Tips & Trick

TIPS DAPUR BERSIH DAN RAPIH

Kunci dalam mempertahankan dapur sederhana dan rapih adalah dengan pembersihan rutin alias perawatan harian.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan setiap harinya dalam skala kecil dan minimal, tetapi punya efek besar untuk penampilan dapur sederhana dan rapi.

Jadi buat kalian yang mendambakan dapur sederhana dan rapi, berikut tips yang bisa kamu praktekkan setiap harinya.

Mimin jamin, kamu bisa lebih bahagia melihat dapur sederhan dan rapi hasil perawatan kamu!

  1. Pastikan Permukaan Meja Bersih

Permukaan meja dapur yang bersih adalah kunci yang penting untuk penampilan dapur sederhana dan bersih. Selain rajin membersihkan dengan benar dan seksama, pastikan juga tidak banyak dekorasi tak penting di atas permukaan meja dapur kamu.

Selain permukaan meja dapur, bersihkan juga permukaan lainnya, seperti rak gantung dan cabinet. Dengan demikian, dapurmu akan bersih secara menyeluruh.

  1. Perawatan Rutin Untuk Perangkat Masak

Jangan abaikan penghuni dapur sederhana kamu. Perangkat masak seperti panci, kuali atau pot masak juga butuh servis bulanan supaya terlihat tetap kilat da berfungsi dengan sempurna. Idealnya, dapur sederhana dan rapi kamu bisa berjalan semakin mulus dengan perawatan rutin minimal 1 kali dalam sebulan.

  1. Kelompokkan Peralatan Dapur Sesuai Jenisnya

Sebaiknya piring, gelas, dan dining ware diletakan di satu area yang berdekatan. Akan lebih baik jika berada di antara area penyajian dan meja makan, sehingga mobilitas kamu akan lebih efisien. Begitu pula dengan panci, wajan, pisau masak, bumbu dapur, dan sejenisnya. Letakan berdekatan dengan kompor agar memudahkan proses memasak.

  1. Perbanyak Laci

Saat menggunakan rak, biasanya Anda cenderung menaruh barang yang jarang terpakai di sisi dalam. Bahkan, terkadang kamu lupa pernah memilikinya karena tidak terlihat. Dengan menggunakan laci, setiap sudut akan mudah diakses.

  1. Maksimalkan Ruang Bawah Sink

Meski terdapat pipa pembuangan, kamu tetap saja bisa berkreasi dengan membuat lemari penyimpanan yang disesuaikan dengan ruang di area bawah sink ini sebagai tempat penyimpanan sponge cuci piring, lap, sikat, atau, kalau kamu memilih untuk membiarkannya tanpa lemari bersekat, bisa dibuat untuk meletakkan alat-alat dapur, misalnya tong sampah, cairan pembersih lantai, cairan pencuci piring, panci berukuran besar, nampan dan sebagainya.

  1. Selamat Tinggal Sampah Bau.

Laci khusus tempat sampah bisa jadi ide untuk menghindari lalat dan bau yang mengganggu. Sistem ini bisa membuat dapur Anda terlihat bersih, walaupun membuang sampah tetap harus rutin agar tidak menimbun bau di dalam laci. Untuk menjaga lingkungan, pisahkan sampah basah dan kering dan cari keranjang tempat sampah yang berukuran besar yang sudah dilengkapi dengan penutup yang erat supaya bau tak sedap akan jauh dari dapur sederhana dan rapi.  Selamatkan dunia, mulai dari rumah kamu.

  1. Langsung Bersihkan Barang-Barang Setelah Dipakai 

Melihat dapur bersih setelah selesai memasak itu rasanya bikin hati senang. Gak ada tumpukan sisa bahan makanan atau noda cipratan bumbu yang berserakan di mana-mana. Supaya bisa seperti itu maka kamu harus rajin membersihkan barang-barang setelah dipakai. Jangan ditunda apalagi ditumpuk, tapi langsung bersihkan satu per satu biar lebih ringan.

  1. Senjata Bersih-Bersih Yang Ampuh

Dapur sederhana dan rapi diawali dengan perangkat bersih-bersih yang tepat. Siapkan diri dengan jenis-jenis sikat serta sapu dan pel yang tepat supaya dapur terlihat bersih setiap saat.

Jangan lupa untuk simpan senjata ampuh kamu ini si sebuah kotak penyimpanan terpisah dan letakkan di bagian bawah atau rak wastafel, laci khusus ataupun dalam ember. Hal ini tentunya supaya dapur kamu tetap terlihat adem tanpa ada benda-benda yang menggangu pemandangan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *