Tips & Trick

8 Tipe Apartemen di Kota Besar, Mana yang Paling Sesuai?

Tipe Apartemen

Saat ini adalah banyak sekali tipe-tipe apartemen yang bisa dipilih. Biasanya di kota-kota besar seperti Jakarta memiliki berbagai macam tipe hunian yang satu ini.

Apartemen merupakan salah satu alternatif hunian yang saat ini dianggap paling nyaman selain rumah, terutama oleh generasi milenial yang merupakan bagian dari kaum urban.

Sebagian besar kaum urban ini lebih senang tinggal di wilayah perkotaan, karena dekat dengan pusat bisnis, kantor pusat, industri, pusat perbelanjaan nasional dan internasional, hingga restoran dan tempat hiburan.

Jenis hunian bertingkat ini menawarkan berbagai kenyamanan yang dibutuhkan kaum urban. Selain desain interior yang modern, Apartemen masa kini juga dilengkapi fasilitas keamanan terbaik 24 Jam dan kamera CCTV.

Fasilitas lain seperti lahan parkir yang luas, kolam renang, pusat kebugaran, mini market, taman bermain anak dan lain sebagainnya juga tersedia dalam satu gedung apartemen yang sama.

Mengenal 8 Tipe Apartemen di Wilayah Perkotaan

Jika kita memperhatikan beberapa apartemen di Jakarta, apartemen di Bandung, dan kota-kota besar lainnya, diketahui ada 8 tipe apartemen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, terlebih bagi kamu yang berencana tinggal di apartemen. Berikut ulasan selengkapnya:

Tipe Apartemen Garden

Kamu ingin tinggal di apartemen tapi bisa memiliki pemandangan taman yang indah? Hal ini bisa kamu temukan pada tipe apartemen garden.

Dalam satu tower, Apartemen terbagi menjadi beberapa lantai. Khusus untuk tipe apartemen garden, adalah apartemen yang letaknya paling bawah, berada di basement atau yang menghadap ke taman.

Tipe apartemen garden ini biasanya memiliki bentuk jendela yang tingginya lebih rendah dibandingkan pekarangan di sekitarnya. Kamu bisa menikmati taman ini langsung dari jendela “rumah”.

Tipe Apartemen Studio

Berikutnya ada tipe apartemen studio yang sepertinya menjadi favorit para kaum milenial yang tinggal. “rumah” di lantai bertingkat dengan ukuran luas 20 hingga 30 meter persegi saja, adalah tipe apartemen studio.

Tidak heran, bentuk apartemen ini tampak seperti ruangan hotel tempat kita menginap atau staycation. Meskipun begitu, tipe apartemen studio cocok untuk keluarga kecil yang baru pindah ke wilayah kota besar.

Tipe Apartemen Studio Alcove

Selain tipe studio, kamu juga bia memiliki tipe apartemen studio lainnya, yaitu Studio Alcove. Hampir sama dengan desain interior pada tipe apartemen studio, hanya saja tipe alcove memiliki bentuk ruangan yang berbeda.

Tipe alcove memiliki ruangan berbentuk L, dimana bagian terkecilnya menjadi ruang kamar tidur yang lebih private dan tersembunyi.

Tipe Apartemen Classic Six

Kalau tipe apartemen classic six sepertinya belum hadir di Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan akan dibangun di masa depan.

Bagi yang pernah tinggal di Eropa atau USA, tipe apartemen ini banyak ditemukan di kota-kota besar negara tersebut. Ciri-cirinya, apartemen ini dibuat di dalam gedung yang sudah berusia tua.

Sebut saja apartemen di kawasan Queen New york, atau beberapa apartemen di Paris, meskipun bangunan tua tapi kondisi bangunan dan desain arsitekturnya masih kokoh dengan gaya klasik.

Selain itu, apartemen seperti ini memiliki ruang tamu dan ruang dapur yang cukup luas untuk ukuran sebuah apartemen.

Tipe Apartemen Two Bedroom

Kamu sudah memiliki anak yang beranjak dewasa, tapi ingin tinggal di apartemen? Pilihan tipe apartemen two bedroom sepertinya cocok untuk kebutuhanmu.

Sesuai namanya, tipe apartemen modern ini memiliki dua kamar tidur dengan ukuran yang cukup besar. Apartemen ini juga dilengkapi dengan ruang tengah, dan ruang dapur yang nyaman.

Tipe Apartemen Convertible

Ada lagi tipe apartemen convertible yang artinya, ada penggabungan ruangan yaitu ruang tengah dengan kamar tidur. Namun tidak perlu khawatir, privacy akan tetap ada karena terdapat partisi pembatas sebagai dindingnya.

Baca juga : Mengenal Partisi Roster: Jenis dan Cara Pemasangannya

Tipe apartemen convertible bisa dibilang lebih luas dibandingkan tipe studio, karena fungsionalitas ruangan lebih terasa.

Tipe Apartemen Loft

Di Indonesia juga belum hadir tipe apartemen loft, namun berkaca dari negara Amerika dan Eropa, apartemen ini ternyata bagus dengan desain interior apartemen yang modern minimalis.

Apartemen ini memiliki area langit-langit yang tinggi, dilengkapi dengan jendela yang besar dan lebar. Terdapat tangga pendek di apartemen ini yang biasanya menuju ke ruangan kamar tidur.

Tipe Apartemen Triplex dan Duplex

Beberapa jenis apartemen di Jakarta, apartemen di Tangerang, hingga apartemen Meikarta adalah tipe apartemen duplex dan triplex. Apartemen bertingkat yang mirip rumah ini biasanya memiliki dua hingga 3 lantai sebagai ruang tempat tidur.

Tipe Apartemen Junior

Tipe apartemen junior yang banyak ditemui di wilayah kota-kota besar di Indonesia, umumnya ada yang memiliki 1 ruang kamar tidur dan 2 kamar tidur.

Ukurannya tentu saja lebih besar dari apartemen studio, dan beberapa ruangan memiliki pemisah atau sekat masing-masing.

Sedangkan untuk apartemen tipe junior 2 kamar atau junior four memiliki ruangan yang terdiri dari ruang tengah, ruang dapur, serta dua kamar tidur dengan ukuran yang berbeda satu sama lain.

Ruang kamar utama adalah ruang kamar tidur yang ukurannya lebih besar. Sedangkan ruang kamar tidur yang lebih kecil, bisa saja dialih fungsikan menjadi ruang kerja atau ruangan lainnya sesuai kebutuhan.

Tipe apartemen mana yang terbaik? Pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu ya! 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.