Tips & Trick

7 Cara Memilih Material Bangunan yang Tepat 

Memilih Material Bangunan

Bagi kamu yang ingin membangun rumah atau renovasi rumah, sebaiknya memperhatikan cara memilih material bangunan yang tepat agar hunian lebih tahan lama. 

Rumah yang bagus tentu harus dibangun menggunakan material bangunan yang juga berkualitas. Pasalnya, rumah adalah investasi jangka panjang. 

Jika ingin merenovasi rumah lama menjadi rumah baru dengan konsep kekinian, penggunaan material bangunan berkualitas tentunya akan memberikan keuntungan jangka panjang. 

Mulai dari memilih batu bata, pasir, genteng, dan material penting lainnya, juga bisa kita konsultasikan bersama jasa arsitek atau jasa kontraktor yang bekerja sama dengan kita.

Sebagai gambaran, bagaimana cara memilih material bangunan yang tepat? Berikut ini ulasan selengkapnya:

Cara Memilih Material Bangunan yang Tepat

Sebagai orang awam, pemilihan material bangunan untuk rumah terkadang membuat kita bingung. Banyak pilihan yang sepertinya sama-sama memiliki kualitas yang bagus. 

Budget untuk material bangunan yang digunakan juga harus diperhitungkan secara cermat. Berikut ini cara memilih material bangunan yang tepat:

Material Batu untuk Pondasi

Material bangunan yang paling mendasar untuk membangun rumah adalah batu untuk pondasi. Jenis batu yang harus dipilih adalah jenis batu belah dari pecahan batu berukuran besar.

Batu belah ini berwarna hitam dan putih kecoklatan. Jenis batu untuk pondasi ini mampu mencengkeram satu sama lain, sehingga menjadi pondasi yang kuat.

Cara memilih material bangunan yang tepat untuk pondasi rumah adalah dengan tidak memilih jenis bulat yang daya cengkramnya kurang kuat.

Pasir untuk Bangunan

Cara memilih material bangunan yang tepat selanjutnya adalah memilih pasir berkualitas. Bahan pasir yang bagus memiliki kandungan lumpur yang rendah ( kurang dari 5%).

Pasir yang muncul dari hasil erupsi gunung berapi atau yang ditemukan di sekitar danau dan sungai umumnya memang memiliki kualitas terbaik.

Besi Beton Bangunan

Pemilihan besi beton bangunan yang berkualitas tentunya mempengaruhi kokohnya suatu bangunan rumah. Terlebih jika hendak membangun rumah tingkat.

Cara memilih material bangunan yang tepat adalah dengan menggunakan besi beton yang sudah berkualitas standar SNI.

Beberapa besi beton tersebut seperti Mater steel, Krakatau steel, hingga Cakratunggal steel. Ukuran besi beton tersebut juga sudah valid, sekitar 8mm untuk ukuran minimalnya.

Batu Bata Berkualitas

Selain jenis pondasi rumah berkualitas, cara memilih material bangunan yang tepat untuk bangun rumah adalah memilih batu batu yang berkualitas juga.

Batu batu banyak digunakan pada bangunan rumah sebagai struktur dinding, pagar, dan lain sebagainnya.

Di Indonesia, jenis batu bata yang paling sering dipilih adalah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar sehingga berwarna agak kecoklatan.

Untuk memastikan kualitas batu bata merah, kamu bisa mengetuk bagian permukaan batu bata. Jika suara ketukan lebih nyaring, maka itu batu bata yang bagus.

Perhatikan juga permukaan batu batanya, pori-pori yang padat dan beratnya yang ringan menandakan batu-bata berkualitas untuk bangunan rumah.

Keramik Berkualitas

Lantai keramik adalah bagian penting yang juga harus diperhatikan saat membangun rumah atau merenovasinya.

Lantai keramik semakin cantik dengan berbagai motif, ukuran, dan warna yang tersedia. Lalu bagaimana cara memilih material berkualitas yang tepat untuk keramik?

Keramik yang banyak dipilih dan berkualitas bagus biasanya memiliki bobot yang berat karena kepadatan material yang maksimal di dalamnya.

Selain itu, keramik yang bagus memiliki bentuk yang presisi sehingga pas ketika dipasang. Jenis keramik berkualitas juga tahan terhadap goresan dan tidak meninggalkan jejak.

Material Papan Gypsum

Rumah minimalis modern, rumah japandi, dan konsep rumah populer saat ini tentunya menggunakan papan gypsum sebagai pengganti dinding dari beton.

Papan gypsum yang lebih ringan ini juga tahan api, lebih fleksibel, tahan di udara lembab, dan dapat dipasang dengan mudah.

Perhatikan bagian permukaan papan gypsum yang dipilih. Jika sudah lurus, tidak retak, tidak patah, serta memiliki permukaan halus tanpa bergumpal, itu menandakan kualitas gypsum yang bagus. 

Material Genteng

Perhatikan juga bagian atap dari rumah yang akan dibangun atau di renovasi. Cara memilih material berkualitas yang tepat untuk bagian atap, menggunakan genteng yang sesuai kebutuhan.

Genteng keramik biasanya banyak dipilih, bahkan sudah dipercaya berkualitas sejak dulu. Genteng ini banyak digunakan seperti pada kuil Cina atau rumah joglo di Jawa.

Konsultasikan dengan Jasa Kontraktor Terbaik

Saat ini, keinginan untuk membangun rumah atau renovasi rumah tidak sulit. Banyak jasa kontraktor atau jasa arsitek terbaik yang siap membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Jasa kontraktor tanganketiga adalah salah satu jasa arsitek, jasa desain interior, hingga jasa pemasangan kitchen set terbaik yang bisa kamu pilih.

Dapatkan beberapa keunggulan seperti promo gratis desain, garansi pekerjaan, SDM berkualitas, hingga harga yang cukup terjangkau per meternya. 

Dapatkan semua keunggulan tersebut dengan melakukan konsultasi cara memilih material bangunan yang tepat dengan tanganketiga sekarang, melalui whatsApp kami.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *