Materials

Sudah Tahu Konsep Rumah Aparthouse? Baca Ini!

Konsep Rumah Aparthouse

Apakah kamu pernah mendengar istilah Aparthouse? Sepertinya istilah tersebut masih cukup asing terdengar dibandingkan Apartemen dan Rumah Tapak.

Aparthouse sebenarnya merupakan suatu konsep hunian baru, yang memadukan konsep Apartemen dan Rumah Tapak, unik bukan?

Konsep Aparthouse ternyata sudah digunakan sebagai konsep rumah apartemen di kawasan dataran Amerika Serikat sejak tahun 1870-an.

Perbedaan Aparthouse dengan Apartemen yang paling terlihat adalah dari konsep desain interior serta luas ruangannya.

Aparthouse adalah 

Jika Apartemen hanya memiliki satu lantai saja, maka Aparthouse umumnya terdiri dari bangunan beberapa lantai, dengan suasana Apartemen studio.

Setiap lantainya menggunakan konsep split level, dimana dapat menghubungkan lantai satu dengan yang lainnya.

Aparthouse yang saat ini banyak ditawarkan di kota-kota besar, juga sudah fully furnished dengan jumlah kamar tidur yang lebih banyak, yaitu 2 hingga 3 kamar tidur.

Konsep gabungan antara Apartemen dengan rumah tapak ini sepertinya sangat cocok bagi kamu yang tinggal dan bekerja di kawasan perkotaan.

Terlebih lagi, jika kamu membawa anggota keluarga, Aparthouse bisa menjadi hunian yang layak dipilih dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan rumah tapak atau apartemen sekalipun.

Baca juga : 9 Gaya Arsitektur Rumah di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Keunggulan dan Kelemahan Aparthouse

Meskipun Aparthouse menjadi konsep hunian baru di kawasan perkotaan yang layak dipilih saat ini, rupanya tidak terlepas dari beberapa keunggulan dan kelemahan yang dimilikinya.

Keunggulan Aparthouse

Harga yang Bersaing

Untuk semua fasilitas yang bisa kamu dapatkan dalam Aparthouse adalah sebanding dengan harga yang harus dibayar.

Dengan jumlah lantai yang lebih dari 1, serta luas ruangan dalam Aparthouse, menjadikan hunian ini tergolong kategori hunian premium yang modern saat ini.

Untuk wilayah Jakarta Selatan misalnya, Aparthouse lengkap dengan berbagai fasilitasnya bisa kamu dapatkan dengan harga dibawah Rp. 1 Miliar saja.

Desain Modern

Aparthouse memang sudah didesain untuk hunian modern, dengan desain yang lebih trendi tentunya. Area sekitarnya bahkan sudah dibuat menjadi jajaran residential yang berjajar begitu rapi.

Adapun bagian desain interior dan eksterior Aparthouse adalah disesuaikan dengan desain yang populer saat ini, seperti desain minimalis modern.  

Meskipun hunian ini dibangun di atas lahan yang minim, namun konsep compact house yang juga diterapkan pada Aparthouse lebih memanfaatkan setiap sudut ruangannya dengan maksimal.

Penerapan Smart Home System

Kamu ingin memiliki hunian yang dimana semua perangkat elektroniknya sudah terintegrasi dengan baik dan bisa dijalankan lewat Smartphone? Aparthouse adalah jawabannya.

Smart Home System memungkinkan penghuni rumah untuk bisa mengatur segalanya di rumah. Mulai dari pencahayaan ruangan, perabotan, suhu kulkas, dan lain sebagainnya.

Bagaimana dari sisi keamanan tinggal di Aparthouse? Teknologi SHS ini juga diterapkan di Aparthouse sebagai digital door lock yang dapat diakses dengan pin, kartu, hingga sidik jari.

Berlokasi di Pusat Kota

Generasi milenial dan seterusnya, sangat menyukai kawasan perkotaan. Di sini, ada banyak dari mereka yang bekerja dan beraktivitas sehingga menginginkan hunian yang dekat dengan kantor atau tempat bisnisnya.

Untuk itu, Aparthouse dibangun di pusat kota dengan kemudahan akses ke beberapa tempat penting seperti rumah sakit, sekolah, transportasi umum, hingga Mall dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, dari sisi investasi, memiliki Apartemen rasa rumah tapak ini juga akan menguntungkan. Pasalnya, nilai sewa atau jualnya di masa dapat bisa berkali-kali lipat.

Status Hunian SHM

Inilah salah satu keunggulan yang membuat Aparthouse banyak dipilih sebagai hunian bagi penduduk kota besar, yaitu status kepemilikanya yang sudah SHM (sertifikat hak milik).

Berbeda dengan apartemen yang hanya memiliki sertifikat strata title saja, Aparthouse malah ditawarkan dengan status SHM untuk kamu.

Siapa saja pembeli Aparthouse, akan memiliki hak penuh atas bangunan hunian tersebut. Selain itu, pemiliknya juga dapat memperjualbelikan Aparthouse miliknya jika memang ingin dilakukan.

Kekurangan Aparthouse

Dibalik semua keunggulan dari Aparthouse yang sudah kamu simak tadi, ternyata bangunan Apartemen rumah ini memiliki beberapa kekurangan seperti berikut:

Fasilitas Bersama Terbatas

Seperti hal nya konsep hunian Apartemen, fasilitas bersama adalah sebuah sarana untuk hiburan di akhir pekan atau sekedar melepas penat bagi para penghuni yang sibuk bekerja setiap hari.

Namun, keterbatasan lahan, menjadikan fasilitas seperti kolam renang, lahan parkir, dan lainnya belum bisa dinikmati seperti hal nya beberapa cluster di perumahan.

Semuanya bisa dinikmati bersama, begitu juga dengan hunian Aparthouse. Fasilitas bersama yang ada tidak jauh seperti hal nya hunian Apartemen.

Aparthouse Belum Ramah Lansia

Hunian Aparthouse adalah konsep tempat tinggal modern yang ternyata belum ramah lansia. Konsep split level dengan menggunakan banyak tangga ini tidak disarankan untuk keluarga yang sudah lansia.

Jika memang kamu memiliki anggota keluarga yang sudah lansia, sebaiknya pertimbangkan kembali jika ingin memilih hunian konsep Apartemen rumah ini.

Belum berminat untuk tinggal di Aparthouse? Tidak masalah. Kamu masih bisa mewujudkannya dengan melakukan renovasi rumah atau merubah desain interior rumah seperti Aparthouse.

Kami rekomendasikan jasa desain interior dan eksterior Rumah dan Apartemen oleh tanganketiga. Silahkan kunjungi website tanganketiga untuk informasi selengkapnya mengenai desain interior rumah ala Aparthouse. 

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.