Tips & Trick

Ini Dia 7 Jenis Kayu untuk Furniture Berbagai Kualitas

Jenis Kayu untuk Furniture

Saat memilih perabotan rumah, jenis kayu untuk furniture seperti apa yang akan membuat perabotan tersebut lebih awet dan tahan lama ya? 

Kayu merupakan salah satu material dari produk furniture yang paling banyak digunakan di hampir seluruh dunia. 

Bahan kayu dianggap memiliki ciri khas tersendiri dan selalu berhasil memberikan kesan hangat ketika menjadi bagian dari dekorasi atau bagian interior rumah.

Agar bisa mendapatkan produk furniture kayu yang berkualitas, kira-kira jenis kayu untuk furniture seperti apa saja yang bisa kita pilih?

Mengapa Kayu Dijadikan Produk Furniture?

Kayu merupakan suatu bahan alami yang dikenal lebih kuat, dibandingkan furniture lainnya. Kayu juga terbukti lebih tahan lama ketika sudah dibuat menjadi suatu benda furniture. 

Jenis kayu untuk furniture yang berkualitas, biasanya memiliki kekuatan yang bagus dan dapat menahan beban ketika difungsikan. 

Produk furniture dari kayu juga tentunya anti karat, tidak seperti produk furniture dari besi yang lebih cepat mengalami korosi saat digunakan lebih lama. 

Jenis kayu untuk furniture juga dapat dibuat ukuran yang semakin memperindah tekstur kayu tersebut. harga furniture kayu juga tentu lebih murah, dibandingkan furniture besi. 

Jenis Kayu untuk Furniture 

Bagi kamu yang sedang mencari produk furniture dari kayu atau mencari kayu untuk furniture minimalis, berikut ini informasi jenis kayu untuk furniture yang sebaiknya dipilih:

Kayu Pinus

Kayu Pinus

Jenis kayu untuk furniture yang pertama adalah kayu pinus. Kayu pinus dikenal karena harganya yang lumayan terjangkau dengan kualitas yang bagus. 

Kayu pinus memiliki warna yang terang dan mudah jika ingin ditimpa oleh warna lainnya. Bobot kayu ini juga terbilang ringan dan tidak sekuat jenis kayu lainnya. 

Kayu pinus atau kayu jati Belanda cocok untuk digunakan sebagai kayu untuk furniture minimalis yang saat ini banyak diminati. 

Kayu Maple

Kayu Maple

Berikutnya ada jenis kayu untuk furniture yang disebut kayu maple. Karakteristik kayu ini lebih keras, berat, keras, dan juga anti lembab. 

Banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan furniture, jenis kayu untuk furniture ini awet dan tidak mudah rusak, meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun. 

Beberapa alat musik juga banyak yang terbuat dari kayu maple. Seperti gitar dan drum. Maple juga merupakan jenis kayu untuk meja, lemari, dan beberapa perangkat dapur. 

Kayu Oak

Kayu Oak

Jenis kayu untuk furniture yang satu ini juga pastinya sudah tidak asing di telinga kita. Kayu oak memiliki karakteristik sebagai kayu yang kuat, keras, dan tahan lama. 

Kayu oak juga termasuk jenis kayu yang berat dan tidak mudah usang dimakan waktu. Penggunaan kayu oak sebagai furniture biasanya dilapisi kembali agar lebih indah. 

Lapisan ini menggunakan cat Polishing sebagai proteksi agar serat kayu oak tetap indah. Beberapa jenis kayu oak yang banyak digunakan adalah kayu oak putih dan kayu oak merah. 

Kayu Beech

Kayu Beech

Pernah mendengar jenis kayu untuk furniture yang satu ini? Kayu beech merupakan jenis kayu yang kuat, keras, dan jug berat. 

Warna kayu beech juga terang seperti warna putih kekuningan. Tekstur kulit kayunya juga halus dan merata jika diraba. Kayu beech memiliki shock resistance yang tinggi ( daya redam bagus ).

Banyak furniture seperti meja dan kursi dengan kualitas terbaik yang terbuat dari kayu beech. Perabotan furniture dari kayu beech juga memiliki finishing yang lembut dan tidak mudah kotor ( dilapisi proteksi ).

Kayu Jati

Kayu Jati

Jenis kayu untuk furniture yang dikenal paling mahal adalah kayu jati. Memiliki kualitas kayu yang terbaik, kuat, serta awet saat digunakan. Kayu jati juga tahan terhadap cuaca, jamur, hingga air sekalipun. 

Kandungan minyak pada kayu jati cukup tinggi, sehingga kayu ini begitu kuat saat dibuat menjadi furniture di rumah. Beberapa meja kantor untuk direktur banyak yang terbuat dari kayu jati dengan ketahanan yang baik. 

Kayu Merbau

Kayu Merbau

Memiliki kualitas dibawah kayu jati, kayu merbau merupakan jenis kayu untuk furniture yang juga memiliki kualitas kayu terbaik dengan warna coklat kemerahan yang khas.

Jika bukan kayu jati, maka alternative pilihan lainnya adalah kayu merbau. Kayu ini memiliki tingkat kekerasan yang baik, tahan terhadap cuaca dan juga serangga.

Kayu merbau banyak ditemui pada rumah minimalis, sebagai bahan dasar lantai kayu. Selain warnanya yang bagus, jenis kayu yang kuat ini tidak akan mudah rusak.

Kayu Mahoni

Kayu Mahoni

Jenis kayu untuk furniture lainnya adalah kayu mahoni. Kayu ini sering ditampilkan dalam gaya yang klasik dan natural saat dibuat perabotan.

Kayu mahoni adalah kayu untuk furniture mebel Jepara, selain menggunakan kayu jati. Harga kayu untuk furniture mahoni dikenal lebih murah dan terjangkau.

Soal keawetan kayu mahoni, tentunya tidak sekuat kayu jati atau kayu merbau. Kualitas kayu mahoni juga tidak sebaik kedua kayu berkualitas tersebut dan lebih rentan rayap serta pengaruh cuaca.  

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *