Materials

6 Perbedaan Lantai Kayu Parket dan Vinyl Mau Pilih Mana?

Perbedaan Lantai Kayu Parket dan Vinyl

Apa saja perbedaan lantai kayu parket dan vinyl? Hal ini pasti kamu tanyakan ketika hendak memilih jenis lantai kayu terbaik untuk rumah.

Penggunaan lantai kayu saat ini cukup menjadi trend. Awalnya, lantai kayu banyak digunakan di hotel atau cafe kekinian. Saat ini, telah banyak rumah dengan konsep khusus yang menggunakan lantai kayu.

Warna kayu yang cenderung alami dan netral, ternyata cocok melapisi lantai dengan rumah konsep apa saja. Mulai dari desain rumah yang industrial, rustic, hingga minimalis, semuanya cocok.

Jika kamu mulai mempertimbangkan penggunaan lantai kayu untuk ruang kamar, ruang tamu, ruang dapur, dan lain sebagainnya, ketahui dulu perbedaan material lantai kayu vinyl dan lantai kayu parket berikut ini:

Perbedaan Lantai Kayu Vinyl dan Parket

Meskipun sekilas tampak sama, kedua jenis lantai kayu parket dan lantai kayu vinyl ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Simak perbedaannya agar kamu bisa lebih tepat dalam menentukan jenis lantai kayu dan dekorasi untuk rumah impian kamu:

1. Perbedaan Motif

Ketika mengunjungi Living Plaza atau toko dekorasi rumah, kamu akan menemukan kedua jenis lantai kayu untuk rumah, yaitu jenis vinyl dan parket.

Coba perhatikan keduannya, adakah perbedaanya? Ternyata kedua jenis lantai kayu ini memiliki motif yang berbeda satu sama lainnya.

Lantai kayu parket memiliki corak yang menyerupai kayu asli. Alasannya, karena memang terbuat dari kayu asli. Jika kayu jati adalah bahan dasarnya, maka corak lantai kayu parketnya adalah jati.

Sebaliknya, lantai kayu vinyl malah memiliki corak dan motif yang cukup beragam. Bukan hanya corak kayu, kamu juga bisa menemukan vinyl dengan motif natural seperti batu alam.

2. Bahan Dasarnya

Lantai kayu parket dan lantai kayu vinyl juga memiliki material dasar yang berbeda. Untuk kayu parket, bahan dasarnya adalah kayu asli tanpa campuran apapun.

Sementara lantai kayu vinyl, bahan dasarnya adalah bahan sintetis yang diberi nama polyvinyl chloride atau PVC yang menyerupai motif kayu tapi bukan kayu yang sebenarnya.

3. Ketahanan

Berbicara soal lantai kayu untuk rumah, perbedaan lantai kayu parket dan vinyl yang satu ini tentunya harus menjadi bahan pertimbangan.

Ketahanan lantai kayu vinyl yang terbuat dari bahan sintetis ternyata lebih kuat dibandingkan lantai kayu parket. Lantai kayu vinyl juga bisa dipasang untuk interior rumah maupun eksterior rumah.

Namun, jika kamu lebih fokus untuk membuat lantai kayu di dalam ruangan rumah saja, maka jenis kayu parket paling direkomendasikan, karena tidak cepat menyusut oleh cuaca panas sekalipun.

4. Cara Memasangnya

Perbedaan lantai kayu parket dan vinyl berikutnya adalah dalam hal pemasangannya. Masing-masing jenis lantai kayu ini memiliki tantangan tersendiri dalam hal pemasangannya.

Lantai kayu vinyl biasanya dipasang dengan lem perekat. Meskipun lantai di rumah sudah menggunakan keramik, kamu tinggal melapisinya saja dengan vinyl yang sudah diolesi perekat khusus.

Sementara untuk lantai kayu parket, cara memasangnya cukup rumit. Lempengan kayu parket ini harus disusun mengikuti jalur puzzle, kemudian agar semakin kuat harus menggunakan paku.

Baca juga : 8 Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri di Rumah

5. Perbedaan Harga

Lebih mahal mana ya, lantai kayu parket atau lantai kayu vinyl? Urusan budget dalam dekorasi rumah tentunya menjadi penentu material lantai kayu mana yang akan kita gunakan.

Jika budget kamu cukup terbatas, maka lantai kayu vinyl bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab harga per satu lempeng vinylnya lebih murah dibandingkan kayu parket.

Jika memang menginginkan penggunaan lantai kayu parket yang tampak seperti kayu asli dan alami, maka siapkan budget yang lebih ekstra untuk material kayu ini.

6. Cara Merawatnya

Menggunakan jenis lantai kayu ternyata bukan hanya untuk mempercantik dekorasi ruangan di rumah. Hal tersebut juga harus diperhatikan perawatannya.

Perbedaan lantai kayu parket dan vinyl adalah perawatannya yang berbeda. Lantai kayu vinyl bisa kita rawat dengan rajin menyapu dan mengepel bagian permukaannya saja.

Sementara jenis lantai kayu parket harus lebih hati-hati perawatannya. Ada alat khusus untuk membersihkannya, agar permukaan lantai tetap nyaman, tidak licin, dan tidak mudah keropos.

Sesuaikan Budget 

Sebelum menggunakan jenis lantai kayu parket maupun vinyl, pastikan kamu menghitung luas ruangan di rumah terlebih dulu.

Setelah itu, kamu bisa menentukan seberapa banyak material lantai kayu parket maupun lantai kayu vinyl yang harus disiapkan, dan bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Jika masih bingung tentang pemasangan lantai kayu parket maupun lantai kayu vinyl itu seperti apa, memilih jasa renovasi rumah atau jasa bangun rumah Kuningan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kami rekomendasikan tanganketiga sebagai jasa bangun dan renovasi rumah Kuningan, yang dapat membantu dalam mewujudkan dekorasi rumah yang sesuai keinginan, salah satunya pemasangan lantai kayu. 

Dengan mengetahui perbedaan lantai kayu parket dan vinyl, kamu bisa lebih mudah ketika berkonsultasi dengan tanganketiga dan konsep rumah impianmu lebih cepat terwujud. 

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *