Tips & Trick

7 Tips Rumah Ramah Anak untuk Keluarga Kecil 

Rumah Ramah Anak

Apa saja tips rumah ramah anak agar putra-putri kita nyaman dan aman saat berada di rumah? Artikel kali ini akan membahasnya.

Ketika memilih sebuah hunian, tentunya bukan hanya rumah yang bagus, tapi juga rumah yang nyaman bagi setiap penghuninya, termasuk anak-anak kita.

Belum lagi jika anggota keluarga yang tinggal itu terdiri dari lansia dan juga balita yang ikut tinggal bersama.

Lalu seperti apa sih rumah yang ramah anak, dan bagaimana tips rumah ramah anak, supaya tempat tinggal kita menjadi nyaman untuk semua anggota keluarga, berikut penjelasannya:

Kegiatan Anak-Anak di Rumah

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak balita, usia anak-anak di masa tersebut akan sangat suka mengeksplorasi bagian rumah secara keseluruhan.

Usia balita biasanya memungkinkan sang anak untuk mulai berjalan ke area mana saja, atau mulai ingin makan apa saja yang Ia temukan dan dimasukan ke mulutnya.

Kondisi balita yang sedang mengeksplorasi ini tentunya harus kita awasi dengan baik, jangan sampai keadaan rumah malah membahayakan untuk pertumbuhannya.

Bukan hanya keberadaan baby sitter yang mengawasi anak- anak, kamu juga bisa mulai mengamankan kondisi rumah dengan membuat rancangan rumah yang ramah anak.

Tips Rumah Ramah Anak

Selain mengawasi anak-anak, khususnya anak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan, berikut ini beberapa tips menjadikan rumah ramah anak, yang bisa para orang tua terapkan di rumahnya:

Mengunci Akses Pintu Keluar

Rumah kita memiliki pintu keluar dan masuk sebagai akses utama ke rumah. Jika ada anak-anak di rumah, sebaiknya kamu harus mengunci pintu keluar utama, agar mereka tidak main ke luar.

Anak-anak balita bisa jadi sering melihat kamu keluar masuk pintu, sehingga mereka sewaktu-waktu bisa berjalan atau merangkak menuju pintu keluar tersebut.

Hindari Main di Area Kolam

Jika rumah idaman kamu saat ini memiliki area kolam renang di dalamnya, maka pastikan anak balita kamu jauh dari lokasi tersebut.

Bahaya tenggelam setiap hari bisa menghantui dan ini bukan hal yang diinginkan. Selain kolam renang, ember besar, bathtub, atau kolam ikan juga harus dihindarkan.

Pagar di Area Naik Tangga

Tips rumah ramah anak berikutnya adalah memasang pagar di area naik ke tangga. Jika rumahmu memiliki tangga ke lantai 2, ini wajib dilakukan.

Pagar Pengaman Naik Tangga

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah anak-anak balita jatuh ke tangga. Kita harus memperhatikan aktivitas mereka di area tersebut, jangan sampai lengah.

Jangan Menyimpan Benda Kecil

Memiliki rumah minimalis rasanya kurang lengkap jika tanpa furniture dan dekorasi minimalis di rumah. Mulai dari pot bunga cantik, hingga benda-benda abstrak yang estetik.

Namun, saat ada si kecil di dalam rumah, benda-benda seperti itu malah bisa membahayakan. Mereka akan menyangka itu adalah makanan dan dengan spontan memasukkannya ke dalam mulut.

Sebisa mungkin jauhkan benda-benda estetik ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak di rumah. Ganti benda-benda tersebut dengan benda lunak sebagai tips rumah ramah anak.

Menyimpan Barang Pecah Belah

Tips rumah ramah anak selanjutnya adalah menyimpan barang pecah belah yang menjadi dekorasi rumah minimalis kamu.

Beberapa barang pecah belah seperti gelas, piring, mangkok, asbak, dan lain sebagainnya, bisa menghindarkan kalau-kalau benda-benda ini dimainkan anak dan melukainya.

Jauhkan barang pecah tersebut, atau simpan di area yang lebih tinggi, sehingga anak-anak balita tidak mudah untuk menemukan dan menangkapnya.

Menjauhkan Benda Tajam

Tips rumah ramah anak berikut ini sepertinya berfokus pada area dapur, dimana menjadi tempat kamu menyimpan benda tajam seperti pisau untuk memasak.

Benda tersebut tentunya sangat berbahaya, jadi sebisa mungkin dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan di tempat yang aman yang tidak diketahui mereka.

Pastikan Stop Kontak Aman

Hal-hal yang ada di sekitar rumah yang biasa bagi kita, bisa menjadi berbahaya untuk anak-anak kita. Salah satunya adalah penggunaan stop kontak listrik.

Pastikan bahwa stop kontak di rumah aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika ada sambungan listrik yang berada di bawah, sebisa mungkin harus disingkirkan agar tidak diketahui anak-anak.

Furniture yang Ramah Anak

Rumah impian adalah rumah yang sesuai keinginan, dengan konsep yang modern dan nyaman bagi kita juga anggota keluarga kita, khususnya anak-anak.

Jika memang masih ada anggota keluarga kita yang balita atau anak-anak, sebaiknya kita selalu menggunakan furniture yang ramah anak di rumah.

Selain aman untuk mereka, furniture ramah anak juga tetap bisa membuat rumah kita indah dan estetik. Memberikan yang terbaik bagi anak-anak adalah hal yang kita inginkan bukan?

Tips rumah ramah anak yang telah dipaparkan di atas, semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para orang tua yang memiliki anak balita di rumah.

Urusan furniture yang cocok dengan rumah modern saat ini, serahkan saja kepada tanganketiga. Cek produk-produk furniture unik terbaik dari tanganketiga di https://tanganketiga.com/produk.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *