Tips & Trick

Ini 7 Keunggulan dan Kekurangan Rumah Pinggir Jalan Raya

Rumah Pinggir Jalan Raya

Apa keunggulan dan kelemahan memiliki rumah pinggir jalan raya itu? biasanya, jika rumah yang letaknya dekat jalan seperti ini bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

Lokasi rumah biasanya menentukan seberapa tinggi harga jual hunian ini, baik yang didirikan di dalam komplek perumahan, maupun di luar komplek.

Meskipun begitu, rumah pinggir jalan mungkin memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan rumah dengan lokasi di komplek perumahan.

Belum lagi kondisi polusi suara yang cukup mengganggu aktifitas saat berada di dalam rumah dengan lokasi pinggir jalan.

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah pinggir jalan atau membeli rumah minimalis pinggir jalan, sebaiknya simak dulu kelemahan dan keunggulannya berikut ini:

Keunggulan Rumah Pinggir Jalan

Rumah yang dibangun di lokasi dekat dengan jalan raya tentunya memiliki beberapa keunggulan, dibandingkan rumah di dalam gang atau di komplek perumahan biasa. Berikut ulasan keunggulan rumah pinggir jalan raya:

Akses yang Mudah ke Fasilitas Umum

Keunggulan yang pertama dari rumah pinggir jalan adalah akses yang mudah ke beberapa fasilitas umum. Kamu tidak perlu lagi berkendara terlalu jauh hanya untuk menemukan tempat umum seperti halte bus, terminal, sekolah, rumah sakit dan lain sebagainnya.

Kamu juga bisa lebih menghemat waktu ketika lokasi rumah dekat ke fasilitas umum tadi. Tidak perlu terburu-buru ketika mau pergi ke kantor atau kampus, bahkan kamu bisa memanfaatkan waktu yang masih ada untuk sekedar menjalankan hobimu.

Bagus untuk Prospek Bisnis

Jika kamu memiliki rencana untuk berbisnis di masa depan, memiliki rumah pinggir jalan raya bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan rencana tersebut.

Dengan akses dekat jalan raya, kamu bisa membuka bisnis apa saja. Mulai dari minimarket, kedai makanan, kafe kopi, laundry, toko kelontongan, butik dan lain sebagainnya.

Hal yang cukup penting untuk diperhatikan, jika ingin berbisnis di rumah pinggir jalan raya adalah menyediakan lahan parkir untuk para customer kamu nanti.

Harga jual yang Tinggi

Seperti telah diulas sebelumnya, rumah pinggir jalan memang bagus untuk investasi. Harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan rumah-rumah di lokasi gang atau perumahan. .

Terlebih, jika ini adalah rumah minimalis pinggir jalan raya yang paling banyak diminati hingga saat ini. 

Konsep minimalis yang elegan dengan kemudahan akses ke fasilitas umum dan bagus untuk berbisnis tentunya merupakan perpaduan yang meningkatkan minat orang terhadap rumah seperti ini.

Akses Lebih Mudah dalam Kondisi Darurat

Lokasi rumah yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum menjadi faktor utama orang memilih hunian untuk tempat tinggal. 

Jika ada salah satu anggota keluarga ada yang sakit, maka kita bisa segera mengantarkannya ke rumah sakit terdekat.

Berbeda halnya jika rumah kita berada di komplek perumahan atau di dalam gang, kondisi darurat seperti ini mungkin akan cukup sulit untuk dihadapi.

Keunggulan rumah pinggir jalan raya ini tentunya akan memudahkan akses untuk kamu dan anggota keluarga ke beberapa fasilitas kesehatan terdekat.

Kekurangan Rumah Pinggir Jalan Raya

 Meskipun memiliki harga jual tinggi dan bisa menjadi prospek bisnis yang cerah di masa depan, memiliki rumah pinggir jalan raya ternyata ada kekurangannya, yaitu:

Terbiasa dengan Polusi Udara

Meskipun memiliki beberapa keunggulan, rumah pinggir jalan raya juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah polusi udara yang akan menjadi makanan sehari-hari.

Jalan raya sibuk setiap harinya dengan lalu-lalang kendaraan dari berbagai tujuan. Asap kendaraan dari mobil dan motor yang melintas  tentunya tidak bisa dihindari lagi.

Namun, kita masih bisa menangkalnya dengan membuat penyaring udara seperti tanaman pembersih udara misalnya. 

Tanaman lidah buaya, palem hingga peace lily bisa kamu gunakan sebagai pembersih udara di teras rumah.

Rawan Terkena Kecelakaan

Rumah pinggir jalan raya setiap harinya dilewati kendaraan kecil dan besar. Hal yang sewaktu-waktu bisa terjadi adalah kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan bukan hanya antar kendaraan saja, tetapi bisa saja terjadi di depan rumah atau bahkan menabrak rumah. 

Oleh karena itu, penghuni rumah harus selalu waspada saat berada di dalam atau di luar rumah yang terletak di pinggir jalan raya.

Polusi Suara

Selain polusi udara, rumah pinggir jalan raya juga rentan dengan polusi suara. Kebisingan yang terjadi bisa cukup mengganggu aktifitas, terutama ketika sedang tidur atau beristirahat.

Meskipun begitu, kebisingan yang terjadi seperti suara klakson kendaraan, konvoi motor, arak-arakan orang yang berkampanye hanya terjadi sesaat. Namun, hal ini bisa terjadi setiap harinya.

Rumah pinggir jalan raya ternyata memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Meskipun begitu, kita dapat menyesuaikannya terlebih dahulu dengan kebutuhan kita. 

Jika tetap ingin membangun rumah minimalis pinggir jalan raya, maka pastikan kamu menggunakan jasa arsitektur terbaik tanganketiga ya. 

Tanganketiga siap membantu kamu dalam mewujudkan rumah impian, termasuk rumah minimalis yang dibangun di pinggir jalan raya. 

Silahkan hubungi kami melalui whatsApp untuk berkonsultasi seputar jasa arsitektur, jasa desain interior dan eksterior hingga jasa konstruksi terbaik Kuningan. Kunjungi juga website kami untuk informasi lebih lengkap tentang rumah pinggir jalan yang bagus. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.