Tips & Trick

4 Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka

Kelebihan tata Ruang Kantor Terbuka

Apa yang menjadi kelebihan tata ruang kantor terbuka dibandingkan tata ruang kantor yang tertutup? Hal ini ternyata memiliki alasan dan dampak tersendiri bagi para pekerjanya. 

Jika dulu perkantoran identik dengan ruangan yang tertutup dan lebih privat, trend yang berkembang sekarang adalah tata ruang kantor terbuka yang lebih transparan. 

Hal ini banyak ditunjukan perusahaan-perusahaan rintisan dengan berbagai desain kantor terbaiknya. Para karyawan juga lebih mudah untuk berkoordinasi masalah pekerjaan. 

Seperti apa kelebihan tata ruang kantor terbuka dan apakah ada kekurangannya? Berikut ini ulasan selengkapnya:

Apa Itu Tata Ruang Kantor Terbuka?

Tata ruang kantor terbuka saat ini begitu populer sebagai ruang kerja karyawan yang berusia muda hingga para ekspatriat.

Tata ruang kantor terbuka adalah sebuah kantor yang dimana tidak terlihat adanya sekat atau pemisah antara ruangan, sesama tim kerja, hingga antar karyawan itu sendiri.

Kantor dengan tata ruang terbuka ini dianggap lebih memudahkan para karyawan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi, sehingga pekerjaan tim bisa lebih lancar dan mudah.

Jika biasanya kita menemukan banyak meja kantor, mesin-mesin dan perlengkapan kerja lainnya, maka dalam tata ruang kantor terbuka, penyimpanan benda tersebut dibuatkan tempat khusus.

Selain itu, agar ketika menerapkan konsep tata ruang kantor terbuka suasana kerja menjadi lebih transparan, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti:

  • Cahaya, layout kantor yang terbuka juga dilengkapi sistem pencahayaan yang senatural mungkin. Artinya, cahaya yang masuk ke ruangan kantor cukup dan tidak terlalu kontras, atau mengganggu mata kita.
  • Warna, penerapan warna di dalam ruangan kantor dengan konsep terbuka juga mempengaruhi kondisi emosional para pekerjanya. Layout kantor bisa menggunakan warna hijau, kuning, atau biru yang selaras
  • Udara, ruang kantor terbuka juga harus memiliki saluran udara yang baik. Sistem udara yang kurang maksimal malah akan membuat para pekerja mudah mengalami kelelahan.  Jika satu ruangan terdapat cukup banyak karyawan, maka perhatikan sirkulasi udara di ruangan tersebut.
  • Suara, ruangan kantor yang terlalu bising tentunya dapat mengurangi konsentrasi kerja para karyawan.

Untuk meredamnya tata ruang kantor terbuka mesti menggunakan interior kayu atau karpet agar bisa meredam suara dengan baik.

  • Privacy, konsep tata ruang kantor terbuka mungkin tidak memiliki banyak sekat, tapi tetap harus memiliki ruangan khusus untuk meeting penting. 

Biasanya ruangan ini hanya menggunakan pembatas material kaca. Cukup tambahkan stiker agar mengurangi efek visual secara langsung untuk privacy.

  • Budaya, konsep tata ruang kantor terbuka seperti yang sedang trend saat ini, juga biasanya tergantung dengan budaya perusahaannya. 

Jika perusahaan ini fokus pada hal kreatif, dinamis, dan inovatif, maka konsep layout terbuka ini memang cocok untuk digunakan.

Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka

Adanya penerapan konsep tata ruang kantor terbuka ini, tentunya hasil dari kajian beberapa ilmu seperti ilmu psikologi, ilmu arsitektur, ilmu engineering, hingga ilmu desain.

Konsep tata ruang kantor terbuka ini dianggap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti apa, berikut ulasannya:

Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka

  • Dalam hal pembagian ruangan akan lebih efisien karena tidak terlalu banyak sekat di dalamnya
  • Manager perusahaan atau yang bertanggung jawab melakukan pengawasan juga akan lebih mudah dalam mengawasi kinerja para karyawan
  • Kerja sama tim sesame karyawan juga menjadi lebih mudah, khususnya saat melakukan koordinasi
  • Kondisi ruangan kantor lebih mudah dirawat dan menjadi lebih fleksibel saat akan ditata ulang menjadi konsep atau desain baru

Meskipun beberapa keunggulan tersebut bisa didapatkan sebagai kelebihan tata ruang kantor terbuka, terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki, seperti:

  • Suasana ruangan kantor cenderung lebih berisik atau gaduh karena tidak memiliki sekat khusus
  • Tidak adanya privacy antar karyawan satu sama lainnya
  • Dalam hal penyebaran penyakit, mungkin akan lebih mudah menular jika tidak ada sekat sama sekali
  • Fasilitas mungkin harus digunakan secara bersama-sama
  • Kondisi ruangan kantor akan lebih mudah berantakan

Jika ingin merubah desain kantor lama menjadi ruang kantor terbuka, pastikan desain ini memang sesuai dengan konsep perusahaan yang dijalankan. Adapun beberapa contoh layoutnya sebagai berikut:

  • Layout Coworking Spaces Ukuran Medium, konsep kantor ruangan terbuka dengan meja berjejer yang rapi, hanya membutuhkan satu ruangan besar
  • Industrial Concept, ruang kantor terbuka dengan berbagai desain seperti unsur material kayu, beton warna gelap hingga kesan bangunan yang belum jadi.
  • Desain Minimalis, Seperti apa tata ruang kantor terbuka yang minimalis? Tentunya tidak terkesan berlebihan, serta menggunakan warna-warna yang cerah dan alami seperti coklat muda misalnya.
  • Kantor Terpusat, ruang kantor terbuka yang menggabungkan kantor terbuka dan kantor tertutup. Hasilnya, ruangan kantor yang tertutup lebih menjaga privacy seperti saat meeting dilakukan.

Dengan mempertimbangkan kelebihan tata ruang kantor terbuka, juga kekurangannya, kita bisa menentukan dengan tepat desain kantor seperti apa yang cocok untuk perusahaan yang sedang dijalankan.

tanganketiga memiliki layanan jasa desain interior kantor dan bangunan komersil lainnya. Kami akan memberikan Anda desain yang unik dan inovatif sesuai dengan kebutuhan perkantoran Anda. Segera konsultasikan kepada kami agar kami bisa survey ke tempat Anda.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *