Tips & Trick

9 Tips Membeli Rumah Bekas Dijamin Nyaman!

Membeli Rumah Bekas

Memperhatikan tips membeli rumah bekas ternyata sangat penting, agar kita tidak sembarangan memilih rumah dan mendapatkan banyak keuntungan.

Membeli rumah bekas memang tidak seperti membeli rumah baru. ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, agar kita merasa nyaman dana man tinggal di sana nantinya.

Sebelum membeli rumah bekas atau rumah baru, kondisi keuangan tentunya harus diperhatikan. Pasalnya, bukan hanya harga rumah bekas, tetapi biaya-biaya tambahan juga harus dibayarkan.

Mencari rumah bekas juga tidak mudah, mungkin kita perlu melihat beberapa jenis rumah, menilai kondisi rumah tersebut, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah bekas.

Untuk kamu yang sedang mencari rumah second, perhatikan tips membeli rumah bekas berikut ini ya, agar kamu mendapatkan beberapa keuntungan:

Tips Membeli Rumah Bekas

Sebelum membeli rumah bekas, ada sebaiknya memperhatikan beberapa tips penting berikut ini, agar tidak menyesal saat membeli rumah bekas nanti. Berikut tips memilih rumah bekas::

Sesuai Anggaran

Hal penting yang kadang terlupakan, yaitu anggaran untuk membeli rumah bekas. Selalu pastikan bahwa sumber pemasukan, kewajiban yang harus dilunasi, semua itu sudah dilunasi.

Membeli rumah bekas tentunya bukan tanpa resiko. Bisa saja kamu masih harus mengeluarkan dana untuk membeli sekaligus merenovasinya agar lebih sempurna.

Kelengkapan Dokumen

Banyak orang mencari rumah bekas melalui jalur KPR rumah second. Jika kamu juga menggunakan cara ini, maka pastikan rumah bekas tersebut sudah dilengkapi dengan dokumen-dokumen lengkap.

Beberapa dokumen yang harus ada seperti SHM (Sertifikat Hak Milik), IMB (izin Mendirikan Bangunan), serta dokumen lain yang sudah siap dan tanpa masalah.

Gambaran Rumah Ideal

Tidak seperti membeli rumah baru, membeli rumah bekas tentunya memiliki pilihan yang terbatas. Meskipun begitu, kamu tetap bisa memilih yang sesuai kriteria dan budget tentunya.

Gambaran rumah ideal secara umum tentunya yang memiliki lokasi strategis, fasilitas public terdekat, hingga sarana transportasi yang mudah. Kondisi lingkungan yang aman untuk keluarga juga penting dalam memilih rumah ideal.

Memeriksa Kondisi Rumah

Rumah bekas berarti rumah yang sebelumnya pernah digunakan pihak lain. Oleh sebab itu, kita perlu memeriksa bagaimana kondisi rumah second tersebut.

Disarankan untuk bekerja sama dengan jasa arsitek atau kontraktor yang terpercaya, yang sangat memahami kondisi bangunan.

Jasa kontraktor dapat memeriksa keseluruhan pondasi rumah bekas, struktur bangunan, dan lain sebagainnya. Kondisi sirkulasi udara dan saluran airnya juga akan diperiksa apakah masih layak atau tidak.

Memperhatikan Kondisi Listrik

Listrik adalah kehidupan dalam sebuah rumah. Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa dan memperhatikan ketersediaan listrik pada rumah bekas yang sudah hendak dipilih.

Perhatikan daya listrik yang dimiliki rumah bekas tersebut, apakah dapat menampung seluruh peralatan elektronik yang akan digunakan nanti. Jika belum cukup, lakukan upgrade daya listriknya.

Pengajuan penambahan daya listrik bisa dilakukan secara online melalui situs PLN, lalu pemasangan penambahan dayanya akan dilakukan kemudian, setelah pembayaran dilakukan.

Memperhatikan Sumber Air

Selain ketersediaan listrik, keberadaan sumber air juga penting untuk diperhatikan. Kebutuhan manusia akan air akan sangat banyak. Beberapa aktivitas seperti mencuci baju, mencuci mobil, mandi, membersihkan rumah, mungkin bisa membutuhkan 10 galon lebih setiap harinya.

Mengetahui Usia Rumah

Kita boleh membeli dan memiliki rumah bekas, namun kita harus mengetahui terlebih dulu berapa usia rumah bekas tersebut.

Usia rumah bekas tentunya akan berpengaruh pada beberapa hal di masa depan, seperti harga jual rumah bekas nanti. Kondisi keamanan juga penting untuk diperhatikan, jika rumah sudah dimakan usia.

Mempelajari Lingkungan Sekitar

Lingkungan rumah bekas sekitarnya jangan sampai luput dari pandangan kita. Di masa depan, kita akan tinggal di sana bukan. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan riset kecil mengenai lingkungan sekitarnya.

Pastikan, apakah lingkungan sekitar rumah bekas tersebut membuat kamu nyaman atau tidak. Perhatikan juga kondisi pencahayaan di sekitar jalan, jarak dari rumah ke kantor polisi atau rumah sakit, dan lain sebagainnya.

Pastikan juga bagaimana lokasi rumah bekas yang kamu beli, apakah cukup terisolasi dari dunia luar? Hal tersebut akan berguna ketika kamu hendak bepergian ke luar rumah dan menentukan harga jual kembali nantinya.

Penting juga untuk mengetahui informasi sekitar rumah seperti longsor, rawan banjir, rentan bencana alam, dan lain sebagainnya

Menghitung Biaya Tak Terduga

Jangan malas untuk menghitung biaya ketika hendak membeli rumah bekas. Pasalnya, aka nada beberapa biaya yang harus siap dikeluarkan, jika membeli rumah bekas.

  • Beberapa biaya tak terduga tersebut seperti:
  • Biaya Pajak Penghasilan (PPh)
  • Biaya Pengecekan Sertifikat
  • Biaya Balik Nama
  • Biaya BPHTB ( Perolehan Hak Tanah dan Bangunan)
  • Biaya PNBP (penerimaan bukan pajak)

Jasa Renovasi Rumah Bekas

Jika kamu memutuskan untuk membeli rumah bekas, namun kondisi rumah tersebut masih harus direnovasi, maka kamu membutuhkan jasa renovasi rumah bekas yang terpercaya.

tanganketiga adalah jasa desain interior dan eksterior serta jasa renovasi rumah yang bisa kamu pilih, terlebih jika kamu berdomisili di wilayah Kuningan, Jawa Barat.

Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan tanganketiga melalui whatsapp, mengenai renovasi rumah bekas yang mungkin kamu perlukan, dengan harga yang bersaing. 

Untuk informasi lebih lengkap seputar tips membeli rumah bekas hingga renovasi rumah bekas, kunjungi website tanganketiga sekarang juga. Kami juga melayani konsumen dari luar Kuningan ya!

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *