Tips & Trick

Yuk Menghitung Ukuran Keramik Lantai agar Tidak Over Budget!

Ukuran Keramik Lantai

Berapa sih ukuran keramik lantai yang cocok untuk rumah modern saat ini? Hal tersebut biasanya tergantung dengan seberapa besar ukuran ruangan dari setiap bangunan.

Keramik yang dipasang di kamar mandi, tentunya memiliki ukuran keramik yang berbeda dengan yang dipasang di ruang tamu.

Jika kamu pergi ke toko dan alat bangunan, disana biasanya dipajang keramik berbagai ukuran dengan motif yang disesuaikan.

Untuk ruang tamu, rata-rata ukuran keramik lantai yang digunakan adalah 30 X 30 atau 40 X 40 jika lebih luas. 

Ingin tahu lebih lengkap mengenai ukuran keramik lantai dan tips menentukan ukurannya, berikut selengkapnya:

Tips Menentukan Ukuran Keramik

Lantai dalam sebuah bangunan merupakan elemen penting yang harus diperhatikan, baik dari segi motif maupun ukurannya. Lantai yang tepat dengan motif cantik tentu akan memperindah ruangan.

Meskipun lantai hanya akan diinjak-injak pemilik rumahnya, tapi memilih ukuran keramik lantai tidak boleh sembarangan. Berikut ini tips menentukan ukuran keramik lantai :

Ukuran Keramik dengan Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli keramik lantai adalah mengukur seberapa luas ruangan yang akan dipasangi keramik.

Jika ukuran ruangan cukup besar, seperti ruangan keluarga, biasanya menggunakan ukuran keramik lantai 40 X 40 hingga 50 X 50.

Sedangkan jika ukuran ruangan menengah atau cenderung terbatas, ukuran keramik lantai yang digunakan sekitar 30 X 30 atau 25 X 25. Sebaiknya pilih dengan bijak jangan sembarangan.

Memilih Warna Keramik

Sudah yakin dengan ukuran keramik lantai yang akan dipakai, saatnya memilih warna keramik yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidaksesuaian antara ukuran keramik dan warna keramiknya.

Jika ruangan rumah sudah memiliki pencahayaan yang cukup baik, maka warna keramik yang natural bisa kamu pilih. Sebaliknya, jika pencahayaan ruangan kurang, pilihlah warna keramik lantai yang terang.

Tekstur Keramik

Jika ukuran keramik lantai dan warnanya sudah ditentukan, maka pastikan kamu memeriksa tekstur dari keramik tersebut. tekstur keramik biasanya ada yang matte dan glossy.

Untuk ruangan dapur atau kamar mandi, sebaiknya gunakan keramik lantai dengan tekstur yang matte agar anti slip dan aman ketika dipijak.

Memperhatikan Budget

Memiliki ruangan yang lebih luas tentunya akan membuat budget keramik lebih mahal dibandingkan ruangan yang lebih kecil. Menghitung anggaran keramik lantai wajib dilakukan.

Sebelum membeli dan menentukan ukuran keramik lantai, pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga keramik lantai di setiap ukurannya.

Menentukan jumlah keramik dan ukuran keramik lantai yang akan digunakan ternyata ada rumusnya. Berikut ulasan dan perhitungan selengkapnya:

Jadi, sebelum memasuki tahap menentukan ukuran keramik lantai, ternyata kita harus menghitung terlebih dahulu berapa kebutuhan keramik yang diperlukan dengan rumus matematika.

Yang harus dilakukan adalah dengan mengalikan ukuran luas lantai dengan luas keramik setiap dus nya. Misalnya, jika kamu ingin memasang keramik lantai dengan bentuk persegi panjang ukuran 5 X 8 meter saja.

Kemudian saat ke toko bangunan, kamu membeli ukuran keramik lantai 30 X 30, maka perhitungannya sebagai berikut:

Luas lantai setelah pengukuran = 5 X 8 = 40 m2

Luas keramik tiap dus = 0.9801 meter

Kebutuhan keramik lantai sebanyak = 40 x 0.9801 = 39.204 dus

Atau dibulatkan saja menjadi = 40 dus

Dalam praktiknya, memasang keramik lantai mungkin saja mengalami beberapa hal seperti kekurangan keramik atau keramik pecah.

Untuk menentukan perhitungan ukuran keramik lantai untuk kasus seperti itu, misalnya dengan sumsi ukuran keramik lantai 35 X 35 dan berisi 20 per kotaknya,  dapat dihitung dengan cara sebagai berikut:

Luas lantai setelah diukur = 8 X 8 = 64m2

Konversi ukuran keramik : 35 cm = 0.35 cm

Luas keramik = 0.35 X 0.35 X 20 buah = 2.45 m2

Keramik yang diperlukan = 64 m2 X 2.45 m2 = 156.8 krat atau dibulatkan menjadi 157 krat

Jika khawatir ada kasus keramik lantai pecah atau rusak, maka asumsikan sebanyak 6% untuk setiap luas yang kurang dari 10 kotak dan sekitar 3% untuk luas lantai lebih dari 5 kotak.

Tambahkan juga sebanyak 5% untuk keramik cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan

Menentukan ukuran keramik lantai ternyata harus melalui perhitungan terlebih dulu. Dengan begitu, jumlah keramik yang digunakan tidak akan berlebihan sehingga menjadi tidak terpakai. 

Urusan melakukan pengukuran sebelum pemasangan keramik dilakukan biasa dilakukan oleh pekerja khusus dari jasa arsitek atau jasa kontraktor yang dipilih. 

Kita hanya berkonsultasi saja dengan jasa kontraktor tersebut mengenai berbagai hal penting sebelum membangun atau merenovasi rumah, termasuk mengukur dan memasang lantai pada bangunan. 

Untuk itu, tanganketiga sebagai jasa desain interior dan eksterior juga jasa konstruksi bangunan siap membantu konsumen yang ingin melakukan pembangunan atau renovasi rumah yang sesuai keinginan. Konsultasikan dengan tanganketiga sekarang! 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *