvent, sehingga hasilnya bisa lebih halus dan awet.

Mulai cara mengecat tembok dengan benar, yaitu mengecat menggunakan warna dasar untuk dinding terlebih dulu. Warna putih paling direkomendasikan untuk warna dasar dinding kamu.

Cat Tembok Dimulai

Setelah memberikan warna dasar cat pada dinding tadi, kita akan mulai memberikan cat warna pada dinding. Pada tahap ini, warna favorit cat tembok yang dipilih sudah mulai diaplikasikan.

Kamu bisa menggunakan roller untuk permukaan dinding yang besar dan pengecatan yang lebih cepat. Gunakan kuas untuk mengecat area yang sempit pada dinding rumah.

Dari Bagian Lebar ke Detailnya

Pengecatan sudah dimulai menggunakan roller dan kuas. Mulai terapkan teknik mengecat tembok yang benar yaitu mulai dari bagian yang lebar ke bagian yang detail.

Mulai dengan cat tipis bagian yang lebar pada dinding, kemudian lanjutkan ke bagian yang lebih lebar. Setelah tertutupi sempurna, lanjutkan mengecat bagian detailnya seperti kusen pintu, dan jendela.

Baca juga : 4 Warna Cat Kamar Tidur Aesthetic yang Bagus!

Jasa Arsitek Awasi Proses Pengecatan 

Jika kamu tidak melakukan cara mengecat tembok dengan benar sendiri, maka kamu bisa mempercayakan jasa tukang cat khusus.

Memilih jasa arsitek terbaik juga dapat membantu kamu dalam mengawasi proses pengecatan yang menerapkan cara mengecat tembok dengan benar tadi, agar hasilnya lebih mulus sempurna. 

Membutuhkan jasa arsitek terbaik di Kuningan dan sekitarnya? Tanganketiga siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah dengan desain interior terbaik sesuai keinginan. 

Hubungi tanganketiga lewat whatsApp atau kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap seputar desain interior dan eksterior untuk rumah. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.