Tips & Trick

6 Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi secara Alami

Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Sulit membersihkan toilet dan mencari cara menghilangkan kerak kamar mandi dengan mudah? Adanya kerak di area kamar mandi membuat tempat ini tampak kotor dan penuh bakteri harus segera dibersihkan.

Kamar mandi terkadang menjadi tempat yang cukup nyaman untuk berdiam diri, selain kamar tidur. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan kamar mandi agar kita betah saat berada di dalamnya.

Kamar mandi menjadi tempat yang tampak kotor dan penuh bakteri, salah satu penyebabnya karena kerak yang sering muncul, berupa kerak kapur.

Tidak perlu khawatir ketika menemukan noda di kamar mandi berupa kerak yang membandel, karena kita bisa membersihkannya dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. 

Mengapa Kerak Muncul di Kamar Mandi?

Munculnya kerak di area lantai atau dinding keramik kamar mandi, biasanya berasal dari sisa-sisa kotoran, jamur, hingga lumut yang terlalu lama menempel di area tersebut. 

Setelah cukup lama menempel, kotoran akan menjadi noda berupa bercak putih yang menempel di peralatan kaca, atau berwarna coklat kekuningan di bagian lantai keramik kamar mandi.

Jika sudah melihat tanda-tanda kotoran seperti ini di area kamar mandi, sebaiknya segera dibersihkan. Jika dibiarkan, maka kerak membandel ini akan lebih sulit dibersihkan dan membuat kamar mandi tampak kotor dan kurang indah. 

Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi

Agar kamar mandi bisa terbebas dari kerak-kerak yang membandel tersebut, berikut ini cara membersihkan kerak kamar mandi dengan mudah:

  • Gunakan Cuka

Jika kerak yang menempel di area kamar mandi cukup membandel, maka kita bisa menggunakan cuka untuk membersihkannya.

Siramkan cuka ke bagian permukaan yang terdapat keraknya, diamkan untuk beberapa saat, dan mulai sikat hingga bersih, lalu bersihkan dengan menyiram air hangat.

  • Bubuk Soda Kue

Cara menghilangkan kerak kamar mandi juga bisa menggunakan bubuk soda kue. Caranya, campurkan soda kue dengan air, diamkan beberapa waktu, lalu mulai sikat hingga bersih dan kinclong.

Bersihkan kembali dengan menyiramkan air hangat di area dinding tersebut. pastikan jika keraknya sudah rontok dan bersih dari area dinding kamar mandi.

  • Abu Gosok dan Garam

Alternatif lain cara menghilangkan kerak kamar mandi adalah menggunakan abu gosok dan garam ( tanpa yodium ).

Campurkan bahan-bahan tersebut dengan ditambahkan sedikit air. Lalu mulai gosokan pada bagian kerak yang membandel tersebut. bersihkan dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

  • Cairan Pembersih Khusus

Saat ini, banyak cairan pembersih khusus untuk cara menghilangkan kerak membandel yang ampuh. Cairan pembersih ini umumnya terbuat dari bahan kimia yang ampuh bersihkan masalah kerak di kamar mandi.

  • Jeruk Nipis

Noda berupa kerak di kamar mandi, tentunya akan sangat mengganggu estetika ruangan kamar mandi minimalis yang sudah kita bangun.

Jika mulai muncul kerak-kerak putih seperti itu, kita bisa membersihkannya dengan jeruk nipis. Ambilah beberapa butir jeruk nipis, peras dan campurkan larutannya sebagai pembersih kerak. Bilas dan bersihkan dengan air hangat.

  • Pasta Gigi

Cara menghilangkan kerak ternyata bisa juga menggunakan pasta gigi. Hal ini, karena kandungan dalam pasta gigi tersebut yang ampuh membasmi jamur dan noda pada dinding kamar mandi.

Caranya cukup gunakan sikat gigi bekas dan olesi pasta gigi tersebut di atasnya. Mulai gosok bagian kerak pada cermin atau benda-benda lainnya dikamar mandi.

Tunggu hingga mengering dan lap dengan kertas koran, lalu gogosk kembali. Hasilnya, benda-benda berkerak akan Nampak berkilau.  

Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Meskipun kerak-kerak yang membandel di kamar mandi sudah berhasil dibersihkan, kamar mandi sebaiknya dibersihkan secara berkala. Berikut ini tips untuk membersihkan kamar mandi sehari-hari:

  • Bersihkan area keramik lantai hingga keramik dinding kamar mandi dengan rutin, setidaknya seminggu sekali. Hal ini dapat menghindarkan kerak, lumut, noda, dan jamur menempel
  • Perhatikan ventilasi kamar mandi, pastikan ventilasinya cukup lembab agar mencegah lumut bersarang di area keramik
  • Setelah menggunakan kamar mandi, biarkan pintunya terbuka agar sisa air di area tersebut lebih cepat kering
  • Siapkan lap khusus untuk mengelap perabotan di kamar mandi seperti shower, keran, cermin hingga pinggiran wastafel sehingga tidak ada noda bekas sabun pembersih
  • Letakan juga penyerap lembab untuk beberapa sudut kamar mandi agar lebih cepat kering

Menjaga kebersihan kamar mandi dengan rutin membersihkannya seminggu sekali, akan mengurangi banyaknya noda seperti lumut dan kerak yang menempel di bagian tertentu kamar mandi. 

Jika noda kerak sudah terlalu lama dan sulit untuk dibersihkan, mungkin kamu bisa merenovasi kamar mandi dengan konsep baru dan mulai terapkan cara menghilangkan kerak kamar mandi dengan maksimal.

Urusan renovasi rumah dan renovasi kamar mandi, serahkan saja pada ahlinya, tanganketiga jasa renovasi terbaik Kuningan. Hubungi kami lewat Whatsapp untuk konsultasi dan pemesanan!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *