Tips & Trick

Apakah Renovasi Rumah itu Penting?

Renovasi Rumah

Kamu lebih memilih untuk membangun rumah dari nol atau melakukan renovasi rumah? Rata-rata orang akan setuju untuk melakukan renovasi rumah, karena anggaran lebih terjangkau.

Renovasi rumah bisa lebih terjangkau dibandingkan membangun ulang rumah, kita juga bisa mendapatkan suasana rumah yang lebih baik.

Renovasi rumah juga penting untuk menambah nilai jual rumah di masa depan. Pengembalian investasinya bisa lebih tinggi dan akan memberikan keuntungan bagi kita.Lalu apa saja manfaat dari melakukan renovasi rumah? Berikut selengkapnya:

Alasan Renovasi Rumah itu Penting

Apakah wajib bagi kita untuk melakukan renovasi rumah? Hal tersebut tergantung dari seberapa besar kondisi rumah yang akan direnovasi. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada budget yang akan dikeluarkan. 

Adapun beberapa alasan pentingnya renovasi rumah, melansir dari Maree Louise, seorang Proyek manager di Australia adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kenyamanan, dengan merenovasi rumah dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan saat berada di rumah
  • Meningkatkan keamanan, jika sudah mengalami masalah keamanan, dengan renovasi rumah, dapat meningkatkan keamanan karena rumah menjadi tempat yang sehat untuk ditinggali
  • Meningkatkan nilai, renovasi rumah bisa meningkatkan nilai rumah di masa depan, dalam presentasi yang cukup besar
  • Meningkatkan efisiensi, rumah yang direnovasi dapat disesuaikan kondisi. Saat ingin rumah menjadi lebih hangat di musim dingin, maka dengan merenovasi rumah, hal tersebut bisa dilakukan.
  • Meningkatkan fungsi, jika ingin menambahkan kamar mandi dengan desain yang bagus, maka dapat dilakukan melalui renovasi rumah, berlaku juga bagi ruangan lainnya

Membuat Rencana Renovasi Rumah

Perencanaan adalah poin penting dalam urusan renovasi rumah. Kamu bisa membuat rencana untuk menggunakan jasa renovasi rumah atau melakukan DIY untuk beberapa part dalam rumah.

Kamu juga bisa menggabungkan kedua cara agar proses renovasi rumah lebih cepat dan anggaran bisa lebih hemat.

Adapun langkah-langkah perencanaan untuk melakukan renovasi rumah dengan menggabungkan kedua cara tersebut, sebagai berikut:

Memperhitungkan Waktu Kerja

Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah, sebaiknya kamu perhatikan masalah waktu pengerjaan renovasinya.

Biasanya, proyek renovasi rumah akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 bulan hingga selesai. Beberapa tahapan dalam renovasi rumah dimulai dari pembongkaran, pengecatan, hingga penempatan furniture dan finishing.

Melakukan DIY

DIY atau Do it Yourself adalah mengerjakan sendiri proses renovasi yang memang bisa dilakukan secara mandiri.

Memang tidak semua proses renovasi rumah bisa dilakukan secara mandiri, kamu bisa membuat daftar pekerjaan renovasi apa saja yang akan kamu tangani sendiri.

Sebagai contoh, pekerjaan pembongkaran dan pemasangan cabinet, toilet, panel dinding, pemasangan lantai hingga pengecatan bisa menjadi opsi DIY yang akan memangkas biaya sewa jasa renovasi rumah.

Memilih Kontraktor

Setelah daftar DIY dibuat, kini saatnya membuat daftar pekerjaan renovasi rumah yang hanya bisa dilakukan oleh PRO yaitu melalui jasa renovasi rumah atau jasa kontraktor rumah.

Jasa renovasi rumah terbaik adalah mereka yang memiliki pengalaman dalam melakukan pekerjaan renovasi bangunan, memiliki lisensi serta asuransi yang jelas dan yang paling penting mendapatkan izin yang legal.

Memilih Sistem Upah Harian

Dalam pekerjaan renovasi rumah, kita tentu akan melibatkan para tukang bangunan atau pekerja yang akan membantu proses pekerjaan tersebut.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak memilih pekerja dengan sistem upah borongan, tetapi lebih memilih pekerja dengan sistem upah harian.

Upah pekerjanya dihitung berdasarkan waktu pengerjaanya, sedangkan pembayaran dilakukan setiap bulan atau setiap minggu sesuai kesepakatan dengan pihak mandornya.

Pertimbangkan Barang Second Hand

Ketika ingin melakukan renovasi rumah, kamu juga akan membutuhkan beberapa peralatan untuk proses pekerjaan tersebut.

Solusi agar lebih hemat, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli peralatan secondhand sebagai alternatifnya. Manfaatkan juga promo terbaik dari produsen yang menawarkan peralatan renovasi rumah.

Gunakan Konsep All White

Kamu ingin melakukan renovasi rumah tanpa bingung memikirkan banyak warna dan anggaran cat yang berlebih? Gunakan saja konsep All white.

Konsep ini memungkinkan rumah kita untuk diberikan cat warna putih di hampir seluruh ruangan. Efek terbaiknya adalah semua perabotan rumah juga akan lebih menonjol dengan warna putih.

Pastikan tidak banyak menggunakan barang atau furniture yang bisa membuat anggaran renovasi menjadi lebih besar. 

Jasa Renovasi Rumah Terbaik Tanganketiga

Jadi apakah renovasi rumah itu penting? Hal ini memang tergantung dari seberapa besar proses renovasi tersebut. 

Menyewa jasa renovasi rumah atau mengerjakan beberapa bagian renovasi rumah secara mandiri, tetap akan mengeluarkan budget dengan waktu pengerjaan yang berbeda-beda. 

Namun, hasil akhir dari renovasi rumah tentunya akan membuat kita lebih aman dan nyaman saat tinggal di rumah impian. 

Perlu jasa renovasi rumah atau jasa kontraktor rumah terbaik di Kuningan, tanganketiga siap membantu mewujudkannya. Silahkan hubungi whatsApp kami sekarang. untuk melakukan konsultasi renovasi rumah yang diinginkan. 

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *