Tips & Trick

8 Jenis Material Eksterior Bangunan yang Wajib Digunakan!

Material Eksterior Bangunan

Rumah yang indah bisa dilihat pertama kali dari material eksterior bangunan yang dibuat. Keindahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. 

Beberapa aspek tersebut seperti warna, desain, material bangunan, hingga bentuk bangunannya sendiri. 

Sejatinya, pemilihan material yang tepat, akan membuat hunian lebih indah dan sesuai keinginan. Bagian eksterior rumah sebaiknya disesuaikan dengan interior yang dipilih.

Apa saja material eksterior bangunan yang biasanya sering digunakan untuk memperindah bangunan bagian luar, berikut ini ulasan selengkapnya.

Jenis Material Eksterior Bangunan

Bagian eksterior sebuah bangunan atau desain eksterior, merupakan keseluruhan bagian dari suatu bangunan yang berbatasan langsung dengan lingkungan sekitar bangunan, baik berupa jalan atau rumah lainnya.

Desain eksterior suatu bangunan atau rumah juga menunjukan identitas dari pemilik rumah tersebut. maka, memilih desain eksterior harus tepat dan sesuai dengan konsep rumah yang diinginkan. 

Desain ekterior yang ditampilkan terkadang juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan atau tempat bangunan tersebut berdiri.

Jika berdiri di lingkungan yang cenderung ramai dan padat, maka eksterior yang kesannya lebih tertutup bisa dipilih. Sementara untuk lingkungan yang banyak berinteraksi atau banyak komunitasnya, desain eksterior terbuka akan lebih cocok. 

Lalu, seperti apa jenis material eksterior bangunan yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi lingkungan dan desain interior bangunan rumahnya, berikut ulasan selengkapnya:

Material Kayu

Material eksterior bangunan yang pertama dan paling sering digunakan adalah material kayu. Jenis kayu untuk tampilan eksterior rumah adalah jenis kayu berwarna gelap.

Kayu ini cukup mahal dan biasanya juga digunakan sebagai kayu pelapis anti jamur dan anti rayap yang bagus. Beberapa jenis kayu warna gelap ini seperti kayu ulin, merbau, laut, hingga kayu besi.

Material Papan Semen dan Conwood

Beberapa material eksterior bangunan lainnya terbuat dari papan semen dan conwood. Material ini tampak seperti kayu, dan memiliki kualitas ketahanan yang juga bagus.

Material eksterior bangunan dari conwood dan papan semen juga dikenal anti rayap serta anti jamur, sehingga sangat cocok menjadi bahan utama eksterior rumah, seperti rumah minimalis misalnya.

Material Bata Ekspose

Material eksterior bangunan berikutnya adalah batu ekpose yang tampak indah karena tekstur serta warnanya yang mencolok.

Warna batu ekspos ini campuran dari warna merah yang kecoklatan dengan tone yang cukup beragam. Pengaplikasian batu ini akan memberikan kesan eksterior rumah yang alami dan hangat.

Jika memilih batu ekspose sebagai bahan eksterior rumah, sebaiknya diberikan lapisan coating atau antijamur agar tampilan batu lebih menarik.

Beton Ekspos

Selain batu ekspose ada juga beton ekspose yang tersedia dengan warna abu-abu beragam tone sehingga lebih mudah dipadu padankan dengan material eksterior banguan lainnya.

Beton ekspose memberikan kesan eksterior bangunan yang lebih kokoh, tegas dan modern. Material bahan ini juga lebih tahan lama, meskipun dibawah perubahan cuaca yang cukup ekstrim.

Material Eksterior Keramik

Rumah minimalis modern yang banyak digemari saat ini, juga banyak menggunakan material keramik sebagai bagian dari eksterior bangunan atau rumah.

Penggunaan Cat

Bukan hanya material eksterior bangunan seperti kayu, keramik, atau batu alam yang menjadi bagian dari desain eksterior rumah. Penggunaan cat juga merupakan bagian dari itu.

Cat kayu, tembok, hingga besi juga dapat membuat bagian eksterior bangunan menjadi lebih indah, jika kita bisa memilih warna yang tepat dan sesuai keinginan.

Beberapa warna menciptakan kesan yang berbeda, beda. Misalnya wrna cat tembok putih identic dengan kesan bersih dan ringan. Sedangkan orange atau merah adalah warna cat tembok yang lebih berani.

Pastikan kamu memilih cat tembok sebagai material eksterior bangunan yang memiliki beberapa keunggulan seperti tahan cuaca, anti noda, anti jamur dan anti bocor.

Material Kaca

Selain penggunaan cat, material eksterior bangunan dari kaca juga bisa menambah keindahan bangunan rumah kamu.

Kaca yang tembus cahaya, bisa memberikan efek pantulan yang baik untuk pencahayaan rumah, serta tekstur material yang halus dan modern.

Material kaca memang relatif lebih mahal , tetapi biaya perawatannya lebih mudah. Meskipun begitu, material eksterior kaca dikhawatirkan akan berisiko lebih mudah pecah, saat ada gempa dan lain sebagainnya.

Material Logam

Beberapa jenis logam seperti aluminium, stainless, baja, dan besi memiliki tekstur yang berbeda untuk memenuhi beberapa kebutuhan konstruksi bangunan.

Jenis-jenis logam tersebut biasanya digunakan sebagai material fasad untuk bagian eksterior rumah. Logam ini juga dipasang menggunakan lapisan coating agar lebih tahan cuaca dan anti karat.

Jasa Renovasi Rumah Terbaik tanganketiga

Sudah bosan dengan desain eksterior rumah yang ketinggalan zaman dan ingin merubahnya menjadi tampak baru dan modern? 

Percayakan saja kepada jasa renovasi rumah terbaik tanganketiga. Kunjungi websitenya atau konsultasikan seputar desain interior dan eksterior bangunan rumah sekarang melalui WhatsApp tanganketiga!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *