Tips & Trick

7 Tips Memilih Jasa Renovasi Rumah yang Tepat

Renovasi Rumah

Ketika memutuskan untuk memilih jasa renovasi rumah untuk menangani rumah lama kita, sebaiknya kamu jangan terburu-buru.

Memang tidak cukup mudah untuk memilih jasa renovasi rumah terbaik, mengingat sekarang ini ada banyak pilihan nya dengan budget yang lumayan besar.

Agar tidak salah memilih kontraktor rumah, sebaiknya kamu mengetahui dulu tentang tips memilih jasa renovasi rumah yang benar-benar tepat, agar tidak menyesal di akhir. 

Tips Jasa Renovasi Rumah yang Tepat

Memilih untuk menggunakan jasa renovasi rumah memang tidak mudah. Bagi kita yang baru saja ingin membangun rumah, ada beberapa hal yang ternyata harus kita ketahui terlebih dulu.

Penting bagi kamu untuk menghindari kesalahan yang mungkin bisa terjadi ketika pemilihan material bangunan, menentukan struktur bangunan, hingga budget untuk jasa renovasi rumah.

Berikut ini beberapa tips cara memilih jasa renovasi rumah dengan melihat portofolio proyek, cara kerja, hingga budget yang ditawarkan nya:

Pilih Jasa Renovasi Rumah Rekomendasi Teman

Jika kamu masih bingung untuk memilih jasa renovasi rumah mana yang bisa dipercaya, sebaiknya gunakan rekomendasi dari teman atau keluarga.

Teman atau keluarga kita mungkin lebih dulu menggunakan jasa tersebut, sehingga mereka memiliki penilaian sendiri tentang hasil renovasi rumah dan budget dari pekerjaan kontraktor tersebut.

Teman atau keluarga bisa mengetahui tentang seperti apa efisiensi budget dan bagaimana juga akhir dari renovasi yang pernah dilakukan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat dan tepat dalam memilih jasa renovasi rumah yang cocok untuk menangani rumah lama kamu yang ingin dibuat lebih modern dan lebih nyaman.

Riset dan Sertifikasi

Tips memilih jasa renovasi rumah terbaik berikutnya adalah dengan melakukan riset terhadap kontraktor penyelenggara jasa renovasi rumah tersebut.

Selain riset, coba lihat apakah kontraktor tersebut memiliki sertifikat yang jelas dan resmi?  Sertifikat ini adalah bukti bahwa kontraktor bersangkutan juga memiliki tenaga kerja yang ahli menurut bidangnya masing-masing.

Bandingkan Jasa Renovasi Rumah

Mungkin kamu sudah membuat list tentang beberapa jasa renovasi rumah yang direkomendasikan teman serta keluarga tadi.

Sekarang, saatnya kamu membandingkan dengan melakukan riset pada masing-masing jasa tersebut. Caranya cukup dengan membandingkan apa kelebihan dan kekurangannya.

Perhatikan dari sisi anggarannya, durasi pengerjaan hingga bagaimana hasil akhir proses renovasinya. Setelah membandingkan, kita akan masuk ke proses berikutnya.

Pastikan Kontraktor Menyediakan RAB

RAB atau rencana anggaran bangunan merupakan hal yang harus ada dalam proses renovasi rumah. Jika ingin menggunakan jasa renovasi rumah, kamu harus mengetahui seputar RAB terlebih dulu.

Dengan begitu kamu bisa mengetahui dan memahami dengan jelas tentang perencanaan anggaran hingga material yang digunakan dalam proses renovasi rumah.

Setelah itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan kondisi budget kamu dan melakukan negosiasi jika memang diperlukan.

Pastikan kamu tidak terlalu fokus pada tawaran RAB yang terlalu murah, karena bisa jadi itu belum termasuk biaya material bangunan yang akan digunakan.

Baca juga : Apa itu RAB? Buat Anda Ingin Bangun Rumah Wajib Tahu!

Memperhatikan Kontrak

Jika kamu memilih untuk menggunakan jasa renovasi rumah, maka aka nada kontrak kerja dengan pihak kontraktor tertentu.

Kontrak tersebut harus kamu teliti dengan baik, pastikan di dalamnya terdapat hak dan kewajiban untuk kedua pihak yang terkait dalam suatu proyek renovasi rumah.

Kontrak kerja tersebut juga bernilai hukum karena memiliki jaminan hukum yang jelas, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika terjadi pelanggaran terhadap kontrak kerja dengan kontraktor tersebut.

Beberapa point yang harus kamu perhatikan dalam kontrak kerja bersama kontraktor seperti rincian harga renovasi rumah, lamanya waktu pengerjaan, konsekuensi pelanggaran, hingga metode pembayaran.

Perhatikan Juga Garansinya

Bukan hanya produk elektronik yang bergaransi, melakukan proses renovasi rumah juga harus ada jaminan atau garansinya.

Garansi renovasi rumah diperlukan sebagai antisipasi kalau di akhir proses renovasi nanti ada tambahan biaya yang diperlukan.

Tanyakan kepada pihak kontraktor jasa renovasi rumah yang kamu pilih tentang garansi ini. Pastikan kamu juga memberikan informasi dari hasil renovasi yang dilakukan, kepada jasa renovasi.

Pembayaran Biaya Renovasi Rumah

Seperti hal nya membeli rumah baru atau rumah bekas, pembayaran renovasi rumah biasanya juga dilakukan secara bertahap.

Kamu juga akan diminta untuk membayar uang muka atau Dp sebesar 30% sesuai dengan anggaran renovasi rumah yang sudah disepakati.

Setelah membayar Dp, biaya renovasi rumah selanjutnya bisa dibayarkan saat proses renovasi mendekati tahap penyelesaian oleh jasa renovasi rumah yang dipekerjakan.

Membuat Skala Prioritas

Sebelum menggunakan jasa renovasi rumah pilihanmu, pastikan kamu sudah membuat skala prioritas terlebih dulu untuk renovasi rumah kamu dengan sangat rinci.

Kamu juga bisa lebih berhemat biaya renovasi. Selain itu, pastikan kamu selalu mengkomunikasikan setiap prioritas yang diinginkan dengan pihak kontraktor dan tukang yang bekerja dalam satu tim. 

Demikian tips memilih jasa renovasi rumah yang tepat. Pastikan kamu mengikuti tips-tips tersebut ya!

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.