Stories

Memphis Design dan Cara Aplikasinya

Memphis Design

Mencari inspirasi desain rumah yang baru, coba saja Memphis design yang minimalis tapi penuh warna. Rumah yang penuh warna ternyata bisa menjadi indah dan jauh dari kesan norak.

Desain Memphis adalah salah satu dari desain interior rumah yang bisa kamu pilih sebagai desain rumah modern yang lugas, simpel, tapi tetap modern dan minimalis tentunya.

Desain interior dan eksterior Memphis ini juga sering disebut sebagai desain gaya post – modern yang cukup diminati. Seperti apa itu desain Memphis, berikut ulasan selengkapnya:

Apa itu Memphis Design

Desain Memphis sebetulnya sudah ada sejak era post – modern sekitar tahun 1980-an. Desain ini lahir dari hasil pertentangan dari beberapa desain interior seperti desain modern minimalis.

Desain Memphis diusung oleh Ludwig Mies Van der Rohe, seorang Arsitek berkebangsaan Jerman. Lud merupakan salah seorang pionir arsitektur modern, dengan karya-karya arsitek yang simpel and clear.

Untuk bisa membedakan desain Memphis dengan desain interior dan eksterior lainnya, kamu bisa melihatnya dari beberapa point seperti:

  • Warna, berbicara tentang desain Memphis maka identic dengan warna-warna yang cerah seperti merah, biru, kuning, dan merah muda, serta sebagian warna hitam untuk pola-polanya.
  • Elemen, beberapa material yang banyak digunakan dalam desain post modern ini seperti kayu, plastic, terrazzo dan lain sebagainnya.
  • Bentuk, pada pola desainnya kita bisa melihat bahwa desain Memphis memiliki ciri khas yang tidak teratur. Polanya berbentuk mozaik, motif kulit hewan, garis, geometris, dan bentuk bebas lainnya.
  • Pencahayaan, untuk sumber cahayanya desain Memphis banyak mengkombinasikan cahaya alami dan buatan. Pencahayaan dekoratif seperti lampu-lampu gantung juga banyak digunakan.

Dengan beberapa poin tadi, desain Memphis berhasil mencuri perhatian sebagian orang yang memang menyukai warna dan bentuk-bentuk yang alami.

Penggunaan warna-warna yang cerah memang mendominasi desain Memphis ini. Dipadukan dengan beberapa ornament plastic dan geometris, membuat desain post – modernnya begitu terasa.

Jika kamu memang suka menggunakan warna-warna yang cerah untuk interior desain rumah modern, silahkan berkonsultasi dengan jasa arsitek atau jasa interior dan eksterior rumah terpercaya.

Tanganketiga adalah salah satu jasa desain interior rumah yang bisa kamu ajak untuk berkonsultasi seputar desain.

Mulai dari desain rumah modern, desain cafe, desain kantor, hingga jasa renovasi rumah di Kuningan. Kunjungi websitenya atau whatsapp tanganketiga untuk berkonsultasi sekarang.

Pengaplikasian Desain Memphis

Masih bingung dan belum ada gambaran seperti apa Memphis desain itu ya? Berikut ini beberapa inspirasi pengaplikasian desain Memphis:

Rumah Ikonik Maui

Inspirasi yang pertama untuk desain Memphis adalah rumah Maui. Rumah ikonik yang terletak di kepulauan Hawaii ini memiliki perpaduan warna monokrom dengan desain interior yang minimalis.

Perancang bangunan unik ini adalah seorang desainer dan arsitek bernama Ettore Sottsass. Karyanya ini berhasil menarik perhatian banyak orang, dengan desain Memphis yang penuh warna tapi tetap minimalis.

Jika kamu masuk ke dalamnya, bukan hanya desain eksterior saja yang Memphis, tetapi hampir seluruh furniture di dalamnya juga di setting bergaya Memphis.

Flagship Store Tribute Kartell

Inspirasi desain Memphis berikutnya datang dari sebuah perusahaan furniture di Italia, Kartell. Pada tahun 2015 silam, perusahaan ini mengadakan acara tribute untuk memperlihatkan karya memphisnya.

Bukan hanya interior design Memphis, tapi juga beberapa produk furniture karya Ettore Sottas yang sudah ada sejak tahun 2004 silam.

Toko furniture Kartell ini memang di dominasi oleh beberapa dekorasi ala Memphis seperti bentuk segitiga, titik-titik, pola silang, bintik-bintik, dan beberapa corak garis tebal.

Beberapa warna yang muncul adalah warna Memphis yang cerah seperti orange, kuning, teal, hingga magenta.  Desain Memphis akan begitu terasa.

Desain Memphis untuk Generasi Muda

Mayoritas anak-anak mudah milenial dan gen Z pasti suka dengan desain ala retro ini. Begini karakteristik desain Memphis yang mudah dikenali:

  • Dirancang untuk memancing suatu respons yang bersifat emosional
  • Lahir dari gagasan yang menantang selera konvensional
  • Desain Bauhaus dilanggar dan lebih mengutamakan bentuk mengikuti fungsi
  • Penggunaan warna-warna yang cerah dan kombinasi yang cukup aneh
  • Terkesan bersemangat, ceria, keras, dan bebas
  • Perpaduan bentuk geometris sederhana
  • Penggunaan warna hitam putih sebagai grafik
  • Suka dengan corat-coret

Jasa Interior Desain Memphis 

Desain memphis sebenarnya merupakan penerapan desain yang begitu simpel, tapi penuh dengan warna dan beberapa aksesoris ala retro yang pasti disukai generasi muda modern. 

Tertarik dengan desain memphis yang penuh warna tapi tetap minimalis? Atau ingin merubah desain interior rumah lama kamu dengan desain yang baru? Konsultasikan dengan ahlinya.

tanganketiga adalah jasa arsitek, jasa renovasi rumah, jasa desain interior dan eksterior di Kuningan, yang siap membantu kamu dalam menjadikan rumah lama kamu menjadi sesuai keinginan. 

Kunjungi website kamu untuk informasi selengkapnya, atau whatsapp tanganketiga untuk berkonsultasi seputar desain memphis dan desain interior lainnya sekarang juga!

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *