Tips & Trick

9 Gaya Arsitektur Rumah di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Gaya Arsitektur Rumah

Selama ini kita sering mendengar bahwa rumah bagus itu ya rumah minimalis. Padahal, ada macam-macam gaya arsitektur rumah yang bisa kamu pilih sebagai rumah impian kamu.

Jika kita melihat dengan cukup cermat, terdapat berbagai macam gaya arsitektur rumah yang unik dan khas di Indonesia.

Beberapa diantaranya bahkan merupakan bagian dari sejarah, dimana arsitektur ala kolonial Belanda cukup mendominasi. Meskipun begitu, rumah minimalis masih yang paling populer saat ini di Indonesia.

Gaya Arsitektur Rumah di Indonesia

Penasaran dengan macam-macam gaya arsitektur rumah yang ada di Indonesia? Siapa tahu bisa menjadi referensi untukmu sebelum membangun rumah impian. Berikut ulasannya: 

1. Arsitektur Rumah Scandinavian

Rumah Scandinavian
source: rumah123.com

Gaya arsitektur rumah yang pertama adalah rumah Scandinavian. Desain rumah ini juga disukai banyak orang.

Keunikan dari bangunan rumah ini adalah adanya prinsip tarikan garis yang tampak berkesinambungan dan lebih sempurna.

Dominasi warna putih hingga abu-abu kebiruan, menjadikan rumah scandinavian ini mudah dikenali, dengan warna-warna tersebut yang memberikan kesan interior yang soft.

Untuk furniture, rumah gaya arsitektur Scandinavian banyak menggunakan bahan kayu dengan warna-warna yang lembut juga. 

2. Gaya Arsitektur Rumah Industrial

rumah industrial
source: rumah.com

Selanjutnya adalah gaya arsitektur rumah yang terinspirasi dari bangunan pabrik lawas zaman dulu. Di tahun 2010 silam, konsep arsitektur ndustrial ini ternyata banyak diminati di Indonesia.

Meskipun begitu, desain seperti ini ternyata lebih cocok untuk restaurant atau cafe yang menjamur seperti saat ini, khususnya di wilayah perkotaan.

Seiring dengan berkembangnya waktu, gaya arsitektur rumah industrial ini kini banyak dijadikan sebagai konsep rumah hunian.

Memilih konsep rumah ini, kamu akan mendapatkan rumah dengan desain interior dan eksterior yang unik, dengan banyak mengekspos plafon.

3. Gaya Arsitektur Rumah Model Kolonial Belanda

Rumah Kolonial
source: thegorbalsla.com

Kalau gaya arsitektur rumah yang satu ini, sepertinya cukup sering kita jumpai di beberapa kota besar. Sebut saja Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta adalah yang paling banyak ditemukan bangunan ini.

Di zaman modern seperti saat ini, sebenarnya konsep rumah kolonial belanda ini sudah jarang digunakan. Padahal, rumah seperti ini banyak kelebihannya loh, dibandingkan rumah modern saat ini.

Rumah ala kolonial belanda itu memiliki plafon yang begitu tinggi, sehingga menimbulkan kesan sejuk di dalam rumah.

Selain itu, ukuran jendela yang besar, akan memberikan kesan rumah yang luas dan tetap sejuk, tanpa membutuhkan pendingin udara.

4. Gaya Arsitektur Open Plan

Rumah Open Plan
source: bisnis.com

Rumah dengan arsitektur open plan juga banyak disukai, pasalnya desain rumah ini merupakan penggabungan dari dua ruang di dalam rumah dengan menghilangkan tembok yang menjadi pembatas rumah.

Gaya arsitektur open plan ini menjadikan rumah tampak lebih luas. Sebagai pemilik rumah, kamu bahkan bisa mengatur tata letak rumah kamu, tanpa terhalangi oleh dinding pembatas. 

5. Arsitektur Rumah Tropis

Rumah Tropis
source: liputan6.com

Selanjutnya ada gaya arsitektur rumah tropis yang nyatanya masih menjadi favorit banyak orang hingga kini. Sesuai dengan nama konsepnya tropis, rumah ini punya banyak tanaman di sekelilingnya.

Tanaman-tanaman tersebut memiliki fungsi untuk membuat area rumah menjadi lebih teduh. Selain itu, rumah tropis umumnya memiliki ukuran jendela yang besar dilengkapi dengan sliding door. 

Konsep rumah tropis ini memiliki tujuan untuk membuat udara alami lebih cepat masuk ke dalam rumah, sehingga suasana di dalamnya selalu sejuk dan dingin. 

Baca Juga : Jasa Arsitek Rumah di Kuningan Berpengalaman

6. Arsitektur American Classic

Rumah American Classic

Gaya arsitektur rumah yang satu ini, identic dengan kayu sebagai material utama dari bangunannya. Kayu bahkan mendominasi dinding eksterior bangunan rumah ini. 

Meskipun  hanya kayu, kamu akan melihat kesan mewah yang ditampilkan dari rumah American Classic ini. Keseluruhan tampilan rumah konsep ini terkesan mewah dan elegan seperti di Amerika. 

7. Arsitektur Rumah Kontemporer

Rumah Kontemporer
source: kompas.com

Rumah kontemporer sebenarnya hampir mirip dengan gaya arsitektur rumah minimalis. Namun, jika melihat dari desain rumahnya, keduanya sangat berbeda. 

Rumah kontemporer ini bisa dibilang lebih mewah, karena ada penggabungan beberapa desain interior menjadi satu. Salah satu contohnya adalah penggabungan elemen rumah minimalis dengan art deco, sehingga menjadi rumah kontemporer yang tampak unik.

8. Arsitektur Rumah Minimalis

Rumah Minimalis

Ini dia rumah minimalis yang menjadi desain rumah paling laris di Indonesia. hal ini bisa kita lihat pada komplek perumahan yang rata-rata menggunakan gaya arsitektur ini.

Sejak tahun 2000-an, rumah minimalis banyak dibangun dengan konsep zen yang terinspirasi dari Jepang. Rumah ini sempurna untuk ditinggali karena bagus dari tampilan visual hingga fungsionalnya.

Gaya arsitektur rumah ini sederhana, dengan dominasi warna cat yang lembut dan memberikan kesan hangat untuk ditinggali. 

9. Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis Modern

rumah minimalis saja ternyata tidak cukup, perlu ditonjolkan sisi modern-nya sesuai dengan perkembangan zaman. 

Maka, di tahun 2010-an, mulai hadir gaya arsitektur rumah minimalis modern yang mengikuti rumah-rumah minimalis modern di wilayah Amerika dan Eropa. 

Rumah minimalis modern benar-benar mengutamakan fungsional dari sebuah bangunan. Meskipun bangunanya kecil, tapi harus berfungsi dengan maksimal. 

Ukuran rumah kecil sekalipun, bisa tampak menjadi lebih mewah dengan menerapkan gaya arsitektur minimalis modern ini. Fungsionalitas dari setiap bangunan, bahkan bisa mengurangi biaya konstruksi pembangunannya. 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa gaya arsitektur rumah di Indonesia itu ternyata bukan hanya rumah minimalis. Jadi kamu pilih gaya arsitektur rumah yang mana? 

Jika kamu ingin memiliki rumah dengan gaya arsitektur di atas, konsultasikan dengan tanganketiga. Kami akan membuatkan desain rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.