Tips & Trick

Ini Dia 7 Sekat Ruang Tamu untuk Mempercantik Area Rumah Minimalis

Sekat Ruang Tamu

Selalu ada yang baru dari konsep rumah modern saat ini, salah satunya memasang sekat ruang tamu agar area dalam rumah lebih terisi, rapi, dan indah.

Jika biasanya sekat merupakan bangunan sebuah dinding, saat ini sekat ruang tamu bahkan terbuat dari berbagai material seperti kaca, kayu, hingga plastik.

Sekat ruang tamu yang sering ditemukan pada rumah-rumah modern saat ini tentunya memiliki beberapa fungsi selain sebagai pemisah antar ruangan. 

Apa saja fungsi sekat ruang tamu dan apa saja jenis sekat ruang tamu yang banyak digunakan, saat ini, berikut ulasan selengkapnya: 

Fungsi Sekat Ruang Tamu

Dalam dunia desain interior, sekat ruang tamu atau partisi ruang tamu memang ditempatkan untuk memisahkan dua ruangan dengan lebih mudah. Sekat ruang tamu sengaja dibuat, karena memiliki fungsi pada area ruang tamu yaitu :

1. Untuk Membedakan Ruangan

Sekat ruang tamu sengaja dibuat Untuk membatasi dan memisahkan area tertentu dalam satu ruangan.  sebelum menerapkan sekat ruang tamu pastikan kamu menentukan jumlah sekat yang akan digunakan terlebih dahulu ya.

2. Struktur pada ruangan

 fungsi selanjutnya untuk sekat ruang tamu adalah sebagai struktur pada ruangan titik ruang tamu yang tampak memanjang akan terlihat biasa saja. ruang tamu yang terlalu biasa dan terlalu luas juga bisa membosankan titik dengan sekat ruang tamu, kita bisa menambah struktur pada ruangan tamu tersebut.

3. Menguatkan kesan minimalis

Sekat sekat ruang juga  berfungsi berfungsi untuk menciptakan ilusi yang indah.  jika mengandalkan bagi bagian dinding saja tidak akan memunculkan Sisi minimalisnya dengan sekat tamu, ruang mini minimal akan tanpa tampak lebih estetik.

4. Menambah privasi

Rumah dengan konsep Open space seperti rumah minimalis,  memiliki satu ke kekurangan yaitu kurangnya privasi ruangan. 

Meskipun kamu memiliki ruang tamu yang berukuran tidak terlalu luas, kamu bisa menggunakan sekat ruang tamu yang cocok untuk ruangan seperti itu.

Beberapa model rumah di Jepang, banyak menerapkan sekat ruang tamu untuk privasi menggunakan fusuma khas Jepang. Bentuk sekat ini bisa menjadi inspirasi untuk kita saat membatasi ruang tamu.

5. Multifungsi dan Fleksibel

Ingin memasang sekat ruang tamu yang fleksibel dan multifungsi? Kamu bisa menggunakan lemari sebagai solusinya. lemari hiasan dinding modern dan minimalis saat ini banyak digunakan sebagai sekat ruangan.

Selain dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan yang lebih leluasa, juga dapat menciptakan privasi di dalam ruangan. Lemari rak minimalis bisa digunakan sebagai partisi dalam ruang tamu.

Lemari rak minimalis untuk sekat ruang tamu ini juga bersifat multifungsi, karena bisa digunakan sebagai perabotan yang bahkan bisa dipindah-pindah sesuai keinginan.

Jenis Rak untuk Sekat Ruang Tamu

Setelah mengetahui fungsi sekat ruang tamu, berikut ini beberapa jenis rak yang biasanya sering digunakan sebagai sekat ruang tamu pada rumah minimalis:

1. Rak Partisi

Bagi kamu yang menyukai desain sekat ruang tamu yang tampak ramping dan modern, serta cocok untuk rumah minimalis, rak partisi adalah pilihan yang tepat.

Rak partisi biasanya dapat menahan bobot barang hingga 15 kg, dengan rangka yang terbuat dari bahan metal sehingga tampak kokoh dijadikan sebagai sekat ruangan.

2. Lemari pajangan

Berbentuk lemari dengan fungsi sebagai dekorasi ruangan juga, dengan model yang elegan dan lebih cantik ketika di taruh pajangan minimalis.

3. Rak Buku

Bagi kamu yang memiliki koleksi buku-buku favorit, mengapa tidak menjadikannya sebagai sekat ruang tamu dengan bantuan rak buku. Rak buku 6-8 kompartemen bisa dipilih

4. Rak Stairwell

rak yang mirip dengan tangga kayu ini kini banyak digunakan sebagai dokterasi dan juga bisa digunakan sebagai sekat ruang tamu yang paling sederhana tapi sangat cantik. 

5. Rak TV

Pembatas ruangan atau sekat ruang tamu yang paling banyak dipilih sepertinya adalah rak TV. Kamu bisa memilih rak TV untuk pajangan atau rak TV minimalis. 

6. Kabinet Hallway

Sekat ruang tamu berupa cabinet lengkap dengan penyimpanan laci dan tempat untuk duduk ini menjadi pembatas ruang tamu yang paling bersifat multifungsi dan memperindah ruangan. 

7. Kabinet Serbaguna

Sekat ruang tamu bisa menggunakan cabinet serbaguna. Lemari cabinet ini bisa digunakan juga sebagai tempat memajang hiasan seperti bunga, miniatur figure dan bingkai foto.

Selain di ruang tamu, lemari cabinet ini juga dapat diletakan sebagai sekat di ruang kerja, ruang keluarga dan ruang tidur.

Pembatas Ruangan Beli di Furniture Online

Menambahkan furniture untuk mempercantik rumah, tentunya akan menambah suasana rumah menjadi nyaman dan indah untuk ditinggali. 

Namun, terkadang cukup sulit menentukan furniture yang cocok dengan konsep rumah, terlebih yang ingin ditambahkan dengan sekat ruang tamu. 

Kini tidak usah bingung untuk mencari furniture online berkualitas, karena tangan ketiga bisa menjadi solusinya. Kunjungi website tangan ketiga untuk informasi produk yang lebih lengkap. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *