Tips & Trick

8 Cara Memasang Lantai Kayu Parket Sendiri di Rumah

Cara Memasang Lantai Kayu Parket

Bosan dengan lantai keramik dan mulai mencari cara memasang lantai kayu parket sendiri? Artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap.

Pemasangan lantai kayu merupakan salah satu bagian dari renovasi rumah, dengan mengganti lantai keramik biasa, menjadi lantai kayu yang cantik ala rumah-rumah di luar negeri.

Nah, untuk melakukan renovasi rumah dengan mengganti lantai keramik menjadi lantai kayu, diperlukan tenaga ahli dalam pemasangannya.

Namun, jika ingin lebih menghemat biaya, lantai kayu juga bisa kita pasang sendiri. Cara memasang lantai kayu parket sendiri akan mudah jika kita memperhatikan prosedur pemasangannya dengan baik.

Apa itu Lantai Kayu Parket?

Kayu parket atau parquet dalam Bahasa Inggris, merupakan jenis kayu yang banyak digunakan sebagai pelapis lantai untuk rumah-rumah modern saat ini.

Penggunaan kayu parket menjadi lantai kayu dianggap mampu memberikan kesan natural dan hangat dalam sebuah rumah.

Tampilan lantai di rumah yang dilapisi kayu parket bahkan tampak menjadi lebih indah. Bukan hanya di rumah, beberapa kantor, studio foto, hingga hotel berbintang juga banyak menggunakan lantai kayu parket.

Material lantai kayu parket ini merupakan kayu solid. Bahan dasarnya 100% kayu original semacam kayu jati. Sebagian, ada juga yang terbuat dari kayu olahan atau parquet laminate.

Nah, kumpulan kepingan kayu asli akan mengalami proses pengepresan. Setelah itu, akan dibuat berbentuk sebuah pola, baik pola strip atau plank.

Cara memasang lantai kayu parket sendiri, kuncinya ada pada sisi lantai kayu ini yang saling mengunci satu sama lainnya. Penggunaan paku tembak akan lebih memperkuat pemasangan lantai kayu solid ini. 

Cara Memasang Lantai Kayu Parket

Bagi yang ingin mencoba cara memasang lantai kayu parket sendiri, tanpa menggunakan jasa renovasi rumah khusus, berikut ini beberapa tahapan cara pemasangannya:

1. Mempersiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Menyiapkan bahan-bahan dan peralatan utama harus dilakukan. Memasang lantai kayu solid seperti ini, memang akan membutuhkan persiapan yang super lengkap.

Beberapa peralatan yang wajib dibawa dan dipersiapkan diantaranya:

Gergaji, lap, scep, amplias, benang, paku, roll cat, dan lain sebagainnya. Adapun bahan yang diperlukan untuk memasangnya seperti parket kayu solid, lem kayu, dan alat dempul kayu yang ddiperlukan.

Hal penting yang harus di garis bawahi sebelum pemasangan lantai kayu parket, diamkan terlebih dulu lantai kayunya. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi kelembaban ruangan sekitar rumah kamu.

Jangan biarkan lantai kayu parket ini menumpuk di dalam dus, keluarkan seluruhnya agar udara bisa masuk pada lempengan lantai kayu ini.

2. Siapkan dan Ukur Permukaan Ketinggian Lantai

Mulailah dengan mengukur ketinggian lantai di rumah kamu. Jika hendak memasang lantai kayu parket, maka ketinggian lantai akan berubah naik beberapa cm.

Jika tidak dilakukan pengukuran, dikhawatirkan akan mengganggu pintu masuk di rumah, tidak bisa dibuka. Kemudian ukur juga luas lantainya, agar kayu parket yang dibutuhkan sesuai dengan luas tersebut.

3. Memilih Parket Kayu

Terdapat beberapa pilihan jenis lantai parket kayu yang bisa dipilih sesuai dengan konsep rumah kamu. Sebagai rekomendasi, jenis parket kayu dan Merbau memiliki kualitas yang bagus.

Kemudian, kamu bisa memilih ukuran panjang dan tebal dari lantai kayu parket yang dipilih. Umumnya, ukuran tebal kayu parket sekitar 1.2 cm, dengan tebal 5 cm, dan panjang sekitar 17 hingga 30 cm.

Baca juga : Plus Minus Penggunaan Furniture Kayu

4. Meratakan Permukaan Lantai

Cara pemasangan lantai kayu parket sendiri berikutnya adalah dengan meratakan permukaan lantai yang akan dipasang.

Sebelumnya, bersihkan permukaan lantai terlebih dulu dari debu dan kotoran-kotoran kecil yang menempel. Lantai yang bersih akan mampu mengunci parket dengan lebih kuat.

Kemudian, usahakan lakukan pengecekan untuk permukaan lantainya. Permukaan lantai harus rata, jangan ada yang cekung atau mengembang, karena akan membuat kayu parketnya goyah.

5. Mulai Melumuri Lem

Ya, lantai kayu parket bisa menempel melapisi lantai menggunakan perekat khusus atau lem. Jenis lem yang digunakan adalah lem kayu.

Mulailah melumuri bagian lantai yang akan dilapisi kayu parket solid. Ratakan lem kayu dengan permukaan lantai dibantu menggunakan kape.

Usahakan melumuri lem dengan sangat rata pada seluruh bagian lantai yang akan dipasangi kayu solid. Hindari menggunakan lem kayu terlalu banyak atau terlalu sedikit pada permukaan lantai.

6. Mulai Menyusun Lantai Kayu

Cara pemasangan lantai kayu parket berikutnya setelah melumuri lantai dengan lem adalah memasangnya satu per satu.

Setiap lempengan kayu parket dipasang menggunakan teknik susun bata. Teknik ini cocok jika kamu memasang kayu solid ini sendiri agar lebih mudah.

Ketika proses penyusunan dilakukan, usahakan agar bagian permukaan parket kayunya di beri lem kayu. Tujuannya agar mampu meningkatkan daya rekat pada permukaan lantai dan kayu parket lainnya.

7. Proses Pengamplasan

Setelah cara memasang lantai kayu parket dengan lem kayu berhasil dilakukan secara keseluruhan, lanjutkan dengan pengamplasan.

Pengamplasan lantai kayu  ini bertujuan untuk membuat permukaan lantai kayu parketnya menjadi lebih halus. Alat ampelasnya disebut sanding machine.

Ketika proses pemasangan lantai kayu parket selesai, hari itu juga langsung dilakukan pengamplasan. Mulai dengan cara mengikuti alur dari serat kayu parket tersebut.

8. Finishing Coating

Proses finishing cara memasang lantai kayu parket ini melalui 4 tahap. Ada tahap base coat, main coat, coloring, hingga top coat.

Base coat itu melakukan pendempulan kayu, sedangkan main coat adalah memberikan pelindung tahap awal pada lapisan kayu parketnya.

Tahap coloring sebenarnya biasa dilakukan jika lantai kayu parket dipasang untuk desain eksterior rumah atau bangunan.

Semnetara tahap top coat adalah menutupi warna kayu dan memberikan pelindung tahap akhir untuk lapisan lantai kayu parketnya.

Pasang Lantai Kayu melalui Jasa Renovasi Rumah tanganketiga

Tidak bisa memasang lantai kayu parket di rumah karena belum ada waktu dan sibuk dengan rutinitas? Serahkan saja pada ahlinya, yaitu jasa bangun dan renovasi rumah Kuningan tanganketiga.

Kami menyediakan jasa desain interior, jasa desain eksterior rumah, hingga jasa bangun dan renovasi rumah, yang sesuai keinginan kamu. Hubungi kami lewat website tanganketiga, untuk informasi lebih lanjut.

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *