Tips & Trick

5 Tips Ruang Tamu di Teras bagi Pemilik Rumah Type 36

Ruang Tamu di Teras

Mau tau tips ruang tamu di teras supaya bisa lebih menghemat ruangan? Meskipun memiliki rumah berukuran terbatas, kita masih bisa menyiasatinya dengan memindahkan ruang tamu ke teras rumah.

Teras biasanya menjadi area khusus di dalam sebuah rumah, yang berfungsi untuk menerima tamu atau sekadar santai membaca buku disertai angina semilir dari depan rumah.

Menjadikan teras sebagai ruangan khusus untuk menerima tamu tentunya memerlukan tips ruang tamu di teras supaya bisa diatur sedemikian rupa, rapi, dan tetap nyaman.

Tips seperti ini bisa diterapkan di rumah dengan type kecil seperti rumah type 36 dengan teras yang cukup luas di depannya. 

Baca juga : 6 Desain Interior Rumah Type 36 Minimalis yang Bikin Nyaman

Pengertian Teras Rumah

Dalam dunia arsitektur, konsep teras rumah sepertinya sudah ada sejak ribuan tahun lalu di hampir seluruh dunia, termasuk di negara Indonesia.

Teras adalah ruangan setengah terbuka yang biasanya menjadi entrance dari sebuah bangunan yang didirikan. Teras juga merupakan pelengkap dari sebuah bangunan.

Jika melihat dari fungsinya, teras sepertinya memang cocok untuk menyambut tamu. Selain ukurannya yang luas, teras juga menjadi cukup nyaman untuk mengobrol bersama tamu dan bersantai.

Apakah teras di rumah layak dijadikan sebagai ruang tamu, untuk rumah dengan luas terbatas? Hal ini rupanya telah menjadi trend bagi pemilik bangunan dengan luas yang tidak terlalu maksimal.

Tips Ruang Tamu di Teras

Memiliki area teras rumah yang cukup  luas sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk dijadikan ruang tamu yang nyaman, meskipun kamu berada di rumah type 36 yang cenderung terbatas.

Bagi kamu yang ingin menjadikan teras rumah menjadi ruang tamu, berikut ini beberapa tips ruang tamu di teras:

Harmonisasi Furniture

Tips ruang tamu di teras yang pertama adalah memperhatikan harmonisasi antara motif dan pola dari furniture yang digunakan.

Jika ingin menampilkan ruang tamu yang cukup mencolok, maka paduan pola dan motif furniture yang serasi akan menambah keindahan teras yang menjadi ruang tamu tersebut.

Sebagai contoh, penggunaan sofa, bantal, dan karpet adalah harmonisasi furniture yang cantik dan memberikan kesan yang begitu homey.

Perpaduan beberapa layer pada area tembok rumah, serta tambahan material natural lainnya, juga dapat menghasilkan tekstur yang indah untuk ruang tamu yang berada di teras.

Tambahkan Tanaman Hias

Pada rumah type 36 yang cenderung memiliki ruangan terbatas, kita bisa memaksimalkan tampilan ruangan terasnya dengan penataan tanaman hias di hampir sekeliling area tersebut.

Tambahkan beberapa pot-pot cantik seta furniture yang sesuai dengan konsep natural ini. Usahakan menggunakan warna furniture yang senada agar lebih elegan.

Tambahkan beberapa alternatif pencahayaan seperti lampu hias pada ruang tamu, sebagai tips ruang tamu di teras yang lebih indah dan cozy.

Sofa Vintage dan Lampu

Tips ruang tamu di teras berikutnya adalah menyesuaikan konsep ruang tamu dengan furniturenya. Kebanyakan tren ruang tamu di teras adalah menambahkan sofa dan lampu bergaya vintage.

Sofa dan lampu hias vintage memang selalu unik untuk diaplikasikan, apalagi untuk rumah. Tampilan tersebut dapat menimbulkan kesan yang hangat dan homey bagi para tamu nanti.

Jangan lupa untuk memperhatikan bagian lain, seperti dinding dan lantai yang bisa disesuaikan dengan paduan sofa dan lampu vintage tadi. Konsep lain juga bisa kamu pertimbangkan dana tur sesuai keinginan.

Pencahayaan yang Tepat

Sebagai tempat yang setengah terbuka, teras rumah sepertinya memiliki pencahayaan yang cukup baik ketika akan dijadikan sebagai ruang tamu.

Beberapa pencahayaan mungkin juga dipasang seperti lampu teras yang cahayanya bisa masuk hingga ke dalam rumah. Dalam hal ini, usahakan agar penerangan tersebut tidak terganggu saat digunakan sebagai ruang tamu.

Kamu bisa menerapkan tips ruang tamu di teras dengan menata interior pada teras, serta meletakkan furniture berukuran kecil pada meja agar tidak menghalangi pemandangan dari jendela rumah. 

Hindari Furniture Berukuran Besar

Untuk rumah type 36 yang memiliki teras dan akan dijadikan sebagai ruang tamu, tips ruang tamu di teras berikutnya adalah hindari penggunaan furniture yang ukuranya besar.

Penggunaan furniture dengan ukuran terlalu besar, dikhawatirkan akan menutupi masuknya cahaya alami ke dalam rumah, serta menimbulkan kesan sempit dan sesak saat ditinggali.

Hindari juga penggunaan furniture yang terlalu berlebihan, jika luas teras untuk ruang tamu ini tidak terlalu maksimal.  

Furniture Tangan Ketiga untuk Ruang Tamu Terbaik

Dalam melakukan menjalankan tips ruang tamu di teras tadi,, kuncinya terletak pada furniture yang digunakan sebagai dekorasi di sekitarnya. 

Agar lebih nyaman dan memberikan kesan yang hangat sangat menerima tamu, pastikan memilih furniture yang unik dan sesuai konsep rumah.

Toko furniture online tanganketiga menjual berbagai macam furniture unik dan kekinian secara online, juga menyediakan jasa interior dan eksterior desain untuk rumah impian. 

Yuk, kepoin produk-produk furniture kita melalui website tanganketiga dan lakukan pemesanan produk furniture berkualitas kami sekarang melalui whatsApp. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *