Tips & Trick

Bikin Konsep Ruang Terbuka di Rumah Banyak Manfaatnya!

Konsep Ruang Terbuka

Salah satu iklan properti di Instagram memperlihatkan mengenai unit bangunan rumah terbaru mereka dengan konsep adanya ruang terbuka di dalam rumah tersebut.

Konsep ruang terbuka ini ternyata terinspirasi sejak pandemic Covid-19, dimana orang-orang banyak yang harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Jika kondisi rumah mereka minim udara, bahkan cenderung tidak memiliki ventilasi yang baik, bagaimana mereka bisa hidup sehat selama isolasi di rumah.

Dari situlah, konsep ruang terbuka muncul dalam unit properti terbaru mereka. Setelah diiklankan, ternyata banyak yang minat dengan rumah konsep ruang terbuka minimalis tersebut.

Pentingnya Ruang Terbuka di Rumah

Di kota-kota besar, konsep rumah di area perumahan khusus atau seperti rumah deret, sudah menambahkan ruang terbuka sebagai keunggulan dari rumah tersebut.

Fokus rumah seperti ini tentunya bukan dikhususkan bagi mereka yang suka berkebun, atau menanam tumbuhan favorit.

Fokusnya agar rumah ini mendapatkan sinar matahari dan sirkulasi udara yang lebih baik. Berikut ini beberapa alasan pentingnya ruang terbuka di dalam rumah:

Sirkulasi Udara Maksimal

Dengan membangun ruang terbuka di dalam rumah, maka kamu memerlukan beberapa jendela yang terhubung dari beberapa ruangan di rumah.

Dengan begitu, baik bagian belakang rumah hingga bagian depan rumah, mendapatkan sirkulasi udara yang cukup setiap harinya.

Udara di dalam rumah yang kita tempati juga akan lebih sejuk dan segar. Jika selesai masak, bau masakan juga lebih cepat hilang.

Pencahayaan Merata

Udara yang segar dan sinar matahari yang masuk dengan wajar, tentunya akan menimbulkan pencahyaan yang lebih merata di dalam ruangan rumah.

Ruang terbuka di dalam rumah akan memudahkan cahaya masuk dan ini baik untuk kelembaban di area rumah. Hal ini juga harus diperhatikan, saat kamu banyak menggunakan furniture kayu.

Pemandangan Lebih Privat

Meskipun ada konsep ruang terbuka di dalam rumah, tetapi hasilnya akan menjadi tempat terbuka yang lebih privat di dalam rumah.

Kita bisa membuka jendela di area rumah, tanpa harus ketahuan oleh tetangga yang mungkin lewat di depan rumah.

Kamu bisa menonjolkan unsur hijau di area tersebut, seperti tanaman hijau merambat misalnya. Setiap pagi, kamu akan merasakan kesegaran warna hijau daun tersebut.

Menjadi Taman Bersih

Taman yang biasanya identik dengan rumput dan tanah, mungkin akan cukup merepotkan bagi sebagian orang. Dengan ruang terbuka di dalam rumah, kita bisa memiliki taman yang bersih.

Kita tidak perlu menanam tanaman dengan begitu serius, cukup letakan beberapa tanaman dalam pot untuk mempercantik area ruang terbuka di dalam rumah tersebut.

Taman bersih tentunya akan lebih mudah dibersihkan. Beberapa jenis tanaman hias dari plastik juga bisa ditambahkan untuk membuat kesan ruangan terbuka yang lebih hijau dan menyegarkan mata. 

Rumah Lebih Sehat

Pasca pandemic covid-19, meskipun banyak orang tinggal dan bahkan bekerja di rumah, dengan konsep ruangan terbuka di dalam rumah, bisa menjadikan rumah sehat bagi kita semua.

Udara yang segar, ruangan yang lembab, serta pemandangan hijau yang alami akan didapatkan jika memilih bangun rumah dengan ruangan terbuka di dalam rumah.

Instagramable

Dengan menghadirkan ruang terbuka di dalam rumah, seluruh ruangan dapat menerima pencahayaan dengan maksimal. 

Oleh sebab itu, semua ruangan yang sudah ditata dengan baik menjadi area yang instagramable untuk mengambil foto terbaik dengan pencahayaan natural. 

Bagi kamu yang suka membuat konten tentang desain interior di rumah, ruangan terbuka di dalam rumah bisa menjadi area terbaik untuk merekam video maupun mengambil foto dengan detail. 

Tempat Olahraga

Jika tidak sempat pergi ke luar rumah untuk berolahraga, kamu tetap bisa berolahraga di rumah tanpa kehilangan segarnya udara dan cahaya matahari yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Area ruang terbuka di dalam rumah bisa dijadikan area untuk berolahraga ringan seperti melakukan yoga atau latihan gerakan ringan lainnya di rumah. 

Bikin Ruang Terbuka Lewat Jasa Arsitektur Terbaik

Konsep ruang terbuka seperti ini sebaiknya wajib ada di rumah minimalis modern yang mungkin akan segera kamu bangun dalam waktu dekat. 

Masalah pembangunan rumah dengan konsep minimalis yang modern atau rumah minimalis dengan desain interior japandi yang sedang hit itu, serahkan saja kepada tanganketiga.

Tanganketiga merupakan jasa kontraktor, jasa renovasi rumah, jasa bangun rumah, serta jasa interior dan eksterior rumah terbaik yang memiliki beberapa keunggulan. 

Mulai dari proses pengerjaannya yang lebih cepat, budget pembangunan yang cukup terjangkau, hingga bonus desain gambar bangunan sesuai keinginanmu.

Konsultasikan sekarang melalui whatsApp tanganketiga dan tim kami akan membantu memenuhi kebutuhan kamu. 

Kunjungi website kami untuk informasi lengkap seputar jasa interior dan eksterior rumah hingga jasa bangun rumah terbaik untuk mewujudkan membangun rumah impian. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *