Tips & Trick

8 Cara Membuat Kolam Renang Minimalis, Mudah dan Terjangkau

Kolam Renang

Ternyata cara membuat kolam renang minimalis itu cukup mudah, bahkan bisa kita kerjakan sendiri di area rumah kita dengan harga yang cukup terjangkau.

Kolam renang biasanya identik dengan rumah-rumah orang kaya. Rumah yang besar dan luas umumnya dilengkapi fasilitas kolam renang di area belakang nya.

Namun, tren saat ini rupanya sudah berbeda dengan zaman dulu. Siapa saja bisa memiliki kolam renang di rumahnya asal tahu cara membuat kolam renang dengan tepat.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat kolam renang minimalis dengan budget yang cukup terjangkau.

Cara Membuat Kolam Renang Minimalis

Membuat kolam renang yang dibuat sendiri atau menggunakan jasa kontraktor khusus, melalui beberapa cara membuat kolam renang yang tepat. Mulai dari menyiapkan lahan, perhitungan biaya, hingga dekorasi kolam renang, berikut ulasan selengkapnya:

Menyiapkan Lahan

Cara membuat kolam renang minimalis yang pertama adalah menyiapkan lahan  terlebih dahulu. Coba kamu perhatikan area sekitar rumah, khususnya di halaman depan atau belakang rumah.

Jika area kosong tersebut berukuran 4×2 meter, maka sudah bisa menjadi lahan yang cocok untuk dibuat kolam renang minimalis.

Ukurannya memang tidak terlalu besar, tapi kolam renang ini cocok untuk bermain anak-anak atau hanya sekedar berendam bagi para orang tuanya.

Tentukan Kedalaman Kolam Renang

Agar bisa berendam dengan nyaman, maka tentukan berapa kedalaman kolam renang yang diinginkan. Kedalaman sekitar 75 cm saja, sudah bisa untuk bermain anak dan berendam saja.

Cara membuat kolam renang dengan menentukan kedalaman di awal, juga dapat memperhitungkan berapa material yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang minimalis tersebut.

Menghitung Biaya

Jangan kaget terlebih dahulu jika mendengar soal biaya membuat kolam renang di rumah. Pasalnya, dengan budget Rp 4 Jutaan saja, kita sudah bisa membuat kolam renang minimalis sederhana di rumah.

Adapun rincian biaya pembuatan kolam renang, mulai dari Semen, Keramik dasar kolam, Semen mortar, Hebel bata, Cat waterproof, Paku beton, Pipa air paralon, mencapai Rp. 4 Jutaan.

Harga untuk setiap komponen tersebut bukan harga pasti dan masih bisa mengalami perubahan. Budget tersebut untuk perkiraan biaya membuat kolam renang minimalis saja.

Mulai Pasang Hebel

Selain untuk dinding tembok rumah, batu-bata hebel juga digunakan untuk cara membuat kolam renang minimalis di rumah, yaitu untuk batas pinggir kolamnya.

Pembangunan dimulai dengan memasang hebel yang dilapisi mortar semen dengan cara menumpuknya dan sesuaikan ketinggian yang telah ditentukan.

Baca juga : Ingin Buat Rumah Hebel tanpa Plester? Baca Ini Dulu!

Mulai Pengecoran

Cara membuat kolam renang minimalis selanjutnya adalah dengan plester bagian hebel yang sudah dibangun tadi. Kemudian, melakukan pengecoran pada bagian dalam kolam nya dengan semen.

Mulai Pemasangan Keramik

Bagian dalam kolam renang sudah mulai terbentuk, saatnya memasang keramik mosaic yang sudah disiapkan. Pasanglah secara rapi dan berurutan, agar hasil akhirnya menjadi indah.

Jenis keramik untuk kolam renang dapat disesuaikan kebutuhan. Mulai dari motif dan warnanya, kamu bisa pilih yang paling bagus menurutmu. 

Dekorasi Bagian Luar Kolam

Cara membuat kolam renang ini sebenarnya opsional. Kamu boleh membuat dekorasi untuk bagian luar kolam renangnya, boleh juga tidak.

Membuat dekorasi kolam renang tentunya dapat menjadikan suasana berenang anak-anak terasa lebih seru dan menyenangkan. Salah satu dekorasi yang bisa dipasang adalah lisplang GRC dengan motif kayu.

Pengisian Air Kolam Renang

Ini adalah cara membuat kolam renang yang paling penting, yaitu pengisian air ke area kolam renangnya. Lamanya pengisian air ini tergantung dari kedalaman kolam renang yang dibuat.

Pastikan kamu melakukan pengawasan saat proses pengisian air ini. Gunakan selang agar air tidak meluber kemana-mana. Pastikan volume air yang dimasukan tidak melebihi pinggiran kolam renang.

Jasa Kontraktor Kolam Renang

Memiliki kolam renang di rumah sendiri tentunya menciptakan suasana yang lebih seru, dibandingkan dengan rumah tanpa kolam renang. 

Kolam renang juga bisa membuat anak-anak lebih betah berada di rumah. Meskipun begitu, saat bermain air, anak-anak harus tetap diawasi. 

Cara membuat kolam renang minimalis ternyata tidak terlalu rumit ya, bahkan bisa dilakukan sendiri dengan memperhatikan setiap langkah pembuatannya dengan detail. 

Namun, bagi kamu yang ingin membuat kolam renang minimalis di rumah, tapi tidak memiliki banyak waktu luang mengerjakannya sendiri, jasa kontraktor kolam renang bisa membantu. 

Jasa kontraktor kolam renang biasanya sudah meliputi jasa kontraktor rumah, jasa desain interior dan eksterior, hingga jasa arsitek rumah.

Bagi kamu yang berdomisili di Kuningan Jawa Barat dan  membutuhkan jasa kontraktor ini, hubungi saja tanganketiga. 

Tanganketiga dapat membantu cara membuat kolam renang minimalis yang sesuai keinginan dan budget kamu. Kunjungi website tanganketiga sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.