Tips & Trick

8 Tips Memilih Lampu Gantung Agar Ruangan Lebih Indah

Memilih Lampu Gantung

Apa saja tips memilih lampu gantung yang cocok untuk rumah idaman kamu agar memiliki penerangan yang cukup?

Cahaya merupakan elemen penting yang dapat merubah penampilan rumah, baik cahaya alami maupun cahaya buatan.

Cahaya alami dalam rumah didapatkan dari pancaran sinar matahari yang menembus kaca di rumah. Sedangkan cahaya buatan, didapatkan dari penggunaan lampu gantung dengan model yang bervariasi.

Memiliki cahaya buatan di dalam rumah melalui lampu gantung, bisa membuat rumah semakin terang dan kontras, khususnya bagi kamu yang suka update foto ke Instagram atau sosial media untuk sharing gambar-gambar bagus. 

Jika ingin menambah pencahayaan di rumah menggunakan lampu, simak beberapa tips memilih lampu gantung berikut ini:

Tips Memilih Lampu Gantung

Ruangan yang hanya menggunakan 1 lampu, tampaknya masih kurang estetik. Rumah modern saat ini bahkan banyak menggunakan pencahayaan buatan, untuk semakin memperindah ruangan di dalam rumah. 

Rumah yang tepat dalam pemilihan sumber pencahayaannya, akan memiliki tampilan yang cantik, yang menonjolkan fungsi dan nuansa ruangan dengan maksimal.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips memilih lampu gantung agar rumah tampak lebih indah dan estetik: 

Pastikan Model Lampu Gantungnya Sesuai

Saat ini, lampu gantung bukan hanya soal lampu dengan nuansa cahaya yang hangat. Lampu gantung kini hadir dalam bentuk yang estetik, sesuai dengan tema tertentu.

Beberapa jenis lampu gantung yang populer saat ini seperti jenis lampu gantung etnik, lampion, hingga chandelier. Begitu juga lampu gantung untuk eksterior rumah, sebaiknya sesuai dengan tema atau konsep rumah tersebut.

Ukuran Lampu Gantung yang Tepat

Tips memilih lampu gantung berikutnya adalah memperhatikan ukuran lampu tersebut. Misalnya, kamu ingin memasang lampu gantung di ruang tamu, maka disesuaikan dengan luas ruangan nya.

Jika rumah kamu memiliki ruangan yang terbatas, maka jenis lampu gantung berukuran tidak terlalu besar sangat cocok. Sebaliknya, lampu gantung yang berukuran besar untuk ruangan lebih luas.

Ukur Ketinggian Langit-langit Rumah

Nah, tips memilih lampu gantung berikutnya adalah terlebih dahulu memperhatikan langit-langit ruangan rumah kamu.

Setelah itu, coba ukur berapa tinggi dari langit-langit rumah tersebut. Pastikan bahwa lampu gantung akan dipasang dengan ketinggian hingga 30 cm di atas kepala kita terhadap langit-langit ruangan.

Jika memasang lampu gantung terlalu tinggi, maka cahaya dari lampunya tidak bisa menyebar dengan rata ke area ruangan yang dipasangi lampu hias ini.

Lampu Gantung Sesuai Perabotan

Lampu gantung yang dipasang di langit-langit ruangan rumah, berfungsi sebagai penerangan sekaligus dekorasi ruangan yang cantik dan estetik.

Oleh sebab itu, usahakan lampu gantung yang dipilih harus sesuai dengan perabotan yang digunakan di rumah. Tips memilih lampu gantung seperti ini penting agar ruangan tampak senada nantinya.

Sesuaikan dengan Interior Rumah

Tips memilih lampu gantung berikutnya adalah selalu menyesuaikan lampu gantung dengan konsep interior rumahnya.

Gaya interior rumah yang banyak dipilih yaitu model antic, minimalis, klasik, hingga kontemporer. Jenis lampu gantung yang dipilih harus sesuai dengan tema-tema tersebut.

Baca juga : 5 Model Lampu Gantung untuk Rumah Minimalis Modern

Pemilihan Material Lampu Gantung

Tips memilih lampu gantung berikutnya adalah dilihat dari material lampu gantungnya. Disarankan kamu memilih lampu gantung yang juga berfungsi sebagai lampu hias yang cantik.

Adapun material lampu gantungnya juga harus disesuaikan. Misalnya, kamu memilih rumah dengan konsep minimalis, maka lampu gantung dari besi, lebih cocok dibandingkan dengan lampu gantung bahan Kristal.

Sedangkan, ruangan dengan konsep klasik tentunya lebih cocok menggunakan jenis lampu gantung Kristal, agar tampak mewah dan elegan.

Lampu Gantung yang Sedang Tren

Bosan dengan model lampu gantung Kristal atau minimalis? Kamu juga bisa memilih jenis lampu gantung lainnya yang sedang tren dan populer.

Lampu gantung unik seperti yang dibuat oleh tanganketiga, juga bisa kamu pilih sebagai lampu hiasan yang cantik untuk ruangan.

Bukan hanya ruang tamu yang harus memiliki lampu gantung, beberapa ruangan lain seperti ruang makan, ruang kamar, hingga kamar mandi, juga bisa dipasangi lampu gantung.

Jangan Lupa dengan Ruang Makan

Tips memilih lampu gantung berikutnya adalah untuk lampu gantung ruangan makan. Ternyata ruang makan juga bisa dipasangi lampu gantun, agar ruang makan mendapatkan pencahayaan yang maksimal dan tetap hangat.

Lampu gantung untuk meja makan biasanya dipasang tepat di atas meja makan atau di tengah meja makan. Jarak lampu gantung untuk meja makan biasanya hanya 1 meter dari permukaan meja.

Ingin menggunakan jenis lampu gantung yang sesuai konsep interior rumah agar rumah semakin indah? Tanganketiga juga punya beberapa koleksi lampu gantung terbaik untuk rumah idaman kamu. 

Penggunaan lampu gantung untuk mempercantik rumah ternyata tidak bisa sembarangan. Terlebih dulu, kita harus mengikuti beberapa tips memilih lampu gantung agar berfungsi maksimal. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.