Tips & Trick

Simak 6 Cara Menutupi Dinding yang Jelek agar Jadi Indah Kembali!

Menutupi Dinding yang Jelek

Jangan khawatir jika menemukan dinding tembok yang retak atau terkelupas karena cara menutupi dinding jelek seperti itu ternyata cukup mudah.

Kondisi dinding yang terlihat jelek karena terjadi pengelupasan cat, retak yang cukup parah, terkena noda hingga berlumut membuat dinding rumah kehilangan keindahannya.

Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus diperbaiki. Tujuannya  agar tingkat kerusakanya tidak semakin meluas. 

Kita bisa memperbaikinya dengan cara menutupi dinding yang jelek dengan cukup mudah, menggunakan cara yang kreatif sehingga tetap mempercantik ruangan.

Penyebab Dinding Rusak dan Jelek

Apa penyebab dinding rusak dan jelek? Hal ini bisa karena faktor alami dan juga faktor buatan. Biasanya, dinding menjadi mudah retak dan rusak karena proses pembangunan tembok di awal kurang maksimal. Berikut ini beberapa alasan lengkapnya:

  • Dinding retak karena saat proses pengacian dan plesteran terlalu banyak campuran air sehingga proses pengeringan kurang sempurna.
  • Dinding yang berlumut diakibatkan adanya jamur di area dinding tersebut. Penyebabnya adalah kondisi cuaca yang lembab dan sama sekali tidak terkena paparan sinar matahari. Dinding berlumut juga bisa terjadi karena kebocoran dan air yang mengalir di area tersebut.
  • Cat dinding mudah terkelupas membuat dinding menjadi jelek. Penyebabnya adalah kondisi tembok yang kotor serta banyak mengandung debu. 

Cara Menutupi Dinding yang Jelek

Dalam bangunan rumah, dinding merupakan point yang paling dominan, sehingga apapun yang terjadi pada tembok dinding rumah, akan mempengaruhi suasana rumah itu sendiri.

Kerusakan yang terjadi pada dinding tembok, baik itu berupa retakan, lumutan, hingga kotor dan terkelupas, bisa diakali dengan beberapa cara kreatif berikut ini:

Tutupi dengan Keramik

Siapa bilang kalau keramik hanya untuk melapisi lantai kamar mandi saja? Keramik terdiri dari berbagai jenis, dan salah satunya adalah jenis batu alam yang bisa dijadikan pelapis dinding yang jelek.

Keramik batu alam memiliki corak yang cantik dan bisa disesuaikan dengan konsep desain interior yang digunakan dalam rumah. Pastikan menggunakan semen mortar untuk melapisi dinding yang rusak dan jelek di rumah.

Panel Dinding

Cara menutupi dinding yang jelek berikutnya bisa menggunakan panel dinding. Wall panel atau panel dinding ini biasanya tersedia dalam berbagai motif dan struktur yang cantik.

Pelapis dinding seperti panel ini juga cocok untuk menutupi bagian dinding yang jelek karena lumut atau pengelupasan. Panel yang digunakan bisa yang terbuat dari bahan kayu atau beton sesuai keinginan.

Gunakan Cermin

Ketika menemukan kondisi dinding yang jelek di dalam rumah, kamu bisa menyiasatinya dengan menempelkan dekorasi yang cantik dan unik seperti cermin misalnya.

Bukan hanya sebagai dekorasi, cermin juga memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas. Sebaiknya gunakan cermin yang sesuai dengan bentuk dinding rumah kamu, baik itu modelnya hingga ukurannya.

Pajangan Lukisan atau Gambar

Cara menutupi dinding yang jelek yang paling sering dilakukan adalah dengan menggantungkan pajangan atau lukisan untuk menutupinya dengan sempurna.

Jika ingin menutupi dinding jelek dengan lebih kreatif, bukan hanya lukisan, kamu juga bisa mencoba memasang kolase foto yang cantik agar ruangan menjadi semakin nyaman dan estetik.

Mengecat Kembali

Cara menutupi dinding yang jelek di bagian rumah yaitu dengan mengecatnya kembali. Namun, sebaiknya jangan menggunakan cat biasa karena itu akan memakan banyak waktu.

Kamu bisa menutupi bagian dinding yang jelek dengan menggunakan cat bertekstur ragged, washed dan lain sebagainya. Cat seperti ini bisa memberikan kesan rata dan rapi pada dinding yang retak sebelumnya.

Jika belum cukup dengan menggunakan cat bertekstur saja, cara menutupi dinding yang jelek juga bisa ditambahkan dengan berkreasi membuat pola dan warna pada dinding tersebut. Ciptakan kreatifitas kamu di sini.

Memasang Wallpaper

Cara menutupi dinding yang jelek sehingga menjadi cantik kembali adalah dengan memasang wallpaper. Wallpaper yang memiliki motif cantik dan beragam ini cocok untuk menutupi bagian rusak pada dinding.

Ada yang harus diperhatikan ketika penempelan wallpaper, pemasangannya harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya rapi dan sempurna dalam menutupi dinding yang rusak atau jelek tersebut.

Atasi Dinding Rusak dengan Jasa Desain Interior 

Tembok dinding rumah merupakan bagian dari interior yang mampu menunjukkan keindahan suatu hunian. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kondisi dinding di rumah harus selalu bagus dan indah.

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk perawatan dinding tembok rumah retak dan rusak, serahkan saja kepada jasa desain interior Kuningan, tanganketiga. 

Jasa desain interior tanganketiga  sudah berpengalaman menangani interior dan eksterior desain rumah, cafe, villa dan lain sebagainnya. 

Ingin mengatasi masalah dinding yang rusak tapi tidak tahu cara menutupi dinding yang jelek tersebut? segera hubungi kami tanganketiga melalui whatsApp atau website kami di sini. 

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.