Tak Berkategori

5 Model Lampu Gantung untuk Rumah Minimalis Modern

Lampu Gantung untuk Rumah Minimalis

Keberadaan lampu gantung untuk rumah minimalis bukan hanya menerangi ruangan, tetapi juga menambah nilai keindahan pada setiap ruangan di rumah minimalis modern.

Rumah minimalis yang indah dan nyaman harus menerapkan elemen pencahayaan yang tepat. Lampu gantung adalah salah satu elemen pencahayaan yang dapat memunculkan karakter dari rumah minimalis.

Jika kamu sudah menerapkan konsep rumah minimalis dengan desain interior minimalis yang sesuai, maka perlu menambahkan beberapa dari elemen pencahayaan yang fungsional dan estetis.

Jenis Pencahayaan Pada Rumah Minimalis Modern

Mungkin kamu pernah melihat rumah minimalis yang memiliki beberapa lampu dalam satu ruangannya. Lampu-lampu tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Sebelum menentukan jenis lampu gantung dan pencahayaan lainnya untuk rumah, berikut ini 3 jenis pencahayaan pada rumah minimalis modern:

Ambience Lighting (Pencahayaan Secara Umum)

Elemen pencahayaan ambient adalah yang paling dasar dari ketiga jenis lighting yang akan kita bahas ini. Ambience adalah cahaya utama dalam sebuah ruangan yang sifatnya dominan.

Pencahayaan ambient bisa datang dari sinar matahari yang masuk ke jendela rumah atau cahaya dari lampu utama pada sebuah ruangan.

Pencahayaan ambient bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis lighting seperti lampu gantung, lampu langit-langit yang tidak terlihat, lampu plafon, dan wall sconces atau lampu dinding.

Sebagian orang berfikir pencahayaan laporan pertama ini sudah cukup untuk penerangan di rumah minimalis. Padahal, jenis pencahayaan ini adalah hal dasar yang berarti harus ditambahkan pencahayaan lainnya.

Task Lighting (Lapisan Kedua)

Dari nama elemen pencahayaan ini, sepertinya orang sudah tahu bahwa fungsi utamanya sebagai lampu yang menerangi berbagai aktivitas seseorang di rumah minimalis.

Beberapa aktifitas di rumah yang membutuhkan penerangan seperti belajar, memasak, rias wajah (make up), semua kegiatan ini membutuhkan task lighting.

Beberapa jenis lampu tugas yang masih diminati hingga saat ini adalah lampu meja untuk belajar, lampu gantung, lampu lantai yang disesuaikan, lampu meja dan candlelight.

Accent Lighting (Lapisan cahaya ketiga)

Lampu pada accent lighting memiliki fungsi sebagai penentu suasana ruangan serta untuk menerangi beberapa objek arsitektur yang penting.

Pencahayaan lapisan ketiga ini juga bisa menyamarkan suatu dekorasi yang kurang tepat dalam suatu ruangan. Meskipun cukup fungsional, pencahayaan lapisan ketiga sering dilewatkan dan tidak digunakan.

Beberapa contoh pencahayaan accent seperti lampu sorot, lampu uplight, lampu candlelight, dan lampu gantung yang menggunakan sakelar, termasuk juga lampu dinding dan lampu-lampu yang terdapat di dalam kawat atau pintu kaca.

Model Lampu Gantung untuk Rumah Minimalis

Setelah kita mengetahui jenis pencahayaan pada rumah minimalis, berikut ini adalah beberapa model lampu gantung yang dapat dipilih:

1. Lampu Gantung Ala Café

Pernah masuk ke café? Coba perhatikan beberapa lampu gantung estetik yang ada di sana. Salah satunya adalah lampu gantung berbentuk diamond ini.

Model lampu gantung ini juga cocok menjadi pencahayaan lapisan kedua pada suatu ruangan. Di café, lampu ini bisa menerangi kegiatan orang yang sedang makan atau membuat masakan.

2. Lampu Gantung Bentuk Ranting

Selanjutnya ada lampu gantung untuk rumah minimalis yang berbentuk seperti ranting pohon. Bola lampunya tampak transparan dengan cahaya warna kekuningan, yang akan memberikan efek hangat ketika dinyalakan.

Lampu gantung ini tampak unik dan cocok sebagai elemen pencahayaan kedua pada rumah minimalis. Warna emas pada bagian ranting lampu ini juga memberikan kesan mewah yang bagus.

3. Lampu Gantung Berbentuk Kotak Kayu

Perpaduan kayu dan lampu di dalamnya, menjadikan lampu gantung ini tampak unik dan rustic. Jenis lampu seperti ini biasanya ditempatkan sebagai lampu utama di meja makan. Alasannya, karena pencahayaan yang dihasilkan lebih menyebar ke seluruh ruang makan.

4. Lampu Gantung Bulat (Lingkaran Besar)

Lampu gantung bentuk bulat berukuran besar ini memang sangat cocok untuk rumah minimalis modern. Desain lampu yang cantik ini juga cocok menjadi sumber cahaya kedua di area ruang makan.

Balutan warna silver pada pinggir lampu bulat ini juga menampilkan kesan futuristic seperti yang tampak pada rumah-rumah minimalis modern yang mewah.

5. Lampu Gantung Bulat Transparan

Lampu gantung yang satu ini lebih memunculkan kesan vintage pada desain interior ruangan secara keseluruhan. Bentuknya yang bulat dan transparan dengan ukuran yang berbeda-beda.

Lampu gantung ini cocok sebagai lampu hias pada ruangan di rumah minimalis modern. Ruang tamu dan ruang makan adalah area yang cocok mendapatkan cahaya dari lampu hias ini.

Memiliki rumah minimalis berarti harus memaksimalkan seluruh ornamen di dalamnya. Mulai dari desain interior, furniture, hingga elemen pencahayaannya. 

Tidak usah bingung mencari jenis lampu gantung yang cocok untuk rumah minimalis, karena kamu bisa menemukannya di tanganketiga. 

tanganketiga juga bisa membantu kamu untuk menentukan desain interior dan eksterior rumah, serta menentukan furniture unik yang cocok dengan konsep rumah yang dipilih.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.