Tips & Trick

7 Perbedaan Kursi dan Sofa yang Jarang Diketahui!

Kursi dan Sofa

Sama-sama tempat duduk, apa sih perbedaan kursi dan sofa itu? Orang awam mungkin akan menganggapnya sama berdasarkan fungsinya.

Kursi maupun sofa merupakan furniture yang wajib ada di rumah, dan dapat disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri.

Sofa dan kursi biasanya ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga dan menjadi tempat bersantai yang nyaman juga untuk menerima tamu. Penasaran apa perbedaan kursi dan sofa itu ya? Berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Sofa

Sebelum membahas perbedaan kursi dan sofa, kita wajib mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian sofa.

Sofa merupakan bagian dari furniture yang berbentuk kursi panjang dilengkapi dengan lengan dan sandaran yang dilapisi busa serta kulit pelapis.

Sofa ini berasal dari kata sopha yang artinya adalah tempat duduk yang juga sejenis tempat tidur dari sisi material dan bahannya.

Sofa dibuat lebih nyaman dari kursi dan jauh lebih modern. Busa pada sofa sangat empuk dan memiliki beberapa komponen penting.

Komponen tersebut seperti rangka kayu, sistem pegas atau per karet terbaik, dudukan sofa dari busa yang nyaman, sandaran busa dari bahan yang beragam serta kain pelapis dari bahan kulit.

Pengertian Kursi

Hampir sama dengan sofa, kursi juga merupakan bagian dari furniture dengan fungsi sebagai tempat duduk atau beristirahat anggota keluarga.

Kursi terkenal dengan bagian kaki empatnya yang dilengkapi sandaran punggung yang juga nyaman ketika digunakan untuk duduk.

Kursi yang dijual di pasaran juga beraneka ragam, mulai dari kursi lipat, kursi roda, kursi makan, kursi goyang dan lain sebagainnya.

Perbedaan Kursi dan Sofa

Setelah mengetahui pengertian kursi dan sofa, lantas apa perbedaan kursi dan sofa itu ya? Terdapat perbedaan diantara kedua furniture ini, diluar fungsinya yang sebagai tempat duduk. Berikut penjelasannya:

Komponen yang Berbeda

Perbedaan kursi dan sofa yang pertama dapat dikenali dari komponen keduanya. Kursi di desain jauh lebih sederhana dibandingkan sofa.

Kursi biasanya hanya fokus pada area duduk saja, sedangkan sofa tidak hanya area duduknya saja, tapi juga menonjolkan kenyamanan dengan tambahan bahan lain pada area tersebut. 

Perbedaan Kaki

Sofa dan kursi juga memiliki perbedaan yang tampak pada bagian kakinya. Kaki pada sofa biasanya jauh lebih pendek dibandingkan kaki pada kursi, seperti kursi makan atau kursi taman. 

Kaki pendek pada sofa juga dibuat lebih lebar, agar bisa menopang beban sofa yang cenderung lebih ringan. 

Ada Sandaran Tangan

Perbedaan kursi dan sofa berikutnya adalah terdapat sandaran pada area tangannya. Saat kita duduk di sofa, tangan kita juga memiliki tempat yang nyaman pada sandarannya. 

Berbeda halnya ketika kita duduk di kursi, tangan biasanya kita letakan di atas paha dan jarang ditemukan kursi yang memiliki sandaran tangan khusus. 

Penempatan Berbeda

Dalam konsep rumah modern, sofa dan kursi sama-sama dibutuhkan dalam suatu ruangan yang cukup luas. 

Perbedaan kursi dan sofa ini terletak pada penempatan yang berbeda. Sofa yang berukuran agak besar dan panjang, biasanya diletakan di ruangan yang lebih luas seperti ruang tamu. 

Sedangkan kursi biasanya disandingkan dengan meja di ruangan yang lebih kecil, seperti kursi dengan meja sudut atau kursi dan meja makan.

Bernilai Estetika

Meletakkan sofa sebagai furniture kekinian, bisa menambah nilai estetika di ruangan rumah atau apartemen kita. 

Warna dan model sofa bisa juga dipadu padankan dengan konsep rumah yang dipilih. Seperti rumah minimalis dengan sofa bergaya scandinavian yang elegan dan indah. 

Berat yang Berbeda

Dibuat dari komponen yang berbeda, perbedaan kursi dan sofa tentunya terlihat dari berat keduanya. 

Sofa mungkin jauh lebih berat dibandingkan dengan kursi, namun hal ini tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuat sofa atau kursi tersebut. 

Mobilitas 

Perbedaan sofa dan kursi lainnya adalah tingkat mobilitasnya, dimana sofa cenderung lebih sulit dipindahkan dari pada kursi. 

Sofa memiliki ukuran yang lebih berat dan berukuran besar sehingga jarang dipindahkan. Sementara kursi cenderung mudah dipindahkan dan diatur pada setiap ruangan. 

Furniture Modern Berkualitas Tanganketiga

Dengan memahami perbedaan kursi dan sofa, kamu bisa menempatkan pada area yang sesuai dalam ruangan rumah atau apartemen milikmu. 

Agar lebih menonjolkan nilai estetika dan kenyamanan, kamu bisa memilih model sofa dan kursi modern terbaru dan berkualitas, seperti yang tersedia di tanganketiga.

Toko furniture online tanganketiga menjual sofa dan kursi berkualitas dengan model minimalis modern yang banyak diminati saat ini. 

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai produk furniture tanganketiga, silahkan kunjungi websitenya di sini 

Segera lakukan pemesanan untuk produk furniture yang sudah kamu pilih melalui whatsApp tanganketiga, kamu juga bisa berkonsultasi seputar perbedaan kursi dan sofa yang ingin kamu ketahui.

BELI KURSI


BELI SOFA

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *