Tak Berkategori

5 Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor Pada Rumah Modern

Dapur Bersih Kotor

Apa saja perbedaan dapur bersih dan dapur kotor itu? Sebelum membahasnya, coba perhatikan ada berapa dapur di rumahmu?

Umumnya, kebanyakan rumah hanya memiliki satu dapur saja. Padahal, idealnya rumah modern harus memiliki dua jenis dapur, yaitu dapur bersih dan dapur kotor. 

Kedua jenis dapur ini tentu memiliki perbedaan. Di balik beberapa perbedaan itu, persamaan dari dapur bersih dan dapur kotor adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga di rumah.

Bentuk- Bentuk Dapur

Dilihat dari segi interior desain-nya, dapur di rumah ternyata terbagi dalam beberapa bentuk. Bentuk- bentuk dapur ini disesuaikan dengan fungsi dan bentuk bangunannya. Berikut ini beberapa bentuk -bentuk dapur di rumah:

Bentuk Dapur “I”

Bentuk dapur yang pertama adalah bentuk lurus membentuk huruf I. dapur ini memiliki satu dinding. Secara otomatis, posisi kompor, kulkas, hingga tempat cuci piring berada di garis lurus yang sama.

Bentuk dapur lurus seperti ini memang kurang indah dan kurang efektif. Meskipun begitu, bentuk dapur lurus dapat lebih menghemat space di dalam rumah. 

Bentuk Dapur “L”

Selanjutnya ada dapur berbentuk L yang biasanya dijadikan bentuk dapur di komplek perumahan. Desain dapur L ini cocok diletakan menyatu dengan ruangan lainnya seperti ruang keluarga. 

Dapur L memiliki dua sisi dinding untuk sandaran peralatan dapur. Kulkas akan bisa diletakan pada bagian sisi yang lebih lebar, sementara tempat cuci piring dan kompor berada di posisi siku-siku L dapur ini. 

Bentuk Dapur U

Bentuk dapur U merupakan bentuk dapur yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, bentuk dapur seperti ini sangat efisien dari segi jarak untuk mempersiapkan makanan. 

Posisi tempat mencuci piring, kompor, hingga kulkas akan diletakan pada dinding dan membentuk segitiga. Rumah berbentuk persegi sangat cocok menggunakan bentuk dapur ini. 

Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

Dalam dunia desain interior, dapur bukan sekedar tempat untuk memasak saja. Idealnya, rumah modern harus memiliki dua jenis dapur, yaitu dapur bersih dan dapur kotor.

Lalu apa saja perbedaan antara dapur bersih dan dapur kotor? Apakah kedua jenis dapur ini berbeda karena tingkat kebersihannya? Berikut ulasan selengkapnya:

Berbeda Fungsinya

Dapur bersih dan dapur kotor tentunya memiliki perbedaan fungsi. Dapur bersih fungsinya untuk dipakai saat memasak jenis masakan yang ringan, mudah, dan cepat saji seperti menghangatkan makanan, memotong buah-buahan atau membuat minuman sederhana.

Sedangkan dapur kotor fungsinya dipakai untuk kegiatan memasak yang merepotkan, banyak bumbu, mengolah makanan dari mentah hingga jadi, sekaligus membuat bumbu masaknya.

Perbedaan Peralatan Dapur

Memiliki fungsi yang beda, perbedaan dapur bersih dan dapur kotor juga terlihat dari peralatan dapur yang digunakan.

Di dapur bersih, peralatan masak yang digunakan lebih sedikit dan bersifat mendasar. Beberapa peralatan tersebut seperti kompor, microwave, blender, pisau, sendok, garpu, dan lain lain.

Sementara di dapur kotor, peralatan masak yang harus ada akan lebih lengkap. Peralatan dan alat elektronik yang ada di dapur kotor seperti oven, kulkas, kompor, panci, wajan, dan sebagainya.

Perbedaan Desain

Dilihat dari sisi desain interiornya, perbedaan dapur bersih dan dapur kotor juga bisa terlihat jelas. Dapur bersih akan dibuat agar selalu bersih dan rapi, dan terletak di area dekat ruang tamu.

Sementara dapur kotor biasanya akan diletakan secara terpisah, lebih tepatnya di area belakang rumah. Dapur kotor di desain agar terkesan tersembunyi dari area utama rumah.

Dapur kotor juga harus memiliki sirkulasi udara yang luas dan besar, karena kegiatan memasakan yang cukup komplek akan sering terjadi di sana.

Perbedaan Lokasi

Seperti telah diulas sebelumnya, letak dapur bersih dan dapur kotor memang berbeda. Untuk dapur bersih, letaknya ada di dalam rumah dan menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga di rumah.

Sedangkan dapur kotor itu akan ditempatkan di area yang terpisah dan cukup jauh dari ruangan utama. Alasannya, dapur kotor ini sering terkena minyak atau sisa-sisa olahan makanan ketika repot memasak.  

Perbedaan Jangkauan

Dapur kotor dan dapur bersih juga berbeda jangkauanya dari ruangan lain di dalam rumah. Dapur bersih umumnya akan dekat dengan ruangan lain atau berada di dalam area ruangan utama rumah.

Desain Dapur Kotor dan Dapur Bersih 

Sementara dapur kotor biasanya diletakan lebih jauh dari area utama rumah. Dapur kotor bisa berada di area belakang rumah dekat taman, atau di basement.

Perbedaan jangkauan ini tentunya bertujuan agar kegiatan memasak yang cukup rumit, tidak terganggu dan aroma masakan juga tidak masuk hingga ke dalam rumah. 

Sekarang sudah tahu kan apa saja perbedaan dapur kotor dan dapur bersih. Meskipun keduanya berbeda fungsi, pastikan desain interior kedua dapur ini tetap bagus dan menarik.

Bingung menentukan desain dapur kotor dan dapur bersih atau ingin merubah desain dapur lama kamu? Serahkan saja pada tanganketiga kita jadikan dapur bersih dan dapur kotor kamu lebih indah dan nyaman.

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.