Materials

Mengenal Partisi Roster: Jenis dan Cara Pemasangannya

Partisi Roster

Bagian unik dari desain interior dan eksterior rumah modern yang saat ini banyak digunakan adalah partisi roster dengan berbagai variasinya. 

Lihat saja model-model rumah di Summarecon, atau hunian yang menawarkan konsep ramah lingkungan lainnya, banyak menggunakan partisi roster sebagai dinding pembatas yang estetik. Apakah menggunakan partisi rooster itu wajib di zaman sekarang?

Apa Itu Rooster atau Ventilation Block?

Partisi Roster adalah partisi antar ruangan yang dibuat dari bahan batako, beton, batu alam, dan GRC yang memiliki lubang dan berfungsi untuk eksterior maupun interior rumah.

Lubang pada rooster tersebut berfungsi sebagai sirkulasi udara serta masuknya cahaya alami, ketika dipasangkan sebagai bagian dari desain eksterior sebuah rumah kontemporer.

Partisi roster ini memiliki beberapa variasi bentuk yang unik dan cantik, khususnya desain pada bagian rongga yang berlubang.

Rongga-rongga dengan bentuk unik ini akan menjadi tempat sirkulasi udara, masuknya cahaya matahari, hingga angin yang dibutuhkan oleh sebuah rumah yang sehat.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Rooster

Partisi roster ini biasanya berupa dinding yang menjadi pembatas dalam sebuah rumah atau bagian luar rumah.

Dinding yang berlubang ini ternyata memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri sebagai bagian dari desain interior dan eksterior sebuah rumah. Berikut ulasannya:

Kelebihan Partisi Rooster

  • Memudahkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah, sehingga rumah tidak pengap, lembab, dan tidak sehat untuk penghuninya.
  • Fungsi sebagai bukaan di rumah, karena menjadi tempat sirkulasi udara masuk ke dalam rumah
  • Menjadikan Rumah Lebih Estetik, keunikan dari bentuk roster yang digunakan malah akan menambah keindahan rumah, berupa bayangan visual dari cahaya yang masuk
  • Proses Pemasangan yang Mudah, sama hal nya seperti memasang dinding bata biasa
  • Hemat energi, karena akan mengurangi penggunaan pendingin ruangan seperti AC dan lampu. Cahaya alami dari matahari dan angina yang masuk sebagai sirkulasi udara akan menggantikannya.

Kekurangan Partisi Rooster

  • Rongga-rongga seperti lubang ini memudahkan orang untuk mengintip ruangan atau rumah kita secara langsung
  • Kurang tepat penempatannya, maka bisa menyebabkan cahaya matahari yang masuk berlebihan
  • Rooster tidak bisa menjadi dinding utama dalam sebuah rumah, karena tidak mampu menahan beban atap.
  • Harus dipasang oleh orang yang ahli dan memahami rooster
  • Banyaknya debu dan kotoran yang masuk ke rumah melalui rongga lubang tersebut

Jenis-Jenis Partisi Roster

Seperti telah diulas sebelumnya, partisi roster yang menjadi bagian dari desain interior dan eksterior rumah kontemporer ini ada bervariasi. Diantaranya sebagai berikut:

Rooster Batako

Jenis rooster ini mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Warna yang tersedia biasanya warna abu-abu yang cocok untuk konsep rumah minimalis modern.

Roster batako biasanya sering dipasang sebagai desain eksterior rumah, yaitu menjadi bagian pembatas luar rumah. Gaya interior industrial, banyak yang menggunakan roster batako.

Rooster Kayu

Ingin menjadikan rumah kamu berkonsep minimalis dan modern, rooster kayu cocok menjadi bagian dari rumah kamu. Biasanya rooster kayu menjadi penghubung antar ruang di rumah. Perawatan rooster ini harus ekstra, karena rayap bisa saja menyerang.

Rooster Keramik

Rooster ada juga yang terbuat dari bahan keramik, dengan harga yang cukup mahal. Jenis rooster ini memiliki banyak motif yang cantik, baik dari segi warna hingga polanya.

Penggunaan roster keramik tentunya dianjurkan untuk dipasang di dalam rumah. Meskipun begitu, hati-hati karena keramik rentan pecah dan retak.

Rooster GRC

GRC atau Glassfibre reinforced concrete juga menjadi bahan roster yang dibentuk pola dan motifnya menggunakan mesin. GRC cukup kokoh dan tahan lama, meskipun bahannya ringan. Partisi GRC bisa dipasang sebagai dinding dalam interior rumah maupun eksterior rumah kita.

Rooster Tanah Liat

Roster yang berwarna coklat adalah partisi yang terbuat dari tanah liat. Warnanya yang lain daripada rooster lainnya, memberikan kesan yang indah dan eksotis pada rumah. Umumnya, rooster ini banyak digunakan sebagai eksterior rumah.

Rooster Beton

Partisi roster yang paling sering digunakan, karena memiliki rongga angina yang besar, dengan corak yang unik. Rongga pada roster beton dapat mengurangi sinar matahari terlalu terik, dan mengatur masuknya angina agar menjadi udara sejuk di area rumah.

Cara Memasang Roster dengan Benar 

  • Untuk memasang roster memang bisa dikerjakan oleh orang yang ahli di bidangnya. Namun, sekedar informasi, begini cara memasang roster yang benar:
  • Membutuhkan pondasi dan sloof mirip dengan pemasangan dinding bata. Agar lebih kuat, sisi-sisi rooster bisa ditahan dengan kolom
  • Jangan lupa untuk menggunakan benang, agar hasil akhir pemasangan roster bisa lebih lurus dan tertata dengan rapi
  • Saat menyusun rooster, pastikan menggunakan perekat seperti semen yang menempel rata di setiap bagian rooster yang akan dipasang
  • Gunakan plat besi untuk memperkuat partisi roster yang akan dibuat dinding pembatas di area rumah. 
  • Fungsi plat besi ini menghindarkan kita dari dorongan atau senggolan yang bisa membuat bangunan malah ambruk

Ingin pasang roster dari variasi bahan tadi untuk rumah kamu? Jangan bingung lagi, hubungi saja tanganketiga untuk jasa desain interior dan eksterior terbaik, dalam mewujudkan rumah idaman kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.