Tips & Trick

Yang Harus Ada di Desain Rumah Smart Home

Arsitek Smart Home

Penerapan teknologi dalam dunia properti, melahirkan istilah Arsitek Smart Home yang identik dengan desain rumah masa depan. Konsep Smart Home kini mulai dikenal dan populer di Indonesia.

Teknologi ada untuk memberikan kemudahan bagi setiap aktivitas manusia. Dalam hal desain interior bangunan, teknologi ini hadir dalam bentuk aplikasi untuk mengontrol semua aktifitas di dalam rumah.

Seperti itulah konsep design Smart home, dimana kita dapat memadukan desain interior rumah dengan pengaplikasian teknologi, karena di rumah kita yang mengontrol semuanya.

Apa Itu Desain Smart Home ?

Melansir dari Interior Design.id, desain Smart Home merupakan desain interior rumah yang smart serta liveable bagi penghuninya. Rumah ini harus dirancang dengan lebih aksesibel untuk semua anggota keluarga.

Smart home sendiri memiliki definisi sebagai suatu otomatisasi dalam bangunan rumah. Otomatisasi tersebut melibatkan beberapa hal seperti pemanasan, pendingin udara, keamanan rumah, pencahayaan rumah, hingga beberapa otomatisasi dalam peralatan rumah tangga lainnya.

Para arsitek smart home mengembangkan sistem modern dalam konsep rumah ini. Maksudnya, teknologi akan diaplikasikan dalam bentuk sensor dan switch yang saling terhubung.

Kemudian, sistem tersebut dapat dikontrol melalui tablet, komputer, software khusus, hingga smartphone. Dalam hal ini, smart home akan melibatkan teknologi internet untuk mendesain dan menata suatu hunian.

Desain Arsitek Smart Home

Berbicara tentang konsep rumah canggih ini, para arsitek Smart Home dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam membuat rancangan desain. Pasalnya, smart home harus menjadi liveable dan aksesibel bagi semua orang.

Para arsitek Smart Home harus lebih fokus dalam menerapkan prinsip-prinsip desain terbaiknya. Mereka bisa lebih melibatkan beberapa hal, seperti usia, ukuran, kemampuan, tahapan kehidupan, kepentingan untuk bekerja dan bermain, hingga membangun kondisi lingkungan hidup yang baik.

Desain Ramah Penyandang Disabilitas

Desain rumah untuk difabel
Image via readersupportednews.org

Rancangan desain smart home sudah seharusnya merupakan hunian yang lebih indah, praktis, user friendly, nyaman, aman, terjangkau, berkelanjutan, dan lebih hemat energi.

Konsep Smart Home ini harus diterapkan dari mulai desain eksterior rumah tersebut. Menyediakan suatu area yang lebih minim hambatan, lebih luas, tentunya akan lebih nyaman dan aman bagi Anda, tetangga, dan anggota keluarga yang hendak masuk ke dalamnya.

Salah satu rumah rancangan arsitek smart home berikut ini, sudah menerapkan prinsip-prinsip liveable dan accsesable tadi. Kita bisa lihat bagian desain eksterior rumah ini. Terdapat sebuah lift khusus bagi penyandang disabilitas, yang membuatnya lebih mudah memasuki rumah.

Desain arsitek Smart Home yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas. Orang tersebut bahkan bisa masuk ke rumah tanpa harus merepotkan anggota keluarga lainnya. 

Desain Smart “TinyHome

Kita sudah mulai mengetahui bahwa Smart Home identic dengan liveable yang lebih smart. Oleh sebab itu, arsitek smart home harus membuat rumah menjadi suatu sistem yang seperti itu.

Seperti sistem komputer misalnya, semua komponen di rumah harus saling bekerja sama dan terintegrasi, agar menghasilkan suatu hunian yang lebih hemat energy, aman, aksesable, berkelanjutan, dan lebih fungsional.

Sistem smart dan liveable ini harus berjalan seimbang, agar semuanya dapat bekerja dengan maksimal untuk kemudahan aktivitas di rumah dengan konsep smart home.

Kita lihat desain Smart Home berikutnya, sebuah Tiny House yang dirancang oleh arsitek Smart Home bernama Kyle Schuneman. Rumah mungil ini sudah menjadi smart home dengan beberapa kemudahan yang diciptakan.

Semuanya dijalankan secara otomatis di dalam smart home tiny house ini. Anda bisa mengganti warna lampu, membuka pintu, hingga menghangatkan air hanya dengan mengaplikasikan smartphone.

Tidak hanya itu, smart tiny house ini juga responsive terhadap kontrol suara, pengalaman tinggal di rumah pintar seperti ini tentunya akan sangat nyaman dan menyenangkan bukan?

Smart Home Hemat Energi

Desain Smart Home berikut ini juga masih mendukung prinsip liveable, dimana selain desain interior rumah yang baik, harus dipastikan juga bahwa rumah ini hemat energi.

Rumah yang hemat energy adalah rumah yang dirancang agar penghuninya bisa menggunakan energy di rumah dengan seefisien mungkin.

Dengan menghemat energy, Anda tentunya dapat lebih menghemat biaya bulanan dan biaya hidup hingga tahunan, dibandingkan dengan rumah zaman dulu atau rumah konvensional.

Pada tipe rumah konvensional, mungkin Anda akan selalu melihat tagihan air, tagihan listrik, tagihan internet dan lain sebagainya, dalam bentuk yang berbeda-beda.

Jasa Arsitek Smart Home Terbaik

Dengan menerapkan smart home yang hemat energy, para penghuni rumah bisa mendapatkan kenyamanan yang lebih maksimal, bahkan mengurangi tagihan biaya-biaya yang seringkali membengkak karena pemakaian berlebih. 

Hidup dalam bangunan smart home, juga lebih membuat kita selaras dengan kondisi alam sekitar. Semuanya, kita yang mengontrol. Kita sendiri yang memutuskan, kita mau tidur, kita mau makan, hingga kita mau beraktifitas di setiap harinya.

Dengan mengontrol rumah sendiri, menjadikan kita sebagai manusia dengan kualitas hidup yang tinggi, lebih mandiri, dan lebih mencintai lingkungan.  

Itulah pemaparan mengenai apa itu desain smart home dan beberapa gambaran desain ala arsitek smart home yang bisa menginspirasi Anda dalam membuat hunian terbaik di masa depan.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.