Tips & Trick

7 Penyebab Lantai Keramik Menggelembung Tiba-Tiba

Penyebab Lantai Keramik Menggelembung

Apa sih penyebab lantai keramik menggelembung? Bukan berarti ada apa-apanya ya, itu merupakan kondisi dimana telah terjadi popping pada keramik di rumah kamu.

Lantai rumah menggelembung sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Dikira rumah tersebut ada penunggunya dan mereka marah sehingga membuat lantai keramik pecah.

Lantai yang tiba-tiba menggelembung akan mengejutkan kita, dan membuat kondisi rumah menjadi kurang nyaman, namun itu bukan karena ulah hantu. 

Lantai keramik yang menggelembung seperti ini biasanya mengeluarkan bau yang kurang sedap. Kondisi ini harus segera diperbaiki.

Apa penyebab lantai keramik menggelembung, lalu bagaimana cara perbaikannya, dan apakah kita membutuhkan pertolongan dari tukang jasa perbaikan lantai? 

Mengapa Terjadi Popping Lantai?

Popping pada lantai keramik seperti itu merupakan kondisi pecahnya bagian keramik sehingga membuat terlepas dari kerapatannya.

Banyak faktor yang membuat lantai keramik tiba-tiba menggelembung dan pecah, hingga mengeluarkan bau yang kurang sedap. 

Yang paling sering terjadi adalah karena cuaca ekstrem di area lantai keramik tersebut. Misalnya, biasa mengalami cuaca panas, tiba-tiba menjadi dingin, lantai keramik akan mudah terlepas. 

Hal ini tentunya akan mengurangi estetika rumah, dan berbahaya jika sampai terinjak oleh anggota keluarga kita di rumah.

Selain itu, rumah kita menjadi tidak seimbang, karena ada bagian lantai yang menggelembung dan sewaktu-waktu bisa merembet ke area lantai lainnya. 

Memeriksa penyebab lantai keramik menggelembung, dan berkonsultasi dengan tukang yang menyediakan jasa perbaikan lantai dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Penyebab Lantai Keramik Menggelembung

Jika mendapati kondisi lantai keramik menggelembung seperti itu, tentunya harus segera diperbaiki agar lantai keramik rumah menjadi normal kembali.

Berikut ini beberapa penyebab popping pada lantai keramik di rumah:

  • Terjadi penyusutan pada sisi perekat semen pasir yang merekatkan keramik sebelumnya. Perekat ini terbuat dari campuran air, pasir, dan semen. Ketika kandungan air berkurang, perekat menyusut dan terlepas
  • Terjadi perubahan suhu yang ekstrim di area rumah, sehingga pooping lantai keramik lebih cepat terjadi. Misalnya ruangan yang biasanya panas lalu terkena AC, akan mudah membuat keramik terlepas
  • Ada pembebanan yang berlebihan pada area lantai keramik di rumah, sehingga popping terjadi. Beban keramik yang tidak sama juga membuat keramik lainya terlepas.
  • Proses perekatan yang kurang merata, sehingga ada sebagian bawah lantai yang kosong. Udara akan terjebak dan berkumpul, sehingga menyebabkan pemuaian dan mendorong lantai keramik ke atas terus menerus.
  • Terjadi penurunan permukaan tanah, yang biasanya terjadi karena kondisi tanah tidak stabil dan air tanah diambil secara berlebihan
  • Khusus rumah-rumah di pinggir jalan yang sering dilalui berbagai kendaraan, getaran dari kendaraan tersebut juga bisa menimbulkan lantai keramik mengalami popping.
  • Pemasangan Nat yang sepertinya tidak terlalu rapat, sehingga membuat lantai keramik cepat menyusut dan terdorong ke atas

Baca juga : 6 Jenis Material Kaca untuk Lantai dan Tips Memasangnya!

Cara Mengatasi Popping Lantai Keramik

Jika lantai di rumah tiba-tiba menggelembung, kamu jangan panik dulu ya. Kita hanya perlu melakukan perbaikan, dan mengganti bagian-bagian keramik yang terlepas itu.

Jika dibiarkan, dikhawatirkan kondisi lantai keramik lainnya menjadi kurang nyaman dilihat dan tidak serasi, tentunya ini mengganggu kenyamanan kita di rumah.

Untuk mengatasi penyebab lantai keramik menggelembung, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Jangan memasang nat keramik yang terlalu rapat, sebab ini menjadi penyebab utama lantai keramik menggelembung. Berikan jarak hingga 3mm menggunakan tile spacer untuk mengatur jarak nat.
  • Menggunakan perekat khusus yang anti mengalami penyusutan. Pilih yang mampu mengurangi penyusutan air
  • Sebaiknya gunakan adukan semen pasir dengan kualitas terbaik. Adapun perbandingan semen pasir berkualitas itu adalah 1: 4 yang tercampur rata dan tidak ada campuran tanah.
  • Pastikan menggunakan sealant di bagian antar keramik sehingga tidak terlalu diisi penuh oleh nat. sealant lebih elastis dan dapat mengatasi muai antar keramik.
  • Hubungi penyedia jasa perbaikan lantai untuk penanganan lebih cepat dan tepat

Baca juga : 6 Perbedaan Lantai Kayu Parket dan Vinyl Mau Pilih Mana?

Jasa Perbaikan Lantai Keramik 

Penyebab lantai keramik menggelembung ternyata bermacam-macam. Mulai dari rekatan nat yang kurang maksimal, hingga perubahan cuaca ekstrim di dalam rumah.

Jika mengalami kejadian seperti itu di rumah, sebaiknya kamu tidak perlu panik dulu. Kamu bisa mengatasinya sendiri dengan mengikuti cara memperbaiki lantai menggelembung di atas. 

Jika masih bingung mengenai perbaikan apa yang harus dilakukan, sebaiknya serahkan masalah ini untuk diselesaikan oleh jasa perbaikan lantai terdekat dari lokasi rumah. 

Jasa perbaikan lantai adalah orang-orang profesional yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah lantai di rumah, seperti pooping lantai keramik misalnya. 

tanganketiga adalah salah satu jasa renovasi rumah yang juga menerima jasa perbaikan lantai rumah yang siap membantu kapan saja dibutuhkan. 

Hubungi tanganketiga melalui whatsapp sekarang atau kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya mengenai penyebab lantai keramik menggelembung dan penangannya. 

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *