Tips & Trick

Inilah Pekerjaan Finishing Rumah yang Harus Anda Tahu

Pekerjaan Finishing

Pekerjaan finishing bangunan adalah hal yang pasti ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang menantikan rumah impiannya selesai dibangun.

Tahapan akhir dalam rangkaian pembangunan rumah idaman ini, akan menentukan apakah rumah tersebut menjadi indah dan cantik atau masih ada kekurangan.

Pada tahap akhir ini, tampilan dan kesan rumah atau bangunan secara keseluruhan akan dilihat dan dinilai oleh pemilik bangunan.

Apa Itu Pekerjaan Finishing?

Istilah pekerjaan finishing dalam lingkup bangunan adalah suatu pekerjaan akhir dalam pembuatan bangunan, jalan, jembatan, dan lain sebagainnya.

Pekerjaan finishing memiliki pengertian sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh tukang bangunan, untuk menghaluskan serta menambah beberapa aksesoris bangunan.

Pekerjaan tahap akhir dalam pembangunan ini biasanya juga membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, harus benar-benar diperhitungkan agar tidak terjadi pemborosan.

Fungsi Finishing Bangunan

Ketika ingin memiliki rumah impian, tentunya kita juga harus bisa menilai, seberapa bagus pekerjaan finishing yang dilakukan jasa kontraktor atau tukang bangunan yang kita pekerjakan.

Adapun beberapa fungsi pekerjaan finishing yang dilakukan sebagai berikut:

  • Untuk menambah nilai keindahan pada suatu bangunan secara keseluruhan agar tampak menarik
  • Untuk menjadikan semua bagian konstruksi terlihat rapi dan sempurna, sesuai standar yang diberlakukan.
  • Untuk membantu melapisi beberapa bagian yang akan tampil ketika rumah dilihat orang lain.
  • Agar keawetan bangunan atau gedung menjadi lebih lama.

Jenis Finishing

Sebenarnya pekerjaan finishing dalam bangunan itu apa saja sih? Apakah hanya proses merapikan cat dinding dan memoles lantai bangunan saja? Berikut ulasan selengkapnya:

Plester / Acian

Pekerjaan finishing yang pertama adalah proses plester atau acian. Dalam proses akhir ini, tukang bangunan akan melakukan plesteran lalu acian untuk menutup pori-pori yang masih terlihat.

Umumnya proses akhir ini diterapkan pada dinding bangunan agar tampak lebih rapi dan halus ketika disentuh.

Plesteran umumnya dilakukan ketika bata-bata telah terpasang. Sedangkan acian biasanya dilakukan setelah plesteran agar hasilnya menjadi lebih halus.

Pengecatan

Proses pekerjaan finishing selanjutnya adalah pengecatan. Tahap akhir ini dilakukan dengan melapisi benda logam maupun non logam.

Pengecatan dilakukan untuk melapisi dan memperindah tampilan agar sesuai dengan konsep bangunan. Tukang bangunan yang berpengalaman akan mengetahui tentang ketahanan cat terkait.

Ketahanan suatu cat dalam tahapan ini biasanya dipengaruhi oleh bagaimana cat tersebut menempel pada material yang akan diberikan cat.

Pemasangan Kusen

Pemasangan kusen dalam suatu bangunan juga merupakan tahap pekerjaan finishing. Kusen merupakan rangka yang terbuat dari balok kayu atau bahan lainnya.

Pemasangan kusen sebaiknya dilakukan saat tekstur kusennya sudah halus, sudah rata, begitu juga dengan sikunya. Kemudian, panjang dan lebarnya juga harus pas dengan kondisi tembok yang akan dipasangi.

Pemasangan Pintu dan Jendela

Sama seperti memasang kusen, memasang pintu dan jendela juga merupakan rangkaian pekerjaan finishing dalam suatu bangunan, baik itu rumah, kantor, dan lain sebagainnya.

Untuk memasang jendela, tentunya harus ditentukan terlebih dulu ukuran lebar dan tinggi kusennya. Pastikan diberikan kelonggaran dengan ukuran 3 – 5 mm bagian lebar dan tingginya.

Jangan lupa dengan engsel yang akan dibutuhkan sebagai pengait dari jendela dan pintu agar bisa ditutup dan dibuka dengan mudah.

Flooring

Pekerjaan finishing flooring juga merupakan rangkaian tahap air dari proses finishing di rumah atau bangunan baru.

Flooring adalah tahapan dimana tukang bangunan akan melakukan acian atau plesteran pada bagian lantai. Tujuannya agar bagian lantai tersebut lebih bersih dan mengkilap.

Jika kamu pernah melihat rumah atau kantor dengan kondisi lantai yang bersih dan mengkilap, maka pekerjaan finishing bagian lantainya berarti sudah bagus. 

Baca juga : 8 Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri di Rumah

Ceiling Plafon

Plafon ceiling juga merupakan tahapan akhir untuk memasang plafon di sebuah rumah. Dengan pemasangan ini, diharapkan rumah menjadi lebih nyaman dan tampak lebih leluasa. 

Finishing ceiling lebih difokuskan pada pemasangan plafon di bagian langit-langit bangunan atau rumah. Pekerjaan finishing ini bisa menampilkan kesan rumah minimalis yang mewah dan rapi.

Hasil akhir Tergantung Tangan Tukangnya

Ketika membangun sebuah rumah atau jenis bangunan lainnya, bagus dan indahnya keseluruhan bangunan tersebut dapat dilihat dari hasil pekerjaan finishingnya. 

Ketika pengecatan, plafon, plesteran, flooring, hingga pemasangan pintu dan jendela bangunan tersebut tampak indah dan sempurna, maka tukang bangunan atau jasa arsitek yang dipilih sudah tepat.

Menggunakan jasa kontraktor atau jasa renovasi rumah adalah solusi untuk membangun rumah impian dengan lebih cepat, sesuai keinginan, dan sesuai budget. 

tanganketiga adalah salah satu jasa kontraktor, jasa renovasi rumah, jasa interior dan eksterior desain Kuningan, yang siap membantu kamu dalam urusan membangun rumah dengan pekerjaan finishing yang bagus. 

Kamu bisa melihat portfolio pekerjaan kami, sebagai bahan pertimbangan mencari tukang bangunan dengan pekerjaan finishing yang baik. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut!

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.