Tips & Trick

10 Tips Menghemat Biaya Konstruksi Rumah

Menghemat Biaya Konstruksi Rumah

Kamu yang memiliki budget terbatas untuk bangun rumah, harus tahu tips menghemat biaya konstruksi rumah agar bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Semakin banyak kaum muda yang ingin memiliki rumah impian. Rumah minimalis, rumah japandi, hingga rumah minimalis industrialis menjadi impian mereka.

Namun, masalah budget untuk bangun rumah dari nol, tentunya masih menjadi kendala bagi para kaum muda saat ini.

Tapi, kalau kamu tahu tips menghemat biaya konstruksi rumah, kamu tetap bisa membangun rumah impian sesuai dengan budget yang dimiliki.

Apa saja tips menghemat biaya konstruksi rumah yang harus diikuti? Siapa tahu, dengan tips ini kita segera bisa punya rumah impian:

Tips Menghemat Biaya Konstruksi Rumah

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, agar biaya konstruksi rumah bisa menjadi lebih hemat. Mulai dari lokasi, material bangunan, upah pekerja, proses pembangunan, dan lain sebagainnya.

Berikut ini 10 tips menghemat biaya konstruksi rumah:

  1. Menentukan Lahan Bangunan

Saat hendak membangun rumah, menentukan lahan bangunan adalah hal yang penting. Apakah harus lahan yang luas atau lahan yang kecil yang sesuai dengan budget kita.

Lahan dengan luas yang lebih kecil tentunya bisa lebih menghemat biaya konstruksi rumah. Rumah dengan ukuran yang relatif kecil bisa dibangun di atas lahan ini.

Dengan begitu, kelebihan lainnya yang didapatkan seperti lebih hemat biaya pajak, biaya pembangunan rumah, hingga upah pekerja.

  1. Memilih Tukang Bangunan

Setelah menentukan lahan untuk pembangunan rumah, tips menghemat biaya konstruksi rumah selanjutnya adalah mencari tukang bangunan.

Kita harus bisa selektif dalam memilih pekerja. Cara yang paling mudah adalah memilih jasa kontraktor profesional dan berkualitas. Namun, budget yang dikeluarkan akan lebih besar.

Alternatif lain untuk tetap bisa bangun rumah adalah menggunakan jasa tukang bangunan. Kita bisa bertanya pada teman yang berpengalaman memilih tukang bangunan terbaik bisa dilakukan.

  1. Pemilihan Material Atap

Tips menghemat biaya konstruksi rumah berikutnya, mulai dari pemilihan material atap yang akan digunakan.

Sebagai saran, dibandingkan menggunakan material bangunan beton cor dan rangka kayu untuk atap, sebaiknya pilih atap berbahan baja ringan saja.

Atap baja ringan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan beton. Selain itu pemasangan lebih mudah dan materialnya lebih ringan.

  1. Survey Material Bangunan

Setelah memilih jenis atap bangunan rumah, tips menghemat biaya konstruksi rumah berikutnya adalah dengan melakukan survey terhadap material bangunan yang akan digunakan.

Survey dilakukan dengan membandingkan harga material bangunan dari satu tempat dengan beberapa tempat lainnya.

Material bahan bangunan lokal bisa lebih hemat karena lebih murah dibandingkan bahan bangunan dari luar. Mintalah saran tukang bangunan terkait hal ini.

  1. Pembangunan Bertahap

Ketika ingin membangun rumah, proses pembangunan dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Budget yang harus dikeluarkan bisa jadi bertambah besar.

Tips menghemat biaya konstruksi rumah yang bisa dilakukan adalah dengan cara pembangunan bertahap.

Buat bagian pondasi rumah terlebih dulu, kemudian proses pembangunan, sesuai dengan budget yang dimiliki.

Meskipun waktu pembangunan juga cukup lama, setidaknya kamu bisa mengumpulkan uang tambahan terlebih dahulu. 

  1. Pilih Konsep Minimalis

Tips hemat biaya konstruksi rumah berikutnya bisa kamu lakukan dengan memilih konsep minimalis untuk hunian tersebut.

Minimalis identic dengan bangunan yang simple dengan bentuk kotak yang fungsional. Model rumah minimalis kini lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

  1. Finishing Dinding

Katakanlah proses pembangunan rumah sudah setengah jadi. Namun, budget untuk biaya pembangunan sudah mulai menipis.

Jika ada bagian dinding belum dilakukan finishing, maka bisa ditunda atau dibiarkan terlebih dahulu. Selain menjadi tips menghemat biaya konstruksi rumah, dinding tanpa finishing tetap estetik.

  1. Ornamen Kamar Mandi

Budget yang cukup besar biasanya harus dikeluarkan untuk menata bagian kamar mandi, agar menjadi lebih nyaman dan estetik.

Namun, jika kondisi budget terbatas tidak perlu dipaksakan. Misalnya, diantara bathtub atau shower mana yang harus dipilih ketika budget terbatas. Pemasangan shower sepertinya akan lebih hemat.

  1. Bahan Bangunan Lokal

Tips menghemat biaya konstruksi rumah juga bisa dilakukan dengan memilih bahan bangunan lokal. Material bambu dan kayu dari Indonesia juga memiliki kualitas yang bagus.

  1. Menggunakan Angka Genap

Tips menghemat biaya konstruksi rumah berikutnya adalah dengan menggunakan angka genap untuk ukuran bangunan.

Misalnya penggunaan bahan baja gunakan ukuran tiga, enam, dan Sembilan meter. Untuk bahan beton bisa menggunakan ukuran kelipatan empat saja. 

Jasa Kontraktor Rumah Profesional

Membangun dan memiliki rumah adalah salah satu bentuk investasi. Jika bisa membangun dengan tips menghemat biaya konstruksi rumah, bisa memberikan keuntungan bagi kita nantinya.

Membangun rumah menggunakan jasa kontraktor professional juga bisa menjadi pilihan, dengan kelebihan desain yang menarik dan pemilihan material yang bisa disesuaikan dengan budget.

Temukan keunggulan tersebut pada jasa kontraktor tanganketiga untuk bangun rumah impian yang sesuai budget.

Informasinya selengkapnya tentang tanganketiga bisa dilihat melalui website. Konsultasi seputar jasa desain interior dan konstruksi rumah bisa melalui whatsapp kami. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *