Tips & Trick

Mengenal Layout Dapur dan Komponen Segitiga Dapur

Layout Dapur

Kamu sedang menata layout dapur agar nyaman saat beraktifitas di dalamnya? Sebaiknya ketahui dulu tentang segitiga dapur atau dikenal dengan istilah “Working Triangle”.

Dapur adalah kehidupan bagi setiap rumah. Dimana, kita bisa melakukan aktifitas membuat dan mengolah makanan untuk para penghuni rumah, hampir setiap harinya.

Untuk mendukung aktivitas memasak di dapur, layout dapur sebaiknya menerapkan tiga komponen penting atau disebut Segitiga Dapur. Seperti apa komponen ini, berikut ulasannya:

Apa Itu Segitiga Dapur? 

Seperti apa layout dapur Segitiga itu? Idealnya, setiap ruangan dapur yang dibangun memiliki segitiga dapur, yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

  • Storage (penyimpanan), area ini digunakan untuk tempat lemari pendingin atau fridge. Termasuk juga area untuk menyimpan piring, gelas, dan perabotan dapur lainnya.
  • Wash (pembersihan), area untuk tempat cuci atau sink
  • Cook (memasak dan memanaskan), merupakan tempat menyimpan kompor atau talenan

Ketiga komponen penting di dapur ini akan digunakan secara berurutan. Misalnya, dimulai dari mengambil bahan makanan (daging dan sayuran) dari dalam Storage.

Kemudian,  sayur dan daging akan dibersihkan di area Sink dengan kondisi air yang mengalir dari kran khusus. Ukuran Sink itu sendiri dapat disesuaikan selera mulai dari bahan dan ukurannya.

Selanjutnya adalah kegiatan memasak dan mengolah bahan makanan tadi. Area Cook tentunya juga harus nyaman untuk tempat memotong sayur dan daging, mengolah bumbu dengan mixer atau blender..

Masih di area cook, sudah diletakan kompor, microwave, dan oven yang akan digunakan untuk memasak makanan.

Dengan urutan kegiatan tersebut, maka desain layout dapur yang dibuat sebaiknya meletakan tiga komponen itu saling berdekatan.

Idealnya, jarak antara komponen ini jangan sampai melebihi 6 meter dengan jarak antar titiknya maksimal sekitar 90 cm saja. 

Baca juga : 5 Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor Pada Rumah Modern

Jenis Layout Dapur 

Bagi yang sedang ingin melakukan renovasi dapur lama menjadi baru, konsep segitiga ini bukan berarti merupakan layout dapur.

Komponen ini wajib ada dalam berbagai layout dapur yang nanti diterapkan oleh jasa desain interior dapur yang mengerjakan konsep dapurmu.

Berikut ini komponen segitiga dapur, dan cara membuat layout dapur berikut ini:

Layout Dapur Lurus Memanjang

Ini merupakan layout dapur yang paling simple dan tidak terlalu menghabiskan area dapur yang sedang dibangun.  

Model straight kitchen atau dapur lurus memanjang ini banyak digunakan sebagai konsep dapur rumah dengan ukuran lahan 1 hingga 2 are luasnya.

Karena bentuknya yang memanjang, layout dapur seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas. Jika ingin menggunakan konsep layout dapur ini, usahakan tidak sampai melebihi 3 meter panjangnya.

Komponen segitiga dapur untuk konsep straight kitchen ini bisa diletakan secara linier dan sesuai kegiatan memasak saja. Komponen bisa dimulai dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Model U- Shaped Kitchen

Kamu pasti tahu huruf U kan? huruf U identik dengan bentuk melingkar, dan konsep ini digunakan untuk shaped kitchen atau layout dapur U.

Layout dapur yang satu ini juga bisa dibilang lebih efisien dan banyak digunakan sebagai layout dapur minimalis yang modern.

Dengan tetap berpegang pada komponen segitiga dapur, maka jarak yang dibuat antara kabinetnya hanya boleh hingga 120 cm saja.

Untuk layout dapur U, biasanya area Cook yang terdapat kompor ini bisa diletakan di tengah. Bentuk dapur ini juga terasa kurang luas dan tidak cocok untuk dapur hotel atau villa.

Adapun kulkas dan sink bisa diletakan di sisi kanan dan kiri, agar urutan komponen segitiga dapur tadi tetap dilakukan dengan baik.

Layout Bentuk Tegak Lurus

Tegak lurus seperti huruf L, itulah bentuk layout dapur ini. Hampir seperti layout dapur minimalis pada umumnya, yang pastinya akan lebih luas dan nyaman.

Penerapan komponen segitiga dapur dalam layout L ini bisa disesuaikan kondisi ruangan nya. Kamu bisa menaruh lemari pendingin dan sink sejajar dalam satu garis lurus.

Adapun bentuk L nya sendiri atau bagian yang lebih pendek, bisa kamu jadikan sebagai meja atau area cook yang nyaman.

Bagi kamu yang ingin menerapkan layout dapur L ini untuk bangunan kos atau kantor, maka itu sangat tidak disarankan.

Baca juga : 5 Tips Cara Memilih Kitchen Set untuk Dapur Rumah

Jasa Renovasi Rumah Terbaik 

Menentukan layout dapur sendiri tentunya membuat kita harus mengetahui apa itu komponen segitiga dapur dengan jarak yang harus berdekatan.

Jika sudah memahami komponen-komponen tersebut, kamu tidak perlu bingung ketika hendak membuat dapur atau merenovasi dapur lama menjadi baru melalui jasa renovasi rumah. 

tanganketiga merupakan salah satu jasa renovasi rumah yang juga menangani jasa desain interior dan eksterior rumah, hingga jasa kontraktor rumah berpengalaman dan terpercaya di Kuningan, Jawa Barat.

Jasa renovasi rumah Kuningan ini juga menerima klien dari beberapa daerah lainnya di Jawa Barat seperti Bandung dan Cirebon. 

Urusan layout dapur rumah serahkan saja pada tanganketiga. Hubungi kami lewat whatsApp atau kunjungi website kami sekarang untuk informasi lebih lanjut!

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.