Tips & Trick

5 Tips Cara Memilih Kitchen Set untuk Dapur Rumah

Dilansir dari bramble furniture, semua elemen interior memiliki peranan penting untuk menyempurnakan fungsi dan kenyamanan rumah kamu, termasuk kitchen set. Kamu harus tahu cara memilih kitchen set secara teliti agar fungsinya semakin maksimal, sehingga kamu dan anggota keluarga lainnya semakin leluasa membuat aneka kreasi makanan di dapur.
Dapur dengan kitchen set yang rapi dan enak dipandang tentu akan menambah nilai estetika hunian kamu. Ternyata, memilih kitchen set yang sesuai untuk tipe rumah kamu pun tidak sulit. Jika kamu mencermati tips cara memilih kitchen set berikut ini, niscaya kamu bisa menentukan padanan terbaik untuk dapur kamu.

1. Mengukur Dapur secara Teliti
Tips pertama yang wajib kamu lakukan ketika akan memilih kitchen set adalah mengukur ruangan dapur dengan teliti. Karena ukuran tersebut patut dijadikan patokan untuk menentukan ukuran kitchen set. Jangan sampai kamu keliru menentukan ukuran kitchen set sehingga tidak sesuai dengan kapasitas dapur kamu. Kitchen set yang terlalu besar pasti tidak muat di dapur. Sedangkan yang ukurannya terlalu kecil juga akan mengganggu tata letak dapur kamu.

2. Membeli Produk Siap Pakai atau Built In
Bila membeli kitchen set siap pasang, kamu tidak dapat menentukan ukuran, fungsi, dan modelnya sesuai selera. Namun, harganya terbilang lebih ekonomis dibandingkan produk built in. Kalau kamu punya persiapan budget memadai, kitchen set built in bisa menjadi pilihan. Konsep built in memungkinkan kamu membuat kitchen set yang benar-benar menyatu dengan dapur. Sehingga tampilannya lebih artistik dan fungsinya dapat di-custom sesuai kebutuhan pribadi.

3. Memilih Gaya Kitchen Set yang Tepat
Banyak sekali gaya kitchen set yang bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan. Rumah berukuran mungil sebaiknya menggunakan kitchen set minimalis. Karena nuansa minimalis tidak akan membuat rumah terkesan semakin sempit. Selain itu, gaya minimalis juga terkesan timeless dan tidak ketinggalan zaman. Detail perangkat dapur yang minimalis biasanya lebih tahan lama dan mudah dibersihkan.

4. Menentukan Kapasitas Sesuai Kebutuhan
Semua rumah pasti membutuhkan perangkat kitchen set yang berbeda-beda. Kalau kamu memiliki banyak perabot dapur, berarti kamu butuh kitchen set yang kapasitasnya besar. Kabinet-kabinet yang ada di dapur harus mampu menampung seluruh perabot kamu. Sehingga tidak ada perabot yang tercecer dan menimbulkan kesan berantakan.

5. Menggunakan Material yang Berkualitas
Jangan menganggap remeh budget untuk menata dapur rumah kamu. Karena kamu memang patut menyiapkan budget cukup besar demi memiliki kitchen set yang materialnya berkualitas. Material berkualitas akan membuat kitchen set lebih awet dan mampu menahan beban perabot dapur yang besar.
Kamu pun tidak akan direpotkan dengan kerusakan dapur yang parah meskipun rumah kamu tidak direnovasi selama bertahun-tahun. Material finishing berupa High Pressure Laminate (HPL) bisa menjadi alternatif terbaik karena mudah dibersihkan serta tahan minyak dan panas.

Nah itulah tips cara memilih kitchen set yang harus kamu tahu. Menentukan kitchen set sesuai kebutuhan akan menyempurnakan interior dapur kamu. Mengolah aneka jenis hidangan favorit keluarga pasti makin menyenangkan bila kamu punya dapur yang nyaman dan perabotannya lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *