Tips & Trick

6 Jenis Atap Untuk Carport yang Berkualitas dan Paling Diminati

Atap Untuk Carport

Sedang mencari atap untuk carport di rumah? Pastikan memilih atap carport yang berkualitas, agar kendaraan kita tetap terlindungi dengan maksimal.

Mendirikan sebuah rumah tentunya harus dilengkapi dengan garasi kendaraan dan carport. Keduanya memiliki bentuk dan letak yang berbeda, meskipun fungsinya sama, untuk menyimpan kendaraan.

Sebelum membuat carport di area rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk dalam memilih atap carport yang berkualitas. 

Carport juga berbeda dengan garasi, meskipun sekilas tampak sama. Berikut ini penjelasan mengenai pemilihan atap untuk carport dan perbedaanya dengan garasi kendaraan.??

Perbedaan Carport dengan Garasi

Hampir setiap rumah di area perumahan khusus, dilengkapi dengan garasi mobil di dalamnya. Area garasi mobil ini juga sering disebut dengan carport.

Meskipun tampak sama, garasi dan carport ini bisa dibilang berbeda berdasarkan bentuk dan letaknya. Garasi biasanya berada di dalam ruangan tertutup dan hanya untuk menyimpan mobil.

Sedangkan Carport biasanya ada di ruangan terbuka, baik di bagian samping atau depan rumah yang juga berfungsi untuk menyimpan kendaraan. Selain itu perbedaan lainnya sebagai berikut:

Kanopi Sebagai  Atap Untuk Carport

Carport seharusnya dapat melindungi kendaraan dari hujan dan panas dengan maksimal. Untuk itu, diperlukan atap untuk carport dengan kualitas terbaik.

Jika ingin membangun carport di area rumah, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, termasuk memilih atap untuk carport. 

Carport sebaiknya tidak menghalangi area pintu masuk rumah. Mulai dari letaknya, ukuran, lantai, atap, hingga talang airnya, berikut ini material atap untuk carport: 

1. Atap Membrane

Atap untuk carport yang pertama adalah bahan kanopi membrane. Material ini merupakan salah satu jenis atau untuk carport yang cukup mahal harganya.

Kanopi membrane cukup kuat, sehingga bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Tampilan kanopi membrane ini juga cantik dengan warna putih dan rangka besi yang estetik.

Kanopi membrane juga bagus dalam menahan sinar matahari dan tidak mudah sobek karena berbahan elastis. Harga kanopi ini sekitar Rp. 750rb ke atas untuk setiap m2.

2. Kanopi Go Green

Ingin memiliki atap untuk carport dari bahan yang ramah lingkungan? Kanopi go green bisa menjadi andalan. Kanopi ini terbuat dari bahan baja ringan hasil daur ulang dan bebas zat berbahaya.

Atap untuk carport ini bebas karat dan lebih murah dibandingkan jenis kanopi lainnya. Kanopi ini juga bergaransi dan efektif dalam menahan panas matahari dan hujan.

Baca juga : Jasa Pasang Kanopi Baja Ringan di Kuningan

3. Kanopi Spandek

Jenis atap untuk carport berikutnya adalah kanopi spandek, yang terbuat dari beberapa material seperti seng, alumunium, dan seng.

Bahan-bahan perpaduan besi tersebut mampu memantulkan panas ke bagian ruang di bawahnya. Jika memilih atap untuk carport dari bahan ini, sebaiknya dilapisi lagi menggunakan alumunium foil.

Bahan kanopi carport ini juga tahan korosi dan cocok diterapkan jika ingin membuat rumah dan carport di area dekat pantai.

4. Atap Kaca

Bagi pemilik rumah minimalis yang ingin membuat carport di samping rumah bisa mempertimbangkan memilih atap kaca.

Atap untuk carport ini terbuat dari kaca dengan besi hollow sebagai penyangganya. Atap untuk carport ini juga harus dirawat dengan cukup ekstra. Bahan kaca tentunya mudah pecah dan cepat kotor.

5. Atap Polycarbonate

Ini merupakan bahan atap untuk carport yang paling banyak diminati. Kanopi polycarbonate ini terbuat dari bahan plastic bening yang tampak seperti kaca.

Meskipun dari plastik bening, bahan ini baik digunakan sebagai indeks pembias yang maksimal, jika digunakan sebagai partisi ruangan.

Kanopi bahan polycarbonate termasuk atap untuk carport yang ringan, awet, anti pecah, dan mudah dipasang.

6. Atap Alderon

Sama seperti atap polycarbonate, atap untuk carport alderon ini juga populer dan banyak digunakan sebagai atap untuk carport di area permukiman dan perumahan.

Terdapat dua tipe alderon, yaitu single layer dan double layer dengan rongga. Rongga-rongga tersebut mampu menahan panas matahari dengan baik dan bisa menyerap suara bising ketika hujan besar turun. Kanopi alderon ini juga memiliki ketahan beban yang baik. 

Jika sudah menentukan atap untuk carport, kita juga harus memperhatikan bagian lain, seperti lantai carport. Beberapa bahan yang cocok dijadikan lantai carport seperti batu alam, paving block, hingga keramik  granit dan marmer.

Penting juga untuk memperhatikan ukuran carport yang akan dibuat dengan detail agar bisa berfungsi dengan maksimal. 

Jasa Desain Eksterior Rumah Terbaik

Ternyata membuat carport di area rumah tidak bisa sembarangan. Mulai dari menentukan ukuran, jenis lantai, hingga bahan atap untuk carport harus tepat. 

Tidak usah bingung untuk membuat carport karena kini kamu bisa menyerahkan pekerjaan tersebut kepada jasa desain eksterior rumah terbaik seperti tanganketiga. 

Melalui tanganketiga, kamu bisa berkonsultasi mengenai desain interior, desain eksterior, hingga renovasi rumah yang sesuai budget dan keinginan kamu. 

Hubungi kami melalui whatsapp untuk konsultasi seputar pemilihan dan pemasangan atap untuk carport dan kunjungi website tanganketiga untuk informasi lebih lengkap. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *