Tips & Trick

6 Fungsi Plamir Tembok Bikin Warna Cat Terang dan Solid

Plamir Tembok

Apa saja fungsi plamir tembok? Adukan pasir dan semen biasanya akan dioleskan dengan tujuan agar cat dinding tembok lebih menempel dan tahan lama, itulah teknik plamir.

Plamir tembok adalah proses yang dilakukan dalam rangkaian membangun dinding tembok rumah atau sebuah bangunan. 

Tembok yang telah di cat dengan warna-warni khusus ternyata belum tentu bisa tahan lama, jika belum dilakukan plamir. Apa saja fungsi plamir tembok itu, selengkapnya di sini:

Plamir Tembok Adalah

Plamir tembok adalah proses sebelum pengecatan, yang dilakukan dengan cara melapisi tembok dengan material khusus.

Teknik plamir tembok ini sering disamakan dengan acian, padahal keduanya memiliki sedikit perbedaan dalam hal adukan bahan yang digunakan.

Teknik plamir umumnya melapisi bagian tembok dengan campuran bahan pasir dan semen, sedangkan proses pengacian hanya menggunakan bahan semen saja.

Fungsi plamir tembok yang utama adalah untuk menjaga agar cat tembok yang dipakai menjadi lebih menempel dan lebih awet di dinding.

Cara Plamir Tembok

Sebelum mengetahui apa saja fungsi plamir tembok itu, berikut ini beberapa cara plamir tembok yang biasa dilakukan oleh jasa tukang cat berpengalaman:

  • Membersihkan tembok, bersihkan dinding tembok dari debu dan kotoran yang mengganggu
  • Membuat adukan plamir, bahan plamir sudah tersedia di toko bangunan dengan harga yang cukup terjangkau
  • Aplikasikan plamir, dengan menggunakan kape aplikasikan plamir dengan dioleskan ke tembok dari atas ke bawah
  • Proses pengeringan, tunggu hingga 24 jam agar hasil plamir benar-benar menempel sempurna
  • Amplas bagian dinding, setelah plamir dinding kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas khusus ke seluruh bagian dinding
  • Lakukan pengecekan akhir, cek apakah kondisi dinding sudah halus dan rata hingga tidak ada permukaan yang kasar

Setelah tembok di plamir, lalu bagaimana cara mengecat tembok tersebut? Sama hal nya seperti peralatan mengecat pada umumnya, kamu bisa menggunakan Roller dan Kuas kecil.

Setelah dinding tembok dilapisi plamir, kita masih bisa menambahkan primer agar hasil pengaplikasian plamir ini menjaga keawetan dinding bangunan tersebut.

Fungsi Plamir Tembok

Selain dapat menjaga keawetan cat yang diaplikasikan pada tembok, teknik plamir juga memiliki fungsi penting lainya, seperti:

Menutupi Warna Tembok

Fungsi plamir tembok tentunya untuk menutupi warna asli atau warna lama dari dinding tembok sebuah bangunan.

Pengecatan yang dilakukan tanpa plamir dapat mempengaruhi warna cat tembok yang dipilih. Warna cat tanpa teknik plamir akan tampak lebih kusam dan cenderung gelap.

Menutupi Celah dan Pori Pada Tembok

Fungsi plamir tembok selanjutnya adalah dapat menutupi celah dan bagian pori di seluruh tembok. Ketika tembok sudah di plamir, maka dinding itu siap di cat dengan hasil yang maksimal.

Ketika teknik plamir diaplikasikan, secara otomatis celah-celah di area tembok juga akan tertutup dengan sempurna, sehingga hasil cat akan lebih halus dan memunculkan warna yang lebih bagus.

Tembok Halus dan Rata

Itulah fungsi plamir tembok yang paling mudah dikenali, yaitu permukaan tembok yang lebih halus dan lebih rata. Plamir yang diaplikasikan berfungsi sebagai lapisan dasar tembok tersebut.

Warna Cat yang Lebih Bagus

Dinding tembok yang sudah dilapisi adukan semen dan pasir sebagai plamirnya, secara otomatis dapat membuat warna cat dinding yang diaplikasikan menjadi solid dan terang.

Warna cat akan terlihat lebih cerah, lebih halus, sesuai dengan warna asli dari kaleng cat dindingnya. Tentunya ini akan membuat rumah lebih nyaman dan sesuai keinginan.

Cat Lebih Tahan Lama

Teknik plamir pada dinding tembok juga dapat membuat cat yang diaplikasikan lebih tahan lama. Fungsi plamir tembok ini tentunya membuat kita tidak perlu sering mengganti cat.

Selain itu, menggunakan teknik plamir pada dinding tembok juga dapat mencegah cat yang mudah terkelupas, yang dapat mengurangi nilai estetik dalam suatu bangunan. 

Lebih Hemat Cat

Proses pengecatan dengan menggunakan teknik plamir terlebih dulu akan menjadi lebih cepat. Warna yang terang dan solid juga semakin terpancar di dinding tembok yang sudah di cat.

Warna cat dinding tidak langsung bersentuhan dengan dinding temboknya, sehingga warna cat akan lebih seragam dengan warna yang membayang. Cat yang diperlukan juga lebih hemat, karena tidak perlu melakukan cat berulang.  

Jasa Arsitektur Rumah di Kuningan 

Salah satu unsur estetik di rumah adalah pewarnaan cat tembok dengan warna yang terang dan solid. 

Oleh karena itu, teknik plamir tentunya harus diaplikasikan agar dinding tembok memiliki warna cat tersebut serta lebih tahan lama.

Urusan mengecat dinding rumah, serahkan saja pada ahlinya. Hubungi tanganketiga untuk mendapatkan informasi seputar jasa renovasi rumah, jasa desain interior dan eksterior, serta jasa arsitektur terbaik di Kuningan.

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.