Tips & Trick

Apa Itu Rumah Split Level serta Kelebihan dan Kekurangannya!

rumah split level

Penasaran seperti apa itu rumah split level? Konsep rumah yang digemari saat ini ternyata bukan hanya rumah minimalis saja.

Rumah split level juga menjadi populer akhir-akhir ini, karena menjadi solusi bagi area rumah yang lahannya terbatas.

Sebagai sebuah konsep rumah modern, rumah split level tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui para pecinta interior bangunan.

Apa itu rumah rumah split level dan bagaimana kelebihan serta kekurangannya sebagai sebuah hunian modern? Berikut ini ulasan selengkapnya:

Apa itu Rumah Split Level?

Arti kalimat split level dalam Bahasa inggris ini memiliki arti “terpisah” dalam level tertentu. Artinya, konsep rumah ini akan memperlihatkan perbedaan dalam desainnya.

Perbedaan ini akan terlihat pada ketinggian bangunan dan jumlah lantai dalam bangunan tersebut. tinggi lantai rumah split level biasanya hanya setengah dari tinggi lantai biasa.

Jika terdapat dua lantai dalam rumah split level, maka akan dipisahkan oleh tangga pendek yang menjadi penghubung antar lantai dalam konsep rumah ini.

Ciri khas apa itu rumah split level adalah seperti rumah memiliki 2 lantai dengan level berbeda, padahal itu masih berada di level 1 atau 1 lantai terbagi 2.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai sebuah konsep rumah baru, seperti hal nya rumah minimalis modern, rumah split level juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan dirasakan penggunaannya.

Sebagai sebuah konsep rumah untuk lahan yang terbatas, rumah split level ternyata dapat dibangun dengan maksimal dan tetap estetik. Kelebihan yang didapatkan seperti:

Rumah Luas di Lahan Terbatas

Kelebihan dari rumah split level yang pertama adalah rumah yang bisa diakali agar tampak lebih luas ketika dipandang mata.

Rumah split level mengharuskan area langit-langit di dalam rumah dibuat lebih tinggi. Kemudian, konsep rumah ini juga menggunakan sekat yang massif.

Dengan begitu, penampakan rumah split level yang pada dasarnya adalah rumah yang mungil, menjadi lebih luas dan lebih terbuka.

Lebih Unik dan Dinamis

Biasanya rumah dibangun menjadi dua lantai, yang terdiri dari lantai satu sebagai area sosialisasi dan lantai dua sebagai area privacy saja.

Namun apa itu rumah split level ternyata dinilai menjadi lebih dinamis dan jauh dari kata monoton seperti hal nya rumah lantai dua biasa.

Adanya perbedaan dari level lantai di rumah ini, membuat suasana menjadi lebih unik dengan desain yang makin menambah estetik seluruh ruangan di dalamnya.

Hemat Energi

Dengan konsep rumah split level yang tampak lebih luas dan terbuka ini, hunian akan memiliki kondisi sirkulasi udara serta pencahayaan yang lebih maksimal.

Keunggulan tersebut tentu bisa menimbulkan penghematan dalam hal pemakaian energi listrik dalam suatu hunian.

Solusi Lahan Khusus

Beberapa kontur tanah yang akan dibangun sebuah rumah bisa bervariasi. Khusus lahan yang berkontur seperti di pegunungan misalnya, rumah split level adalah pilihan yang tepat.

Apa itu rumah split level pada lahan ini akan lebih mudah dibangun dengan lebih mudah dibandingkan rumah di lahan yang tidak berkontur.

Ada Ruang Tambahan

Apa itu rumah split level yang diberikan sekat masif dan tangga sebagai penghubung antar lantai, juga sebagai ruang tambahan di lahan yang cukup terbatas.

Jika antara lantai pertama ke lantai kedua ada ruangan, ruangan tersebut bisa dijadikan sebagai ruang tambahan yang multifungsi.

Kamu bisa menggunakannya untuk dijadikan ruang baca, ruang santai, atau ruang apa saja yang memang diperlukan.  

Namun, disamping semua kelebihan apa itu rumah split level, ada juga kekurangan yang dirasakan jika ingin memiliki hunian rumah split level, yaitu:

Proses Pengerjaan Rumit

Karena manipulasi lahan yang terbatas, maka apa itu rumah split level dibangun secara lebih rumit dibandingkan membangun rumah pada umumnya.

Konstruksi rumah split level akan lebih rumit dan harus dikerjakan oleh arsitektur ahli di bidangnya. Hal ini penting untuk pengukuran yang lebih tepat dalam hal perbandingan lantai.

Tidak Ramah Lansia

Bagi kamu yang memiliki anggota keluarga lansia, konsep rumah split level ini tidak dianjurkan. Lansia akan mengalami kesulitan seperti menaiki tangga ketika beraktifitas.

Bisa Terjadi Kecelakaan

Bagian yang menonjol dalam apa itu rumah split level adalah tangga yang menghubungkan antar ruangan. Hal ini bisa menjadi rawan kecelakaan seperti terjatuh di tangga.

Namun, hal seperti ini masih bisa diminimalisir dengan menggunakan material tangga yang lebih aman dan menggunakan pegangan di kedua sisi tangga dengan maksimal.

Ternyata, memiliki lahan yang terbatas sangat cocok untuk dibangun rumah konsep split level yang estetik dan unik ini. 

Pastikan kamu mempertimbangkan apa kelebihan dan kelemahan membangun apa itu rumah split level agar bisa mewujudkan rumah impian di lahan yang terbatas. 

Urusan membangun rumah split level terbaik, percayakan saja pada jasa bangun rumah kami, tangan ketiga. Kunjungi website tanganketiga dan konsultasikan semuanya melalui whatsApp. 

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *