Tips & Trick

5 Tips Merawat Kitchen Set Dapur Biar Tahan Lama dan Estetik

Tips Merawat Kitchen Set

Apa saja tips merawat kitchen set agar furniture dapur ini tetap awet dan bisa difungsikan jangka panjang? Perawatannya ternyata cukup mudah loh.

Semua furniture yang sudah kita beli untuk dekorasi ruangan rumah, tentunya ingin bisa lebih tahan lama dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya bukan?

Namun, beberapa kesalahan yang mungkin kurang kita perhatikan ketika membeli dan menggunakan furniture, dapat menyebabkan kerusakan jangka pendek hingga jangka panjang.

Begitu juga dengan kitchen set yang terletak di area dapur, furniture ini rentan mengalami kerusakan karena beberapa hal.

Saat kitchen set menjadi rusak dan berkurang fungsinya, hal ini akan cukup mengganggu dan harus segera diperbaiki. Bagaimana tips merawat kitchen set agar tahan lama?

Penyebab Furniture Cepat Rusak

Mengapa beberapa furniture yang terbuat dari kayu, termasuk kitchen set itu lebih cepat rusak ya dibandingkan furniture dari bahan lainnya?

Hal itu bisa terjadi karena beberapa hal. Ketika memilih bahan untuk membuat kitchen set, mungkin kita kurang memperhatikan material furniture yang dibeli.

Selain itu, furniture kayu yang jarang dibersihkan dengan rutin atau dibersihkan segera ketika kotor, bisa menyebabkan lebih cepat rusak.

Kitchen set yang ditaruh dalam posisi yang salah, juga menyebabkannya lebih cepat rusak loh. Kondisi udara yang lembab di area dapur, juga membuat bahan kayu dari kitchen set lebih cepat terkelupas dan rusak. 

Tips Merawat Kitchen Set

Kitchen set memiliki fungsi utama pada area dapur, yaitu sebagai tempat penyimpanan berbagai perabot dapur hingga bumbu-bumbu dapur dan bahan masakan lainnya.

Merawat kitchen set dengan tips merawatnya yang benar, akan menjadikan kitchen set di dapur lebih tahan lama dan berfungsi dengan maksimal. Berikut ini tips merawat kitchen set:

  • Bersihkan Secara Menyeluruh

Area dapur perlu dibersihkan dengan menyeluruh, termasuk kitchen set yang dipasang di area tersebut. kamu bisa mulai bersihkan 2-3 kali dalam setahun, sudah cukup membuatnya lebih bersih.

Meskipun begitu, jika kamu cukup sering memasak di area dapur yang dekat dengan kitchen set, maka setiap kali digunakan sebaiknya langsung dibersihkan dari noda makanan hingga bekas minyak.

Beberapa bahan kimia seperti baking soda atau cuka, bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel di area kitchen set yang kotor.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara

Beberapa bahan untuk membuat kitchen set umumnya terbuat dari kayu. Jika udara di area dapur cukup lembab, hal tersebut bisa merusak kitchen set seiring berjalannya waktu.

Agar bisa menghindari hal tersebut, sebaiknya perhatikan bagaimana sirkulasi udara di area dapurmu. Jika perlu, kamu bisa menggunakan alat seperti “exhaust fan” untuk menghindarkan bau yang mengganggu dan juga mengurangi udara yang sumpek di dapurmu.

  • Clean as You Go

Tips merawat kitchen set yang paling mudah untuk dilakukan adalah menerapkan prinsip Clean as you go atau membersihkan dapur segera setelah digunakan.

Dengan cara ini, maka dapur kita akan lebih lama bersihnya, serta terhindar dari serangga atau hama yang mengganggu. Noda dan kotoran bekas masak atau minyak juga langsung hilang.

  • Kitchen Set Harus Kering

Tips merawat kitchen set agar lebih tahan lama saat digunakan, kuncinya adalah menjaga agar tetap kering. Kitchen set tidak boleh terkena air, terlebih yang terbuat dari bahan kayu.

Kitchen set yang terlanjur basah dan dibiarkan terlalu lama, akan rentan dengan jamur dan mikroba, sehingga bahan kayunya akan terkelupas dan rusak.

Tips merawat kitchen set agar tidak terkena air, salah satunya dengan membiarkan piring-piring basah kering terlebih dahulu, sebelum disimpan di kabinet kitchen set.

  • Rapikan dan Susun Perlengkapan Kitchen Set

Jika proses pembersihan sudah dilakukan dengan maksimal, tips merawat kitchen set berikutnya adalah merapikan dan menyusun perlengkapan dapur pada kitchen set.

Mulai dengan menyusun peralatan berukuran besar dan berat untuk ditaruh di lemari kabinet bawah kitchen set dapur.

Begitu juga dengan alat memasak, alat makan dan minum, bisa disimpan di dalam laci kitchen set yang tersedia atau bisa juga di taruh sebagian di lemari cabinet bagian atas kitchen set.

Jika kamu menemukan beberapa peralatan yang sudah tidak terpakai, atau bahan makanan yang mungkin membusuk dan tertinggal di dalamnya, segera bersihkan.

Menyimpan bahan-bahan makanan dalam lemari cabinet, juga bisa diberikan alas kain atau karpet khusus, lalu ditaruh di dalam kotak organizer agar jauh lebih rapi.

Jasa Pembuatan Kitchen Set Minimalis

Kamu sudah memahami bagaimana tips merawat kitchen set agar tahan lama dan tetap estetik bukan? Saatnya miliki kitchen set modern dan minimalis untuk dapur sekarang. 

Tanganketiga menawarkan jasa pembuatan kitchen set modern, kitchen set minimalis, kitchen set ala jepang yang kekinian. 

Untuk konsultasi dan pemesanan, segera hubungi kami melalui whatsApp tanganketiga. Kunjungi juga website tanganketiga untuk informasi home decor dan furniture lainnya. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *