Tips & Trick

5 Ventilasi Rumah yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Penghuninya

Ventilasi Rumah

Rumah ideal adalah yang memiliki ventilasi rumah yang baik. Ventilasi rumah membuat tempat tinggal kita menjadi lebih sehat karena mendapatkan kualitas udara secara maksimal. 

Selain menyimpan beberapa jenis tanaman di halaman rumah, ventilasi rumah yang baik tentu harus kita perhatikan. 

Ventilasi rumah yang ideal bukan hanya menyuplai udara untuk area dalam rumah, tetapi juga menyalurkan cahaya dan meminimalisir debu yang masuk ke dalam rumah. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa jenis ventilasi rumah yang baik agar kita bisa memiliki rumah yang lebih sehat:

Fungsi Ventilasi Pada Rumah

ventilasi rumah yang baik dapat membuat kita merasa nyaman saat berada di setiap ruangan rumah kita. Penghuni rumah juga dapat menghirup udara yang bersih dan sehat jika memasang ventilasi rumah.

Rumah tanpa ventilasi rumah yang baik berisiko terhadap kesehatan penghuninya. Kondisi udara yang kotor dapat menyebabkan infeksi pernapasan hingga penyebaran penyakit berbahaya di area rumah.

Ventilasi rumah yang baik berfungsi untuk menciptakan dan mengalirkan udara bersih yang rendah polusi udara, serta menjaga kelembaban suhu di dalam bangunan.

WHO ( World Health Organization ) mengatakan bahwa rumah dengan kualitas udara yang kotor, menjadi penyebab utama penyebaran penyakit menular yang mematikan di negara-negara berkembang. Maka dari itu, ventilasi rumah yang baik adalah solusi untuk menghindari kondisi yang berbahaya yang terkadang sering diabaikan oleh penghuni rumah.  

Jenis-Jenis Ventilasi Rumah 

Ventilasi rumah yang baik umumnya terbagi dari dua kategori yaitu ventilasi alami dan ventilasi mekanik. Adapun jenis-jenis ventilasi rumah yang baik yang dapat digunakan sebagai berikut:

Ventilasi Jendela

Ventilasi rumah yang baik dan banyak digunakan adalah ventilasi jendela. Jenis ventilasi ini biasanya dipasang secara permanen di bagian atas jendela utama atau di beberapa rumah tropis. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pemasangan ventilasi jendela, yaitu luasnya hanya 5% saja dari total luas ruangan. 

Dalam hal pemasangannya, diusahakan dilakukan secara cross ventilating agar hawa panas bisa dengan cepat keluar dan masuk serta tidak mengendap di bagian ruangan.

Ventilasi Rumah Dekoratif Loster

Berbeda dengan ventilasi jendela, ventilasi dekoratif loster ini justru memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut akan memberikan tampilan yang lebih berbeda dari rumah. 

Ventilasi seperti paving block ini juga dibuat agar bisa menonjolkan sebuah motif ukiran atau pola pada jenis ventilasi rumah yang baik ini. 

Ventilasi rumah yang satu ini biasanya terbuat dari beberapa material seperti semen, kayu, hingga keramik

Loster menjadi salah satu ventilasi rumah yang baik sekaligus bisa digunakan sebagai variasi untuk penyekat ruangan atau pagar di area luar rumah.

Ventilasi Jalusi

Jenis ventilasi rumah yang baik selanjutnya adalah jalusi. Menjadi salah satu ventilasi rumah yang sering digunakan dan dipasang ke jendela berbentuk horizontal.

Ventilasi jalusi akan tampak seperti beberapa celah yang menjadi jalur masuk untuk udara dan cahaya ke dalam rumah.

Ventilasi jalusi juga dapat mengontrol cahaya yang masuk ke dalam area ruangan rumah, karena materialnya mampu menyerap serta memantulkan cahaya yang berlebihan.

Ventilasi rumah yang baik berbentuk kisi-kisi ini juga dapat membantu menyaring udara yang kotor agar tidak masuk ke dalam area rumah. Ventilasi jalusi juga menggunakan sistem buka tutup sehingga dapat diatur sesuai keinginan.

Ventilasi Rumah di Dalam Atap

Siapa bilang kalau ventilasi rumah yang baik itu selalu identic dengan jendela ruangan? Kita juga memasang ventilasi rumah dengan yang secara mekanis ada di dalam atap rumah.

Ventilasi mekanis seperti ini biasanya menambahkan kipas penghisap atau exhaust fan, sebagai saringan udara. Ventilasi seperti ini biasanya dipasang pada plafon atap rumah di beberapa ruangan.

Setiap ruangan yang dipasangi ventilasi atap rumah, akan terhubung dengan jalur aliran udara yang pusatnya berada di tempat tinggi seperti loteng rumah.

Jalur aliran udara tersebut berbentuk mesin yang disebut MVHR ( Heat Recovery Unit ). Mesin tersebut juga akan menghirup udara kotor kemudian diekstraksi secara otomatis.

Selanjutnya, udara yang bersih akan disalurkan kembali melalui mesin tersebut ke dalam ruangan. Semnetara itu, udara kotor yang terhisap akan dibuang ke area luar rumah.  

Ventilasi Pada Dapur dan Kamar Mandi

Area dapur dan kamar mandi juga dapat dipasangi ventilasi rumah yang baik agar lebih nyaman saat berada di area tersebut.

Ketika kita beraktivitas di area dapur dan kamar mandi, biasanya akan menghasilkan uap air dengan temperatur yang cukup tinggi. Dengan ventilasi tambahan di area ini uap air tersebut bisa diatasi.

Kamar mandi dan area dapur yang tidak dilengkapi ventilasi rumah yang baik, akan menyebabkan udara panas di kedua daerah tersebut.

Di kamar mandi, kamu bisa menggunakan ventilasi sejenis blower. Sementara di dapur, kamu bisa menggunakan cooker hood yang diletakan di area dekat kompor. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *