Materials

Apa itu Sumur Artesis? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Sumur Artesis

Dalam kamus properti, pengertian sumur artesis akan dijelaskan sebagai salah satu jenis sumur yang dibuat dengan dukungan peralatan yang canggih.

Sumur artesis biasanya bisa ditemukan di area komplek perumahan, dan dijadikan sebagai sumber air bersih yang utama di area tersebut.

Apa itu sumur artesis juga tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Kita memerlukan jasa profesional yang dapat memaksimalkan kinerja pembangunan, khususnya untuk kebutuhan air di rumah.

Apa Itu Sumur Artesis?

Pengertian dari sumur artesis adalah suatu sumur yang tidak membutuhkan pompa agar airnya naik. Sumur ini biasanya dibuat oleh seorang professional yang bisa membuat bor sumur artesis.

Jenis sumur bor artesis ini umumnya sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri yang membutuhkan pasokan air yang banyak, seperti industri pabrik dan gedung-gedung.

Pembuatan sumur bor tidak sesederhana membuat sumur biasa. Membuat sumur artesis bahkan cukup berbahaya, karena prosesnya menggunakan mesin modern.

Mesin tersebut dapat menembus ke lapisan tanah, bebatuan, hingga kerikil. Itulah sebabnya, proses apa itu sumur artesis harus dilakukan oleh professional.

Setiap dilakukan pengeboran sumur artesis, kedalaman sumur tersebut hingga 250 meter. Hal ini biasanya tergantung dengan jumlah air yang memang dibutuhkan. 

Hal Penting Terkait Sumur Artesis

Sebelum membuat sumur artesis, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar proses pengeboran sumur artesis ini berhasil:

Lokasi pembuatan Sumur. pengeboran untuk apa itu sumur artesis sebaiknya tidak dilakukan di area dekat toilet. Tujuannya, agar air yang dihasilkan tidak terkontaminasi dengan sistem pembuangan.

Kedalaman Pengeboran. memperhatikan kedalaman sumur artesis sangat penting untuk diperhatikan. Kedalamannya harus sesuai dengan struktur daerah dan tanah. 

Jasa Sumur Bor. Tenaga ahli dalam hal sumur bor artesis juga harus memiliki pengalaman yang jelas. Jasa sumur bor artesis ini juga harus professional agar membuat sumur yang berkualitas

Kelayakan Sumur. Masih terkait dengan ahli pembuat sumur artesis, kita bisa menanyakan tentang kelayakan sumur tersebut. Kita bisa bertanya jangka waktu pembuatan dan penggunaan sumur artesis tersebut. 

Biaya yang Diperlukan. dalam hal ini juga harus diperhatikan dengan baik apakah ongkos untuk pembuatan sumur artesis ini mahal atau tidak. Biasanya, kedalaman sumur juga mempengaruhi besarnya biaya yang harus dikeluarkan

Hal-hal penting di atas tentunya harus diperhatikan, agar pengerjaan pengeboran sumur artesis dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Dengan begitu, kualitas air sumur juga bisa maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Artesis

Setelah mengetahui apa itu sumur artesis, kita juga perlu memahami tentang kelebihan dan kekurangan dari sumur tersebut. Berikut ini kelebihan dan kelemahan jika membuat sumur artesis:

Kelebihan Sumur Artesis

Kualitas air terbaik, kita tentunya ingin minum dan makan dengan air bersih. Jika menggunakan apa itu sumur artesis, maka kita akan mendapatkan kualitas air yang baik jika pengeboran sumurnya dilakukan dengan baik.

Sumber Air Banyak, jika dibandingkan jenis sumur pada umumnya, sumur artesis bisa menghasilkan jumlah air yang lebih banyak. Kebutuhan air rumah tangga hingga industri dan gedung-gedung bisa terpenuhi.

Bisa Tembus Batu,  ketika proses pengeboran sumur artesis dilakukan semakin dalam, hingga menembus batu-batu dalam tanah dan tidak mempengaruhi proses keluarnya air bersih

Proses Pengerjaan Cepat, apa itu sumur artesis adalah tentang proses pengerjaan yang lebih cepat dan lebih hemat waktu, karena sudah dikerjakan oleh ahlinya yaitu jasa pengeboran sumur artesis.

Kelemahan Sumur Artesis

Disamping kelebihan jika kita menggunakan apa itu sumur artesis, terdapat kelemahan dari penggunaan sumur ini diantaranya:

Harga mahal. seperti telah diulas sebelumnya bahwa ada banyak peralatan untuk mengebor sumur artesis lebih dalam. Oleh sebab itu, biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Efek Negatif. karena pengeboran yang dilakukan dengan lebih dalam untuk mendapatkan kualitas air yang baik, hal ini mungkin bisa berefek negatif bagi lingkungan atau kondisi alam.

Setiap dilakukan pengeboran sumur artesis, kedalaman sumur tersebut hingga 250 meter. Hal ini biasanya tergantung dengan jumlah air yang memang dibutuhkan. 

Biaya Bikin Sumur Artesis

Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengeboran sumur sekitar Rp. 150.000 – Rp. 300.000 per meternya.

Jika untuk membuat sumur artesis membutuhkan pengeboran dengan kedalaman mencapai 100 meter, maka biaya bikin sumur artesis yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 15 juta – 30 jutaan.

Biaya tersebut bisa jadi belum termasuk biaya tambahan untuk kabel listrik, tangki, atau biaya peralatan lainnya.

Apa itu sumur artesis ternyata dibuat untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang layak digunakan. Meskipun begitu, kelayakan tersebut harus memenuhi standar kebersihan terlebih dulu.

Mengenai seluk beluk dan apa itu sumur artesis, kamu bisa tanyakan dengan lebih jelas dan lengkap kepada jasa pembuatan sumur artesis yang terpercaya.

Jika ingin membangun atau merenovasi rumah, tentuya harus menghubungi jasa bangun rumah dan jasa renovasi rumah seperti tanganketiga.

tanganketiga juga siap menerima konsultasi seputar apa itu sumur artesis dan seputar interior dan eksterior desain juga. Silahkan kunjungi website kami untuk informasi selengkapnya. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.