Tips & Trick

Jenis-jenis Genteng Metal Pada Bangunan Modern

Jenis Genteng Metal

Apa saja jenis-jenis genteng metal yang sering digunakan saat ini? Siapa tahu kamu sedang mencari informasi harga genteng metal yang kabarnya lebih murah dibandingkan genteng tanah liat.

Genteng metal kini hadir sebagai solusi untuk pembuatan atap rumah atau bangunan modern. Genteng metal memiliki sifat yang ringan dan mudah dipasang.

Ketika hendak memilih genteng metal untuk membangun rumah, rupanya kita akan cukup dibuat bingung. Terdapat jenis-jenis genteng metal yang ternyata bisa kita pilih dan sesuai keinginan. Apa saja jenis-jenis genteng metal, berikut ulasan selengkapnya:

Alasan Memilih Genteng Metal

Kamu akan dengan mudah menemukan rumah-rumah atau bangunan modern saat ini, menggunakan genteng metal sebagai atapnya.

Genteng metal memang banyak dipilih sebagai material atap bangunan modern, karena beberapa kelebihannya.

Genteng metal memiliki material yang bersifat ringan, mudah dipasang, tahan lama, dan kuat untuk dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

Zaman dulu, mungkin orang akan lebih memilih genteng tanah liat untuk menjadi atap bangunan mereka. Namun, sekarang harga genteng tanah liat bisa lebih mahal dibandingkan genteng metal.

Genteng metal merupakan jenis atap bangunan yang terbuat dari logam. Salah satu yang terkenal adalah yang bahan dasarnya baja lapis (zincalume) atau (galvalume).

Galvalume sendiri adalah bahan untuk genteng metal yang dilapisi dan dicampur dengan bahan seng, silicon, dan alumunium. Campuran bahan-bahan tersebut untuk mencegah terjadinya karatan.

Keunggulan dan Kelemahan Genteng Metal

Sebagai alternatif bahan bangunan atap yang baru, harga genteng metal yang ditawarkan tentunya sebanding dengan keunggulan dan kelemahan yang dimiliki genteng metal, berikut ulasannya:

Keunggulan Genteng Metal

Beberapa pengguna genteng metal menyebutkan bahwa jenis-jenis genteng metal ini memungkinkan untuk para pemilik rumah untuk mengupgrade desain rumah mereka.

Hal tersebut dilakukan karena beberapa keunggulan dari genteng metal, seperti:

  • Desain yang bagus dan indah, sehingga cocok untuk setiap bangunan di kondisi lingkungan apa saja
  • Memiliki daya tahan maksimal hingga 50 tahun
  • Genteng metal tahan terhadap angina dengan maksimal
  • Genteng metal tahan api
  • Menjadikan isi rumah lebih dingin karena gentengnya mengefisiensi energy
  • Beratnya yang ringan, sehingga tidak menyulitkan pemasangan

Meskipun semua kelebihan genteng metal ini cukup baik, namun tetap saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki genteng ini, yaitu:

  • Genteng metal ternyata rentan terhadap tekanan yang terlalu kuat. Misalnya saat terjadi hujan deras, atau terinjak tidak sengaja ketika pemasangan, genteng ini bisa penyok dan sulit untuk kembali ke semula.
  • Seperti kita ketahui, jenis-jenis genteng metal yang ada ini terbuat dari bahan logam yang sebenarnya bisa merusak atap, jika terjadi korosi setelah beberapa puluh tahun.
  • Genteng metal yang memiliki warna indah, ternyata tidak akan bertahan lama. Hal tersebut terjadi karena warnanya memudar, mudah tergores, dan bisa mengelupas.
  • Saat panas terik, genteng ini bisa memantulkan cahaya ke sekitar yang cukup menyilaukan

Jenis-Jenis Genteng Metal

Agar tidak bingung ketika memilih genteng metal untuk renovasi atap rumah kamu, berikut ini beberapa jenis-jenis genteng metal yang wajib diketahui:

Genteng Metal Tembaga

Jenis-jenis genteng metal yang pertama adalah genteng metal tembaga. Harga genteng metal ini terbilang paling mahal diantara jenis genteng metal lainnya.

Karakter genteng tembaga yang berat, menjadikan genteng ini hanya dipakai sebagai bahan penghias jendela. Bangunan-bangunan bersejarah banyak yang menggunakan jenis genteng ini.

Baca juga : 10 Jenis Genteng Rumah yang Populer di Indonesia

Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir adalah suatu penemuan baru dalam variasi genteng metal. Genteng metal pasir terbuat dari serbuk bebatuan dengan campuran bahan zincalume, coraltex, dan zinc.

Genteng metal pasir adalah genteng metal ukuran ketebalan 0.20 mm hingga 0.40 mm. kelebihan dari genteng ini tentunya anti pecah, tahan goresan, dan mampu meredam kondisi panas.

Genteng Metal Standing Seam

Jenis genteng metal standing seam juga cukup populer, khususnya dalam proyek komersial suatu residensial. Tampilan yang khas dari genteng ini adalah bentuknya yang bergaris lurus serta berjejer.

Hampir semua model rumah cocok menggunakan jenis-jenis genteng metal ini. Sistem interlock di dalamnya, dapat menyatu dengan mudah dengan genteng lain, dan tidak mudah hancur dan terguncang.

Genteng Metal Stainless Steel

Genteng metal stainless steel terbuat dari bahan ultra permanen yang berfungsi sebagai proteksi luar terhadap suatu bangunan.

Bagi beberapa rumah atau bangunan di area yang bercuaca ekstrim biasanya cocok menggunakan jenis-jenis genteng stainless steel ini.

Ganteng ini lebih berat dari metal aluminium, serta lebih tahan terhadap korosi. Ketahanan genteng ini juga luar biasa, bisa hingga berabad lamanya.

Genteng Metal Galvalume

Jenis-jenis genteng metal yang terakhir adalah galvalume. Bahan dasar genteng ini adalah aluminium steel. Genteng ini dibuat berupa lembaran seperti seng, namun dapat ditanam di rangka balok atau dipasang menggunakan sekrup

Setelah mengetahui jenis-jenis genteng metal, saatnya kamu berkonsultasi dengan jasa arsitek atau jasa renovasi rumah untuk mengupgrade atap rumah lama kamu.

tanganketiga menerima jasa renovasi rumah, juga jasa desain interior dan eksterior rumah di Kuningan Jawa Barat. Segera berkonsultasi dengan kami sekarang, untuk mendapatkan informasi harga jasa tersebut.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *