Tips & Trick

5 Tips Membangun Rumah di Usia Muda yang Sesuai Keinginan!

Bangun Rumah di Usia Muda

Bagi para generasi milenial dan gen Z, kamu harus tahu tips membangun rumah di usia muda, agar nanti bisa memiliki rumah impian yang indah dan nyaman seperti yang sering kamu lihat di post Instagram.

Usia muda dianggap sebagai waktu yang tepat untuk membuat banyak rencana, termasuk rencana untuk memiliki rumah idaman seperti rumah  minimalis modern zaman sekarang.

Saat masih muda dan sudah berpenghasilan, maka itu adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi masa depan. Salah satu bentuk investasi tersebut adalah membeli atau membangun rumah.

Bolehkah Anak Muda Punya Rumah?

Sebelum membahas tips membangun rumah di usia muda, mari kita lihat terlebih dahulu dari segi hukum tentang kepemilikan properti di usia muda.

Dilansir dari laman blog 99.co, dalam aturan hukum di Indonesia, usia dewasa dari seseorang yang bisa membeli properti adalah usia 17, 18, dan 21 tahun.

Sedangkan khusus untuk KPR (cicilan kredit rumah), syarat yang diwajibkan adalah minimalis berusia 21 tahun dengan beberapa syarat tambahan tertentu.

Dalam hal ini, jika kalian adalah anak mudah baik generasi milenial hingga gen Z dan generasi setelahnya memenuhi usia tersebut, kalian sudah boleh membangun rumah atau memiliki rumah sendiri.

Tips Membangun Rumah di Usia Muda

Rumah Milenial

Bagi kalian generasi milenial atau generasi setelahnya, yang berusia masih muda dan produktif bekerja atau memiliki usaha, berikut ini tips membangun rumah di usia muda:

Tentukan Budget rumah yang ingin dibeli

Tips membangun rumah di usia muda yang pertama adalah menentukan budget rumah yang ingin dibeli. Hal ini sangat penting dan harus disesuaikan dengan penghasilan saat ini.

Beberapa tahun ke depan, mungkin penghasilan kamu akan meningkat. Untuk itu, kamu perlu melakukan survei terkait dengan harga rumah yang sekiranya sesuai dengan budget kamu saat ini.

Jika ingin mencari rumah dengan harga cukup terjangkau, kamu bisa memilih di lokasi pinggiran Depok, Tangerang atau Bekasi. Rata-rata harga rumah lokasi tersebut sekitar Rp. 350 jutaan.

Menabung Uang Muka

tips membangun rumah di usia muda berikutnya, setelah melakukan survey lokasi saatnya melakukan persiapan untuk menabung uang muka pembelian rumah.

Mulailah menabung dari penghasilan yang didapat setiap bulannya. Mempersiapkan uang muka untuk membeli rumah diperlukan, terutama jika kamu membeli rumah secara KPR.

Uang muka pembelian rumah biasanya ditentukan sesuai dengan bank KPR yang dipilih. Kamu bisa menabung untuk uang muka setidaknya 30% dari penghasilan bulanan yang didapatkan.

Usahakan untuk menyisihkan persiapan uang muka ini di awal gajian dan hindari menunggu hingga akhir bulan.

Mencari Penghasilan Tambahan

Ingin memiliki rumah impian di masa depan, tips membangun rumah di usia muda yang bisa dilakukan adalah mencari penghasilan tambahan.

Jika mengandalkan menabung dari penghasilan utama saja, mungkin akan cukup berat untuk bisa membayar cicilan rumah. Solusinya adalah memiliki pekerjaan atau usaha lainnya.

Pastikan pekerjaan lainnya atau usaha tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. Pilih juga yang bisa dilakukan di akhir pekan misalnya berjualan kuliner atau menjadi freelancer online.

Mulai Investasi

Tips membangun rumah di usia muda berikutnya adalah dengan berinvestasi secara tepat dan benar, bukan investasi abal-abal.

Investasi adalah kegiatan menyimpan uang dan membiarkannya mengendap di tabungan kita untuk jangka waktu yang cukup lama, agar kita mendapatkan keuntungan.

Investasi lainnya yang menguntungkan dan bisa kamu coba adalah investasi emas, deposito dan reksadana yang terbukti aman, berlisensi resmi , dan menguntungkan.

Hasil investasi ini tentunya bisa memberikan kamu keuntungan agar di masa depan bisa memiliki rumah idaman.

Menghemat Biaya Hidup

Ingin memiliki rumah di masa depan yang sesuai keinginan? sebaiknya kita bisa belajar lebih hemat dalam penggunaan biaya hidup.

Sebisa mungkin kita harus mengelola keuangan dengan seimbang, membuat pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan yang kita terima dari hasil keuntungan bisnis atau gaji selama bekerja.

Mulailah dengan mengurangi gaya hidup hedon, seperti makan dan nongkrong di Coffee shop atau makan di kafe dan restoran.

Membeli bahan makanan seperti sayuran dan menu 4 sehat 5 sempurna tentunya merupakan pilihan yang lebih sehat dan lebih terjangkau.

Transportasi dan gaya hidup lainnya seperti belanja hingga boros, juga bisa dikelola dengan baik, agar tidak terlalu boros. Dengan begitu di masa depan, kita tetap bisa mempersiapkan biaya untuk rumah. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar tips membangun rumah di usia muda, kamu juga berkonsultasi dengan jasa kontraktor atau jasa arsitektur profesional, kami dari tanganketiga siap membantu masalah kontruksi bangunan rumah Anda. 

Kunjungi website tanganketiga untuk mendapatkan informasi lengkap seputar jasa desain interior, jasa kontraktor, jasa arsitektur, hingga mendapatkan tips membangun rumah di usia muda. Konsultasi dengan kami sekarang melalui whatsApp kami. 

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *