Tips & Trick

Mengenal Jenis Pagar Perforasi pada Eksterior Rumah Minimalis

Jenis Pagar Perforasi

Rumahnya bagus dengan desain minimalis modern, tapi pagarnya kok aneh ya ada lubang-lubangnya gitu? Itu namanya pagar perforasi yaitu pagar berlubang one way

Rumah minimalis modern semakin berkembang desainnya. Termasuk desain pagar untuk rumah dari bahan yang berbeda tetapi memiliki desain yang unik. 

Salah satu jenis pagar untuk rumah minimalis yang juga sedang populer saat ini adalah pagar perforasi dengan ciri khas desain memiliki lubang-lubang kecil.

Sekilas, pagar ini nampak sederhana dan jauh dari kesan mewah. Tetapi, pagar ini tetap memiliki keunggulan sebagai pembatas rumah Anda.

Apa itu pagar perforasi dan apa saja keunggulannya untuk pembatas rumah minimalis, berikut ulasan selengkapnya:

Pagar Perforasi atau Perforated Metal

Pagar perforasi atau biasa disebut lembaran plat perforated merupakan jenis bahan konstruksi bangunan yang digunakan untuk beberapa keperluan arsitektur.

Seiring berkembangnya teknologi, pembuatan plat besi juga semakin mudah, terlebih pada tahap pembolongan yang cukup rumit.

Hal tersebut menjadi ciri khas tersendiri pada jenis pagar perforasi dengan pori-pori atau lubang di seluruh bagian plat besinya, dengan motif yang berbeda-beda. 

Material besi menjadi bahan utama dalam pembuatan jenis pagar ini, karena memiliki ketahanan yang sangat kuat.

Selain itu, material besi juga lebih fleksibel untuk dibuat bentuk apa saja yang menjadi kebutuhan konstruksi.

Dalam hal kebutuhan arsitektur dan dekorasi rumah, pagar perforasi cocok digunakan sebagai bagian dari desain eksterior rumah yang estetik dalam bentuk pembatas rumah.

Keunggulan Pagar Perforasi 

Pagar perforasi memiliki keunggulan yang membuatnya populer dalam dunia arsitektur modern saat ini. Adapun keunggulan yang dimiliki jenis pagar ini sebagai berikut:

Nilai Estetika yang Tinggi

Pagar berlubang satu arah atau disebut pagar perforasi di desain dengan tampilan yang menarik dan unik. Keunikan terlihat dari lubang-lubang kecil pada bagian pagar ini.

Hal tersebut justru memberikan sentuhan artistic yang memudahkan cahaya dan udara masuk ke dalam bangunan. Selain itu, pagar berlubang menciptakan efek visual yang menarik.

Ventilasi dan Sirkulasi Udara

Karena pagar ini memiliki desain unik berupa lubang-lubang kecil, maka sirkulasi udara akan menjadi lebih baik.

Pengaturan suhu di area bangunan rumah menjadi terjaga kelembabanya. Hal ini tentu akan membuat nyaman para penghuni rumah.

Pencahayaan Alami

Dengan menggunakan pagar perforasi, memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam area yang dibatasi pagar tersebut.

Dengan begitu, bisa mengurangi ketergantungan pencahayaan buatan seperti lampu taman misalnya. Suasana di area teras dan rumah tetap terang dan menyenangkan.

Tetap Menjaga Privasi

Keunggulan yang menjadi alasan utama orang memilih jenis pagar perforasi adalah efek one way yang dihasilkan.

Meskipun pagar ini memiliki lubang-;ubang kecil, tapi pagar ini dapat mengurangi pandangan langsung ke dalam area bangunan rumah. Privasi pemilik rumah tetap terjaga.

Pengurangan Keberatan Angin

Mungkin orang awam akan berpikir bahwa menggunakan jenis pagar berlubang akan memungkinkan banyaknya angina yang masuk ke area rumah.

Tapi berbeda dengan pagar perforasi yang dirancang untuk mengurangi tekanan angin pada bangunan dengan area terbuka, terutama di daerah yang rentan terkena angina kencang.

Kestabilan Struktur

Pagar perforasi bisa memberikan stabilitas structural yang baik. Pola perforasi sangat tepat dalam mengurangi beban pada pagar. Pagar ini mungkin terkesan ringan tetapi tetap kuat dan tahan lama.

Bisa di Daur Ulang

Besi plat perforated ini ternyata bisa di daur ulang, jika sudah tidak terpakai lagi. Proses daur ulang bahan ini juga lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. 

Kelemahan Pagar Perforasi

Dibalik berbagai keunggulan dari jenis pagar perforasi ini, terdapat beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan.

Material besi yang mendominasi pagar perforasi, ternyata lebih mudah berkarat jika kondisi suhu di sekitarnya memiliki kelembaban yang tinggi.

Selain itu, harga pagar perforated metal ini juga cukup mahal, dibandingkan material bahan untuk jenis pagar minimalis lainnya.

Jika pagar ini mengalami benturan dan menjadi penyok, maka akan cukup sulit untuk memperbaikinya menjadi seperti semula.

Motif-Motif Pagar Perforasi

Anda berminat untuk menggunakan jenis pagar rumah perforasi untuk eksterior rumah Anda? Pagar ini memiliki motif cantik yang bisa dipilih sesuai selera. Berikut ulasannya:

Motif Heksagon

Pagar perforasi dengan motif heksagon memiliki pola yang mirip dengan sarang lebah atau berbentuk segi enam. Motif ini tentu sangat cantik menjadi bagian eksterior rumah.

Motif Lingkaran

Pada umumnya, pagar perforasi yang sering digunakan sebagai pembatas rumah adalah motif lingkaran. Motif ini banyak disukai dan menjadi favorit saat ini.

Motif lingkaran juga mudah dipadu padankan dengan beberapa jenis bangunan yang berbeda-beda. Pembuatan motif lingkaran juga lebih mudah dibandingkan motif lainnya.

Motif Persegi

Bosan dengan motif lingkaran atau motif hexagonal? Anda juga dapat memilih pagar perforasi dengan motif persegi.

Motif ini akan tampak lebih simetris dengan tarikan garis yang lebih tegas pada setiap bagian pagarnya. Rumah minimalis juga cocok menggunakan pagar motif ini.

Motif Daun Semanggi

Percaya atau tidak, daun semanggi yang memiliki empat daun ini kabarnya bisa membawa keberuntungan dalam hidup.

Mungkin karena hal itulah, beberapa orang juga memilih motif daun semanggi untuk pagar perforasi yang menjadi bagian desain eksterior rumah.

Motif Lubang Koin

Motif lubang koin pada pagar perforasi juga menjadi salah satu yang paling diminati. Namun, motif ini lebih banyak digunakan sebagai hiasan penutup jendela agar tidak terlalu polos. 

Jasa Desain Eksterior Rumah

Rumah minimalis memang selalu cantik untuk dipadu padankan dengan eksterior rumah yang senada, salah satunya adalah penggunaan jenis pagar perforasi. 

Agar bagian desain eksterior rumah minimalis Anda menjadi lebih estetik, baik dari segi pemilihan motif pagar, warna cat, dan dekorasi lainnya, sebaiknya gunakan jasa desain khusus. 

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu bersama jasa desain eksterior yang terpercaya dan berpengalaman seperti tanganketiga. 

Harga material besi perforated per meter nya berbeda-beda dan tergantung dari diameter lubang yang dibuat. Kisaran harga mulai dari Rp 250.000. 

Konsultasikan semua kebutuhan penggunaan pagar perforasi untuk desain eksterior rumah minimalis Anda bersama tanganketiga sekarang!



Bangun Rumah Dapat Diskon Rp 20 Juta

Jasa Bangun Rumah

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *