Tips & Trick

Ini 6 Alat Peredam Suara untuk Kamar Tidur

Peredam Suara Kamar Tidur

Ingin lebih memiliki privacy dengan memasang alat peredam suara untuk kamar tidur pribadi? Hal ini bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Mungkin kamu pernah menginap di salah satu hotel berbintang di suatu kota. Saat hendak tidur, kamu merasa cukup sunyi berada di dalam kamar bukan? Hal ini terjadi karena masing-masing kamar di sana menggunakan alat peredam suara khusus.

Alat yang dimaksud dibuat menggunakan bahan-bahan kedap suara sehingga kamu tidak akan mendengar suara dari kamar sebelah tempat kamu menginap.

Terinspirasi dari kamar hotel kedap suara ini, kamu juga bisa menggunakan alat peredam suara untuk kamar tidur pribadi kamu di rumah. Apa saja alat peredam suara untuk kamar tidur? Berikut ulasan selengkapnya:

Fungsi Peredam Suara

Alat peredam suara yang banyak digunakan saat ini sebenarnya bukan sebuah alat yang canggih. Alat yang dimaksud adalah bahan-bahan yang memang efektif dalam mengurangi suara hingga getaran.

Fungsi peredam suara sendiri adalah untuk menginsulasi jumlah suara dan gema yang terjadi dalam suatu ruangan. Bahan kedap suara yang digunakan harus bisa meredam suara dari dalam ke luar dan sebaliknya.

Kebanyakan alat peredam suara untuk kamar tidur yang digunakan, dapat menyentuh tingkat kebisingan hingga 55 dBA atau satuan standar decibel.

Kamu bisa mendapatkan alat peredam suara untuk kamar tidur dengan membeli produk peredam suara produksi khusus atau membuatnya sendiri di rumah.

Alat Peredam Suara untuk Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat yang seharusnya membuat kita nyaman untuk beristirahat, tanpa adanya polusi suara yang mengganggu. 

Gangguan suara bisa saja datang dari luar ruangan kamar atau dari dalam ruangan. Suara kendaraan, suara obrolan orang-orang tentunya dapat mengganggu kualitas tidur kita.

Untuk meminimalisir polusi suara tersebut, kita bisa menggunakan alat peredam suara untuk kamar tidur, agar kualitas tidur kita lebih baik. Berikut ini beberapa alat dengan bahan peredam suara yang bisa dicoba:

Bahan Softboard

Alat peredam suara untuk kamar tidur yang bisa digunakan adalah dari bahan softboard. Bahan ini sebagian besar adalah serat poliester dengan warna coklat mirip kain goni.

Softboard yang biasa digunakan berukuran 60 cm x 240 cm dan memiliki ketebalan hingga 12 mm. alat peredam suara ini dipasang dengan wallpaper pada dinding kamar. Hasilnya, suara di ruangan lain tidak terlalu terdengar.

Busa Telur

Selanjutnya ada busa telur yang merupakan alat peredam suara untuk kamar dengan bentuk yang unik mirip wadah telur.

Cara memasangnya cukup mudah, bahkan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dalam hal menyerap suara, sepertinya alat peredam suara ini kurang maksimal jika suara berfrekuensi tinggi.

Peredam Keramik Fiber

Alat peredam suara untuk kamar tidur ini juga sering digunakan sebagai bahan bangunan tambahan agar lebih kuat terhadap guncangan atau gempa.

Meskipun efektif, alat peredam suara ini harganya cukup mahal, bisa mencapai Rp. 80rb per meternya. Alat ini banyak digunakan juga dalam bangunan sebagai penyerap energi Matahari terbaik.

Green Wool

Selanjutnya ada alat peredam suara yang disebut green wool. Terbuat dari bahan polyester fibre dengan warna hijau muda yang menyegarkan.

Alat peredam suara ini juga cukup efektif dalam menyerap suara kebisingan dengan sifatnya yang hydrophobic atau menolak air dan tidak terpengaruh oleh kelembaban udara. Alat ini biasanya dipasang di  area tembok kamar.

Bahan Glasswool

Material peredam suara berikutnya adalah bahan glasswool yang memang ampuh dalam meredam suara dan kedap udara di ruangan. 

Bahan ini berbentuk seperti rol dengan ukuran panjang 30 meter dan tebal 2.5 hingga 5 cm. namun, jika bahan ini digunakan dalam studio recording, hasilnya kurang maksimal dalam meredam suara. 

Agar menjadi maksimal, pasang juga lapisan bahan rockwool yang mampu meredam suara hingga 100 desibel lebih. Hati-hati ketika memasang alat peredam suara untuk kamar tidur ini, karena bau nya menyengat dan bisa membuat gatal-gatal pada kulit. 

Bahan Peredam Suara PET

PET atau Polyethylene Terephthalate merupakan bahan peredam suara dan juga pengedap udara. Tidak heran, produk ini adalah alat peredam suara untuk kamar tidur yang kualitasnya bagus. 

Pemasangan PET juga cukup mudah karena mudah disesuaikan dengan kondisi ruangan. Bahan ini bisa dipasang di mana saja tanpa harus menggunakan rangka. 

Memiliki kamar tidur yang jauh dari kebisingan dan polusi suara yang mengganggu tentunya akan membuat kualitas tidur kita meningkat. 

Memasang alat peredam suara untuk kamar tidur ini bisa dilakukan sejak mulai membangun rumah.

Hal ini bisa kamu request saat melakukan renovasi rumah atau menggunakan jasa kontraktor ketika mulai membangun rumah. 

Memiliki rencana untuk menggunakan jasa renovasi rumah dan memasang alat peredam suara untuk kamar tidur agar bebas polusi suara?  Hubungi saja tanganketiga. 

Kunjungi website tanganketiga untuk informasi lebih lengkap seputar jasa renovasi rumah di Kuningan. Bisa juga berkonsultasi langsung via WhatsApp tanganketiga sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.