Materials

Tak Kalah Dengan Kayu, Inilah Kelebihan Furnitur Rotan

Siapa yang tidak kenal dengan rotan? Ya, rotan adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk pembuatan berbagai furnitur, seperti meja, kursi, bed frame dan lainnya. Furnitur rotan hadir dalam berbagai macam desain, mulai dari gaya vintage hingga gaya modern, sehingga dapat disesuaikan dengan desain rumah kamu.
Mungkin kamu sering bertanya-tanya, apa saja kelebihan rotan sebagai bahan furnitur? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Bahan Fleksibel
Salah satu keunggulan utama bahan rotan adalah bahannya yang fleksibel. Fleksibilitas ini membuat kamu memiliki banyak pilihan model untuk melengkapi furniture di hunian kamu. Semisal, bahan rotan dapat dijadikan kursi dan meja berbentuk persegi, bulat, atau bentuk lain.

2. Memiliki Perawatan yang Mudah
Furnitur berbahan rotan memiliki perawatan yang mudah, terutama jika dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya. Cukup gunakan kain lembut dan sabun biasa untuk membersihkan furniture rotan. Untuk menjangkau sudut dan celah kecil, kamu bisa menggunakan kuas kecil.

3. Ramah lingkungan
Faktanya, rotan termasuk bahan yang berkelanjutan (sustainable material), yang artinya baik untuk lingkungan. Hal ini karena, rotan merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan dan dapat sepenuhnya tumbuh serta dipanen dalam waktu dua tahun, dibandingkan dengan beberapa pohon kayu keras yang memakan waktu hingga 20-30 tahun. Oleh karena itu, rotan adalah bahan yang sepenuhnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

4. Tahan Di Segala Cuaca (Waterproof)
Furniture berbahan rotan sintetis diketahui tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan ataupun panas. Selain itu, bahan rotan juga tahan terhadap pertumbuhan lumut, yang salah satu penyebab kerusakan furnitur rotan. Oleh karena itu, tak heran jika furniture berbahan rotan juga kerap digunakan mempercantik area luar rumah, seperti rooftop garden atau terrace garden.

5. Ringan Dan Tahan Lama
Furnitur berbahan rotan memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk dipindah atau digeser. Meskipun begitu, furniture rotan tetap kuat menahan beban dan tidak mudah rusak. Inilah alasan mengapa rotan sering dimanfaatkan untuk bahan dasar sofa maupun tempat tidur.

6. Identik dengan Kesan Natural
Jika kamu ingin menghadirkan kesan natural ke dalam hunian, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan furnitur berbahan rotan. Pilihlah furniture rotan berwarna alami untuk menciptakan kesan natural.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan furnitur rotan untuk hunian bergaya modern atau minimalis. Furniture rotan hadir dalam berbagai macam model yang dapat kamu sesuaikan dengan desain interior rumah kamu. Untuk rumah bergaya modern atau minimalis, pilihlah furniture rotan bergaya kontemporer yang didesain secara kreatif dan minimalis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *