Tips & Trick

7 Cara Hemat Membangun Rumah Jadi Bisa Nabung Banyak!

Cara Hemat Membangun Rumah

Bagaimana cara hemat membangun rumah di zaman serba mahal seperti ini ya? Meskipun kondisi ekonomi sedang naik turun, nyatanya properti masih menjadi prioritas banyak orang.

Memiliki rumah idaman milik sendiri tentunya dianggap lebih nyaman bisa lebih tenang dalam hal investasi masa depan. 

Untuk itu, membangun rumah di zaman sekarang akan lebih baik jika menggunakan konsep tertentu dan menampilkan rumah yang indah untuk diabadikan dalam foto, serta nyaman untuk ditinggali.

Lalu apakah ada cara hemat membangun rumah? Ternyata sejak dulu, kita bisa melakukan beberapa cara agar bisa membangun rumah tanpa mengeluarkan terlalu banyak uang. 

Cara Hemat Membangun Rumah

Kamu masih berpikir bahwa membangun rumah itu akan menghabiskan banyak uang? Sebenarnya ada kok, cara hemat membangun rumah dengan maksimal, tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam, berikut ulasan selengkapnya:

1. Sudah Punya Tanah

Pada dasarnya, ketika membangun sebuah rumah, baik itu ukuran dan konsep rumah yang dibuat sangat tergantung pada luas tanah yang dimiliki.

Harga properti yang semakin naik di setiap tahunya, cukup menjadi hal yang membuat sebagian orang takut mengeluarkan dana berlebih ketika membangun rumah.

Dalam hal ini,cara hemat membangun rumah yang bisa dilakukan adalah membeli tanah yang letaknya di kawasan strategis.

Mungkin bukan hal yang mudah untuk mendapatkan tanah dengan harga murah, namun cara hemat membangun rumah yang satu ini, memang lebih menguntungkan dibandingkan membangun rumah di komplek perumahan tertentu.

2. Mencari Referensi Model Rumah

Saat mencari referensi model rumah yang ingin dibangun, usahakan model rumah tersebut menjadi ideal untuk kamu dan memang sesuai dengan dana yang dimiliki.

Hindari memilih rumah model mewah, jika nantinya malah menghabiskan sebagian besar prioritas keuanganmu.

Cara hemat membangun rumah yang sesuai dengan budget yang dimiliki tapi tidak terlalu mewah, kamu bisa memilih konsep rumah minimalis yang paling banyak diminati saat ini.

3. Membuat RAB ( Rencana Anggaran Biaya )

Meskipun kamu memiliki kondisi keuangan yang baik, saat ingin membangun rumah tanpa membuat RAB maka ini akan membuat kamu mengeluarkan anggaran berlebih.

RAB dibuat agar kita mengetahui dengan detail dan psti, berapa biaya membangun rumah yang harus dikeluarkan. Jadi, kamu bisa menghitung dan mengetahui berapa budget untuk membangun rumah impian.

Jika hendak menggunakan RAB, jangan lupa juga untuk menambahkan kenaikan sebesar 5%-10% untuk alokasi dana tak terduga dalam pembangunan, seperti kerusakan alat kerja, kecelakaan kerja, dan lain sebagainnya.

4. Material Bangunan

Cara hemat membangun rumah berikutnya bisa dilakukan dengan memperhatikan material bangunan yang akan digunakan.

Ada banyak bahan bangunan di outlet konstruksi yang dijual beragam, baik dari sisi kualitas dan harganya. Ada juga beberapa material yang mungkin sedang diskon atau ada promo khusus.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk lebih berhemat dalam hal penggunaan material bangunan untuk membangun rumah impian.

Contoh kecil misalnya kamu ingin mengganti rangka atap dari kayu dengan rangka atap baja yang harganya lebih murah, dan tekstur yang lebih ringan, serta mudah dalam pemasangan.

5. Pemanfaatan Material Lokal

Apa saja material yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah? Mungkin komponen yang utama adalah semen dengan harga yang sudah ditentukan.

Cara hemat membangun rumah yang bisa dilakukan pada poin ini adalah memanfaatkan material lokal. Selain semen, beberapa area bangunan bisa menggunakan material lokal seperti batako, batu kali, hingga penggunaan tanah dan lumpur.

6. Membangun Rumah Tumbuh

Masih ingat dengan konsep rumah tumbuh? Ternyata konsep seperti ini bisa menjadi cara hemat mmbangun rumah yang mudah dilakukan.

Para pasangan muda bisa menerapkan konsep ini, dengan melakukan pembangunan pada rumah secara bertahap. Kamu bisa berkonsultasi dengan jasa arsitektur atau jasa renovasi rumah seperti tanganketiga, untuk berkonsultasi mengenai konsep rumah tumbuh ini. 

7. Selektif Memilih Tukang Bangunan

Cara hemat membangun rumah bisa kita lakukan juga dengan lebih selektif dalam memilih tukang bangunan.

Tukang bangunan dengan reputasi yang baik, hasil kerja yang bagus juga, serta professional tentunya paling di cari.

Kita harus lebih selektif dalam memilih jasa tukang untuk membangun rumah. Bila perlu mintalah rekomendasi atau hubungi jasa renovasi rumah atau jasa kontraktor terpercaya, agar mendapatkan tukang bangunan yang sesuai.

Jasa Tukang Bangunan Terbaik

Keberadaan jasa tukang bangunan atau jasa kontraktor juga berpengaruh dalam memilih cara hemat membangun rumah. 

Pasalnya, jasa kontraktor dapat memberikan RAB ( rencana anggaran bangunan ) yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. 

Dengan begitu, kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, dan fokus untuk melakukan investasi lainnya seperti menabung, investasi emas dan lain sebagainnya.

Temukan jasa kontraktor, jasa interior desain, jasa arsitektur, dan jasa tukang bangunan terbaik di tanganketiga. Konsultasikan kepada kami kebutuhan bangun rumah Anda. Hubungi kami melalui whatsApp sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *